Sebutkan Sistematika Penulisan Artikel yang Baik & Benar

Artikel sendiri bermaksud sebagai karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan melalui media seperti koran, majalah, buletin dan lain-lain.

Dalam penulisan artikel juga memiliki kaidah sistematika penulisan artikel yang harus diikuti sehingga dalam penulisannya tidak asal tulis dan dapat teratur dalam sistematika penulisannya.

Penulisan artikel yang baik dan benar memerlukan Sistematika Penulisan Artikel. Tidak bisa di buat asal-asalan.

Sistematika artikel ini sangat penting di pelajari demi kelancaran penulisan artikel.

Yuk, simak artikel ini sampai selesai karena disini akan di bahas mengenai apa itu sistematika artikel serta langkah-langkah membuat artikel yang baik dan benar.

Apa yang Dimaksud Dengan Sistematika Artikel?

Sistematika artikel merupakan kaidah-kaidah atau aturan-aturan penulisan yang harus di ikuti dalam menulis sebuah artikel.

Sistematika ini bertujuan untuk mempermudah penulis dalam menulis sebuah artikel.

Dengan sistematika ini juga kita dapat membedakan macam-macam artikel. Selain itu, dengan sistematika artikel akan semakin terorganisir dengan baik dan sesuai urutannya.

Sistematika ini berbeda-beda bila kita menulis artikel hasil penelitian maka sistematikanya akan berbeda dengan non penelitian. Karena artikel itu sendiri banyak jenis dan macamnya.

Dan berikut di bawah ini akan dijelaskan sistematika artikel hasil penelitian yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Sebutkan Sistematika Penulisan Artikel yang Benar?

Berikut merupakan sistematika penulisan artikel hasil penelitian yang benar, diantaranya adalah:

1. Judul yang Menarik (12 Kata)

Pertama tulislah judul tidak lebih dari 12 kata. Jika judul terlalu panjang akan kurang enak dipandang dan terlalu bertele-tele.

2. Identitas Penulis

Selanjutnya dalam artikel hasil penelitian kamu perlu menulis identitas penulis di awal artikel kamu setelah judul.

3. Abstrak Dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (250 Kata)

Selanjutnya jika identitas telah diisi dengan lengkap maka kamu bisa membuat abstrak. Abstrak ini biasanya di tulis dengan bahasa inggris dan juga bahasa Indonesia dan abstrak tidak boleh lebih dari 250 kata.

4. Keywords / Kata Kunci (3-5 Kata)

Lalu selanjutnya kamu perlu menentukan kata kunci pada artikelmu. Kata kunci tersebut mewakili seluruh isi dari artikel kamu nantinya dan buatlah kata kunci mulai dari 3-5 huruf saja.

5. Pendahuluan Artikel

Dan bagian pendahuluan biasanya akan di bahas mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan.

6. Metode

Berikutnya tulislah metode apa yang kamu gunakan saat penelitian kamu lakukan apakah menggunakan metode kualitatif atau kuantitatif dan lain sebagainya.

7. Hasil

Setelah metode penelitian kamu mulai bisa menjelaskan hasil yang telah kamu dapat dari hipotesis penelitian.

8. Pembahasan

Lalu pembahasan disini mulai di uraikan dari awal kamu melakukan penelitian hingga mencapai hasil dengan metoe yang kamu lakukan.

Di dalam pembahasan biasanya terdapat berbagai kegiatan yang kamu lakukan saat melakukan penelitian.

9. Simpulan

Setelah pembahasan rampung kamu bahas kamu mulai mencoba memberikan kesimpulan dari artikel hasil penelitian yang telah kamu tulis. Tulislah kesimpulan yang singkat, padat dan jelas.

10. Ucapan Terima Kasih

Di bawah kesimpulan kamu bisa mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu telah lancarnya penelitian yang kamu lakukan.

11. Daftar Pustaka

Bagian terakhir tuliskanlah daftar pustaka. Tulis sumber apa saja yang di jadikan rujukan oleh kamu saat membuat penelitian yang telah dilakukan.

6 Langkah Menulis Artikel yang Baik

Ada pun berikut ini langkah-langkah menulis artikel yang baik dan benar.

Ada 6 langkah yang saya rekomendasikan agar artikel kamu termasuk artikel yang baik, berikut langkah-langkahnya diantaranya adalah:

1. Tentukan Tema Artikel yang Akan Dibuat

Langkah pertama dalam menulis artikel adalah menentukan tema. Mungkin diantara kamu ada yang merasa kesulitan dalam menentukan tema.

Carilah tema yang menurutmu keren dan kece. Dan sebaiknya kamu Coba berbagai tema agar kamu tahu passion kamu dimana nantinya.

Karena dengan mencoba kamu akan memahami letak kekurangan dan kelebihan kamu di tema yang mana.

2. Buat Judul yang Menarik

Selanjutnya tulis judul artikel yang menarik dan bikin penasaran. Kamu bisa mencari judul yang bisa memancing pembaca untuk penasaran apa yang ada di isi artikel.

3. Siapkan Referensi yang Dibutuhkan

Setelah membuat judul yang menarik Selanjutnya siapkan referensi yang dibutuhkan. Cari bahan dan sumber yang credible.

Menulis artikel tidak seperti menulis fiksi yang bisa di tulis bebas sesuai imajinasi yang kamu punya.

Namun, saat menulis artikel kamu wajib memiliki sumber referensi yang credible baik itu dari buku dan sumber terpercaya lainnya.

4. Tulis Pendahuluan yang Menarik & Bikin Penasaran

Selanjutnya setelah menyiapkan referensi kamu bisa mulai menulis pendahuluan. Tulislah pendahuluan yang bisa menarik pembaca dan membuat penasaran pembaca.

Dari pendahuluan itu kamu bisa memancing kata-kata yang bisa menarik mengapa pembaca harus membaca artikel tersebut.

5. Tuangkan Pembahasan ke Dalam Artikel Secara Lengkap & Jelas

Selanjutnya dalam pembahasan kamu bisa menulis artikel secara lengkap dan jelas. Kalau bisa buatlah kerangka artikel terlebih dahulu poin-poin apa yang ingin kamu tulis dalam pembahasan.

Tujuan kerangka tulisan sendiri untuk mengingatkan kita ketika lupa. Selain itu tulisan kita juga semakin terorganisir dan sistematis.

6. Buat Simpulan Artikel

Terakhir kamu bisa membuat kesimpulan dari pembahasan artikel kamu. Tulislah kesimpulan yang singkat, padat dan jelas. Dan hindari kata-kata yang bertele-tele cukup ringkas an fokus aja ke hasil dari pembahasan.

Artikel Menarik Lainnya: