Sebuah Drama Memiliki Unsur Estetis, Estetis Artinya Apa?

Seperti halnya karya sastra bentuk lain, sebuah drama memiliki unsur estetis, estetis artinya apa? Ini adalah pertanyaan bahasa Indonesia tentang drama.

Kamu akan temukan jawaban lengkap mengenai nilai estetis dalam drama secara lengkap. Akan saya bahas secara lengkap dari A-Z semuanya di sini.

Soal

Seperti halnya karya sastra bentuk lain, sebuah drama memiliki unsur estetis, estetis artinya apa?

A. Merupakan karya rekaan
B. Mengupas masalah sosial
C. Mengandung unsur keindahan
D. Memiliki nilai moral

Jawaban

Seperti halnya karya sastra bentuk lain, sebuah drama memiliki unsur estetis, estetis artinya sesuatu yang mengandung unsur keindahan.

Apapun bentuknya, selama mengandung unsur keindahan maka disebut dengan nama ‘estetis’.

Pembahasan

Untuk memahami definisi dan pemahaman kamu lebih dalam soal ‘estetis’ berikut ini saya jelaskan secara lengkap mulai dari definisi, hingga contohnya.

1. Pengertian Estetis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), estetis memiliki dua pengertian, yaitu mengenai keindahan; menyangkut apresiasi keindahan (alam, seni, dan sastra), mempunyai penilaian terhadap keindahan.

Jadi secara harfiah, estetis adalah mengandung sesuatu yang mengandung unsur keindahan.

Sedangkan dalam bahasa Inggris, kata estetis ini juga berasal dari kata Aesthetic. Artinya sesuatu yang mengandung undur keindahan atau mengandung nilai seni.

2. Contoh Estetis

Dalam dunia sehari-hari, kamu bisa menemukan hal-hal sekitar yang memiliki nilai estetis. Adapun contohnya yaitu:

  • Drama
  • Puisi
  • Pantun
  • Seni rupa
  • Jurus seni bela diri, dan
  • Lain-lain

Akhir Kata

Seperti halnya karya sastra bentuk lain, sebuah drama memiliki unsur estetis, estetis artinya sesuatu yang memiliki nilai keindahan. Puisi, pantun, seni bela diri dan lainnya memiliki nilai estetis.

Kamu bisa melihat banyak hal yang memiliki nilai estetis. Bahkan mungkin yang ada di depan kamu sekarang pun punya nilai estetis. Apapun yang punya nilai seni atau keindahan ya itu punya nilai estetis.

Tinggalkan komentar