Sejarah Pembentukan Bumi Dari Dulu Hingga Sekarang

Sejarah Pembentukan Bumi dari Dulu Hingga Sekarang

Sejarah Pembentukan Bumi dari Dulu Hingga Sekarang

Sejarah pembentukan bumi memang selalu membuat orang penasaran. Bagaimana akhirnya bumi bisa menjadi planet yang layak ditinggali manusia dan makhluk hidup lainnya. karena pada awal terbentuknya planet bumi ini bukanlah planet yang aman.

Untuk menjawab rasa penasaran berikut akan kamu jelaskan bagaimana proses terbentuknya bumi dari awal hingga bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi makhluk hidup. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Tahapan Sejarah Pembentukan Bumi

Sejarah pembentukan bumi di mulai dari sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu melalui akresi dari nebula matahari. Pelepasan gas vulkanik diduga menciptakan atmosfer tua yang nyaris tidak beroksigen dan beracun bagi manusia dan sebagian besar makhluk hidup masa kini.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak langkah-langkah berikut di bawah ini untuk penjelasannya.

1. Bumi Terbentuk

Bumi terbentuk ini sulit diketahui karena tidak ada batu yang bertahan dari awal masa planet ini. dengan mengukur usia bebatuan di bulan dan meteorit yang ditemukan di bumi, para ilmuwan memperkirakan bumi terkonsolidasi 4,54 miliar tahun lalu.

2. Tabrakan Bumi dan Bulan

Dalam garis waktu Bumi adalah theia, sebuah planetoid berbatu yang mungkin seukuran Mars, Protopplanet ini menyapu bumi, meninggalkan planet kita sebagian besar utuh tetapi menghancurkan dirinya sendiri.

Sehingga beberapa peneliti berpikir sisa-sisa bumi pra-tabrakan masih ada jauh di dalam mantel bumi dan inti luar hari ini. mantel adalah lapisan antara kerak permukaan dan ini.

3. Lautan Magma

Kekuatan tumbuhan pembentikan bulan membuat bumi menjadi gumpalan magma pasan yang bergolak. Mineral tertua yang ditemukan di bumi, yang disebut zirkon, berasal dari masa ini dan berusia 4,4 miliar tahun.

4. Benua Pertama

Pada proses terbentuknya bumi di waktu ini, bumi sepenuhnya tertutup oleh lempeng tektonik raksasa dari kerak benua dan samudra.

Menurut para peneliti kerak bumi yang baru tumbuh dengan cepat, dengan sekitar 70 persen kerak bumi terbentuk 3 muliar tahun yang lalu.

5. Boring Billion

Setelah tingkat oksigen atmosfer melonjak 2,4 miliar tahun yang lalu, tidak banyak yang terjadi di bumi selama satu miliar tahun berikutnya. Dan para peneliti menyebutnya sebagai boring billion.

6. Superkontinen

Pada masa ini bumi telah ditutupi oleh kumpulan benua raksasa, yang disebut superkontinen. Superbenua yang paling terkenal adalah Pangea adalah tempat kelahiran sinosaurus.

7. Mulai Mendingin

Pada masa boring bilion saat itu terjadi super benua besar terkoyak 750 juta tahun yang lalu sehingga memicu kedinginan global yang disebut bumi bola salju. Dan ahli geologi telah menemukan bukti gletser di setiap benua bahkan di lintang tropis.

8. Muncul Kehidupan

Nah, sejarah pembentukan bumi mulai terbentuk pada masa ini berkaitan dengan tingkat oksigen atmosfer yang mulai meningkat lagi kira-kira 650 juta tahun lalu ketika hewan pertama muncul pada periode Kambium 545 juta tahun yang lalu.

9. Kepunahan Masal

Kemudian bumi telah mengalami kepunahan masal sejak periode kambrium tapi terbesar dalam catatan fosil adalah pada periode 252 juta tahun yang lalu. Menurut para peneliti lebih dari 90% kehidupan mati hanya dalam 60.000 tahun

10. Zaman Es

Dalam sejarah pembentukan bumi ada 5 periode utama zaman es, kita berada di sekitar 2,6 juta tahun yang lalu. Periode interglasi modern bumi dimulai sekitar 11.500 tahun yang lalu.

11. Plastiglomerat

Satu juta tahun dari sekarang, plastik itu mungkin tergencet hingga terlupakan, tetapi para ilmuwan masih dapat mendeteksi sinyal kimia plastik yang berada.

Nah, itulah beberapa tahapan dalam sejarah pembentukan manusia itu hanya sekilas menurut para ahli. Selanjutnya mari kita bahas susunan interior bumi ini penjelasan lengkapnya.

Susunan Interior Bumi

Geofisika merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari sifat-sifat fisik bumi. Metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan gelombang seismik pasif yaitu gelombang S dan gelombang P.

Dari hasil pengukuran tersebut, secara umum dapat dibagi menjadi tiga bagian susunan interior bumi, yaitu:

1. Kerak Bumi

Jadi, kerak bumi ini merupakan bagian terluar dari bumi memiliki sifat kaku dan tidak elastis. Dimana kerak bumi sendiri atas dua bagian, yaitu kerak benua dan kerak samudra.

2. Mantel

Dan kedua ada mantel merupakan bagian kedua setelah kerak bumi. Bagian mantel bumi terdiri atas dua bagian yaitu mantel luar (astenosfer) dan manatel dalam (mesosfer), mantel luar (astenofer).

3. Inti

Inti ini bagian terdalam bumi yaitu ada bagian luar dan dalam inti luar cair dan inti dalam padat.

FAQ |Pertanyaan Seputar Sejarah Pembentukan Bumi

Apa saja teori pembentukan alam semesta?

Yaitu teori dentuman besar, teori keadaan tetap, teori mengembang, teori alam semesta kuantum dan teori berayun.

Sejak kapan makhluk hidup di Bumi?

Yaitu setelah evolusi yang panjang, maka kehidupan di Bumi mulai terbentuk sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: