Struktur Artikel Opini Yang Benar Beserta Contohnya

Struktur Artikel Opini yang Benar Beserta Contohnya

Artikel opini adalah sebuah artikel yang didasari oleh opini penulis tentang suatu isu atau topik tertentu. Dan artikel ini harus sesuai dengan struktur artikel opini secara lengkap. Bagi kamu yang ingin tahu apa saja strukturnya simak artikel ini sampai selesai.

Tidak hanya struktur artikel opini yang akan kami bahas tapi juga mengenai pengertian, cara membuat dan beberapa contoh mengenai artikel opini.

Pengertian Artikel Opini

Artikel opini adalah artikel yang didasari oleh opini penulis tentang suatu isu atau topik tertentu. Berbeda dengan artikel ilmiah yang ditulis berdasarkan fakta. Artikel opini ini lebih menekankan pandangan pribadi penulis dengan berdasarkan argumen yang logis.

Artikel opini ini sifatnya subjektif dan belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya. Jenis artikel ini bisa ditemukan di media massa seperti koran, majalah, maupun media sosial.

Mengutip dari buku pandan lengkap menulis kreatif proses, keterampilan dan profesi oleh Didik Komaidi, artikel opini adalah sebuah karangan yang menekankan pada opini atau pendapat pribadi penulis, memperkuat argumen yang logis, dan pemikiran kritis terhadap suatu masalah yang aktual.

Artikel opini biasanya diletakkan di tengah bersama tajuk rencana atau surat pembaca. Jenis artikel ini ditulis dengan gaya ilmiah populer karena ditujukan untuk pembaca dari kalangan umum baik di majalah atau koran.

Struktur Artikel Opini Adalah?

Struktur Artikel Opini

Dan artikel opini memiliki struktur penulisan yang tidak asal-asalan berikut beberapa struktur artikel opini yang perlu kamu ketahui. Kurang lebih terdapat ada 5 struktur artikel opini yaitu:

1. Headline Byline

Bagian yang pertama ini adalah merupakan judul atau bagian teratas dari artikel opini yang sangat penting untuk menarik perhatian pembaca. Pastikan kamu menyajikan kalimat yang memiliki unsur pertanyaan atau sesuatu yang menarik minat pembaca.

2. Lead

Selanjutnya ada lead aalias intro artikel ini merupakan penjelasan terkait uraian peristiwa yang ingin diulas, pernyataan aktual dan rangkuman peristiwa.

3. Neck

Neck artikel ini merupakan bagian yang mengaitkan lead dengan isi artikel. Bagian inilah yang menentukan kesinambungan anatara paragraf yang menyatakan lead antara paragraf yang menyatakan lead dengan isi artikel.

4. Content (isi artikel)

Pada bagian ini, penulis bisa mengungkapkan permasalahan sesuai dengan topik yang ingin di bahas.

Dan dalam sisi artikel, penulis juga bisa mengaitkan dengan teori dan fakta yang ada dengan bahsa populer dan dipahami khalayak umum. Kutipan beberapa tokoh, serta contoh-contoh yang menguatkan isu yang dibahas.

5. Leg

Leg atau kaki artikel adalah kesimpulan dan saran yang diberikan oleh penulis itu sendiri sebagai akhir kata atau kesimpulan.

Cara Membuat Artikel Opini

Bagi kamu yang merasa bingung bagaimana cara membuat artikel opini yang baik dan benar dan berikut cara membuat artikel opini yaitu:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah tentukan topik terkini atau peristiwa yang akan kamu bahasa dan kamu tanggapi melalui artikel opini
  • Selanjutnya, tentukan posisi dan arah artikel kamu, apakah pro atau konten terhadap isu tersebut
  • Selanjutnya kamu patikan mengikuti struktur penulisan artikel opini secara runtut agar tulisan kamu dapat menarik perhatian dan mudah dipahami oleh pembaca.

Karakteristik Penulisan Artikel Opini

Berdasarkan struktur artikel opini yang sudah dijelaskan di atas selanjutnya mari kita bahas kerangka yang jelas dari awal hingga akhir apa saja karakteristik penulisan artikel opini dan berikut penjelasan lengkapnya:

  • Sesuai pengertian artikel opini, penulisan bersifat subjektif karena di dasaran pada pandangan atau pendapat penulis mengenai suatu topik. Oleh karena itu, penulis harus bisa menyampaikan opini mereka dengan jelas dan meyakinkan
  • Artikel opini harus mengandung argumen yang kuat dan terstruktur untuk mendukung opini atau pandangan penulis. Penulis harus menggunakan data, fakta atau bukti lainnya untuk memperkuat argumennya
  • Artikel opini sering kali membahas isu-isu yang kontroversial atau memicu perdebatan. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian pembaca dan membangkitkan diskusi
  • Tujuan dari artikel opini ialah untuk meyakinkan pembaca agar memahami padangan penulis. Oleh karena itu, penulis harus mampu menulis dengan gaya yang persuasif dan meyakinkan
  • Artikel opini sering kali menggunakan gaya penulisan yang lebih informal dan mudah dipahami oleh pembaca harus mudah dipahami, menarik dan sesuai dengan target pembaca
  • Penulis harus membahas topik yang relevan dan menarik perhatian pembaca. Topik dapat berupa isu sosial, budaya, politik, atau lingkungan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari
  • Semua datanya harus di dukung oleh sumber referensi yang dapat dipercaya. Referensi ini dapat berupa data, fakta, studi, atau pengalaman pribadi penulis

Contoh Artikel Opini Singkat

Nah, setelah kamu memahami struktur artikel opini mari kita simak beberapa contoh artikel opini singkat di bawah ini.

“Pendidikan yang Tinggi Belum Tentu Menghasilkan Orang yang Terdidik”

Munculnya berbagai tindak kriminal dilingkungan masyarakat merupakan salah satu tindakan yang umumnya dilakukan oleh orang yang tidak terdidik.

Banyak sekali masalah yang muncul saat ini, seperti korupsi, kolusi dan nepotisme padahal, tingkat pendidikan warga negara Indonesia sudah terbilang cukup tinggi. Sebenarnya kenapa?

Orang pintar belum bisa dikatakan terdidik karena pola pendidikan di Indonesia hanyalah mengajarkan bidang keilmuan seperti pengetahuan dan teknologi saja.

Namun, saat ini pendidikan mengenai budi pekerti cenderung dilupakan sehingga banyak orang pintar yang menjadi tidak terdidik. Sehingga banyak sekali kejahatan yang di dominasi oleh orang pintar, salah satunya tindak korupsi.

Dengan demikian, selain memperhatikan hasil, anak didik juga dapat memperhatikan bagaimana cara memperoleh hasil tersebut dengan cara yang benar, maka dengan mengubah sistem pendidikan maka bukan tidak mungkin Indonesia akan bebas korupsi.

Selain itu, orang tua di rumah juga harus berupaya dalam menciptakan calon orang terdidik dan bukan hanya orang pintar untuk masa depan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai struktur artikel opini berikut contohnya semoga apa yang kami sampaikan dapat dipahami.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: