Strategi Komunikasi Pemasaran Adalah? Ini Penjelasannya

Komunikasi pemasaran adalah suatu usaha yang dilakukan agar suatu produk atau jasa bisa dijual dan dikenal oleh para pembeli dengan cara menginformasikan secara langsung terhadap publik atau konsumen agar mengetahui peredaran produk tersebut di pasar.

Terus strategi komunikasi pemasaran adalah apa? Kamu dapat simak artikel dibawah ini agar mengetahui strategi komunikasi pemasaran. Selain strategi komunikasi pemasaran, kamu juga bisa simak cara membuat strategi pemasaran dan alasan bisnis kamu memerlukan strategi komunikasi pemasaran.

Strategi Komunikasi Pemasaran

Strategi komunikasi pemasaran adalah suatu perencanaan atau manajemen yang dibuat agar sebuah produk atau jasa dapat dikenal oleh publik dan diketahui peredarannya di pasar oleh para pembeli yang secara otomatis produk atau jasa tersebut akan menjadi laku.

Berikut ini bagan strategi komunikasi yang dapat kalian simak

Strategi Komunikasi Pemasaran Adalah

Dari bagan strategi komunikasi pemasaran tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran kita akan lebih mempercepat dalam memperkenalkan suatu produk atau jasa.

Selain itu, kita sebagai perusahaan tidak hanya mengandalkan dari perantara saja, melainkan bisa langsung mendapatkan pesanan produk atau jasa langsung dari konsumen dan masyarakat lainnya.

Kemudian bagi para masyarakat juga bisa langsung mengambil terhadap perusahaan tidak perlu melalui perantara atau konsumen saja.

Cara Membangun Strategi Komunikasi Pemasaran

Agar dapat membangun strategi komunikasi pemasaran, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

1. Mengidentifikasi Target

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi target mulai dari lokasi, jenis kelamin, usia, kebutuhan, pekerjaan dan lainnya. Dengan melakukan cara ini, kamu akan lebih mengetahui ke cocokan produk atau jasa yang anda pasarkan.

Sebagai contoh kamu tidak mungkin memberikan produk atau jasa yang kamu ingin pasarkan kepada seluruh orang, mengapa demikian? Itu dikarenakan semua orang belum tentu membutuhkannya.

Cara terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari seseorang yang sedang mengalami sebuah masalah dan kamu bisa membantu memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan produk atau jasa yang ingin kamu pasarkan.

Dan dengan cara ini pula, kamu akan lebih mengetahui saluran mana yang harus kamu ambil agar dapat menjangkau pelanggan ideal untuk produk atau jasa kamu.

2. Menentukan USP

USP adalah singkatan dari Unique Selling Proposition. Yang dimana pada tahapan ini, kamu harus menonjolkan keunggulan dari produk atau jasa yang akan kamu pasarkan melebihi merk lain.

Cara menunjukan keunggulan produk atau jasa tersebut dapat kamu lakukan secara langsung terhadap konsumen, yang dimana kamu harus berhasil membantu konsumen dengan produk atau jasa yang kamu pasarkan. Dengan itu kamu akan mendapatkan promosi dari mulut ke mulut secara tidak langsung.

3. Beri Solusi Bagi Masalah Pelanggan

Nah dalam sebuah pemasaran produk atau jasa kamu akan mendapatkan sebuah keluhan atau masalah dari pelanggan. Jadi bagaimana mengatasinya?

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus membuat data tentang keluhan yang dirasakan oleh para pelanggan. Selanjutnya lakukan rapat dengan tim agar menemukan solusi untuk para pelanggan. Setelah itu tinggal sampaikan solusi tersebut melalui saluran pemasan.

4. Mempunyai Saluran

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mempunyai saluran yang dapat membantu kamu mencapai para pelanggan atau konsumen di semua saluran yang berbeda-beda.

5. Mengukur Hasil

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengukur hasil dari bisnis yang kamu lakukan, apakah bisnis ini bergerak maju atau tidak.

Alasan Harus Menggunakan Strategi Komunikasi Pemasaran

Ada beberapa alasan yang harus kamu ketahui mengapa harus menggunakan strategi komunikasi pemasaran, di antaranya sebagai berikut:

1. Mendapatkan Kepercayaan Merk

Mendapatkan kepercayaan merk dengan strategi komunikasi pemasaran dapat dilakukan, mengapa demikian? Itu dikarenakan penggunaan strategi komunikasi pemasaran di susun dengan konsisten dan saluran yang menyampaikan merk pun harus konsisten.

2. Meningkatkan Penargetan Dan Segmentasi

Dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran kamu bisa menaikan jumlah penargetan dari seluruh saluran yang tersedia.

3. Mendapatkan Penjualan yang Tinggi

Hasil akhir dari strategi komunikasi pemasaran adalah mendapatkan penjualan yang tinggi dan mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Jenis-jenis Komunikasi Pemasaran

Ada beberapa jenis komunikasi pemasaran yang dapat kamu gunakan untuk menjangkau pelanggan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemasaran Digital

Jenis komunikasi pemasaran yang dapat kamu gunakan adalah pemasaran digital, yang dimana kamu menggunakan internet sebagai tempat promosi produk atau jasa yang kamu jual.

2. Iklan

Dengan melakukan pemasaran dengan sebuah iklan, tentu cara ini merupakan cara yang paling efektif dan target yang dijangkau sangat luas. Namun, biaya yang dikeluarkan cukup mahal.

3. Public Relations

Dengan menggunakan cara ini kamu akan melakukan sebuah pemasaran secara halus dan menyebarkan kesadaran akan merk.

4. Media Sosial

Sudah tidak diragukan lagi ya, menggunakan pemasaran dengan media sosial sangatlah bagus untuk mendapatkan konsumen.

5. Rekomendasi Pelanggan

Cara ini akan terjadi sendiri jika pelanggan mendapatkan kepuasan terhadap produk atau jasa kita.

6. Pemasaran Langsung

Pemasaran jenis ini biasanya digunakan perusahaan dengan mengirim sebuah kupon, barang diskon atau penawaran khusus dan sebagai nya.

7. Promosi Penjualan

Promosi berlaku bagi perusahaan mapan yang ingin menambah produk baru.

8. Media Massa

Melakukan pemasaran dengan cara ini merupakan pemasaran satu arah atau tanpa umpan balik. Jadi kamu tidak bisa yakin orang yang tepat dapat menerima pemasaran mu.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Strategi Komunikasi Pemasaran Adalah)

Apa itu Strategi Komunikasi Pemasaran?

Strategi komunikasi pemasaran adalah suatu perencanaan atau manajemen yang dibuat agar sebuah produk atau jasa dapat dikenal oleh publik dan diketahui peredarannya di pasar oleh para pembeli yang secara otomatis produk atau jasa tersebut akan menjadi laku.

Kenapa Harus Menggunakan Strategi Komunikasi Pemasaran?

1. Mendapatkan Kepercayaan Merk
2. Meningkatkan Penargetan Dan Segmentasi
3. Mendapatkan Penjualan yang Tinggi

Artikel Menarik Lainnya: