Syarat Kredit SIUMI Bank Jatim Terbaru

Syarat Kredit SIUMI Bank Jatim Terbaru

Syarat Kredit SIUMI Bank Jatim Terbaru

Bagi pelaku usaha di Jawa Timur, Bank Jatim punya fasilitas kredit khusus yang dapat membantu mengembangkan usaha lewat Kredit SIUMI Bank Jatim. Program kredit Siklus Usaha Mikro Kecil atau SIUMI tersebut ditujukan sebagai layanan kredit untuk para pelaku usaha mikro kecil.

Kamu sebagai pengusaha yang memiliki kriteria sebagai usaha mikro kecil dapat mengajukan kredit tersebut untuk membantu mengembangkan usaha lebih baik lagi. Kredit SIUMI ini muncul sebagai bentuk kerja sama dengan Pemerintah Daerah Jawa Timur.

Syarat Umum Kredit SIUMI Bank Jatim

Bagi kamu pelaku usaha mikro, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dapat mengajukan kredit Siklus Usaha Mikro dari Bank Jatim ini. Bentuk syarat yang ada tersebut bisa dipahami lewat beberapa penjelasan di bawah ini.

1. Kartu Ijin Usaha Mikro Kecil

Syarat utama dalam mengajukan kredit SIUMI dari Bank Jatim ini adalah harus punya kartu Ijin Usaha Mikro Kecil atau IUMK. Kartu tersebut merupakan tanda perijinan dari Kementerian Koperasi dan UKM yang diberlakukan di seluruh Indonesia.

Para pelaku usaha mikro kecil yang sudah memiliki IUMK tersebut dapat langsung mengajukan Kredit SIUMI dari Bank Jatim. Bagi Pengusaha yang belum memilikinya, haus mengajukan IUMK terlebih dahulu secara online lewat oss.go.id.

2. Usaha Sudah Berjalan 1 Tahun

Syarat kedua dari layanan Kredit SIUMI Bank Jatim adalah usia usaha yang dijalankan. Para pelaku usaha harus sudah menjalankan usahanya selama 1 tahun agar dapat mengajukan Program SIUMI ke Bank Jatim.

3. Memiliki Rekening Tabungan SIUMI

Program SIUMI merupakan bundling atau gabungan antara tabungan dan kredit yang diberikan Bank Jatim bagi pelaku Usaha Mikro Kecil. Kamu dapat membuka tabungan SIUMI terlebih dahulu agar bisa mengajukan program kreditnya.

4. Sektor Usaha Tertentu

Syarat keempat dari Kredit SIUMI Bank Jatim adalah sektor usahanya harus sesuai dengan jenis yang bisa dibiayai oleh kredit tersebut. Sektor usaha yang dapat memperoleh pembiayaan dari Program SIUMI di antaranya seperti perdagangan, perkebunan, perikanan, peternakan, dan jasa.

Syarat Berkas Dokumen Kredit SIUMI dari Bank Jatim

Selain syarat umum yang harus dipenuhi bagi pelaku usaha dalam mengajukan program SIUMI ke Bank Jatim, beberapa dokumen tertentu juga harus dipenuhi. Berikut ini dokumen yang harus dipenuhi dalam mengajukan kredit SIUMI, seperti :

  • Foto pemohon ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi tanda diri berupa KTM atau SIM
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Surat Nikah bagi yang sudah menikah atau Surat Keterangan Belum Menikah
  • Fotokopi Surat Kematian atau Surat Cerai jika sudah berstatus janda atau duda
  • Bukti kepemilikan agunan tambahan
  • Fotokopi rekening korang/tabungan minimal selama 3 bulan terakhir
  • Laporan keuangan usaha yang dijalankan
  • Kartu SIUMI
  • Kartu atau Surat Izin Usaha Mikro Kecil/ SIUP / TDP
  • Debitur pegawai berpenghasilan tetap dan keluarganya punya usaha produksi perlu melengkapi SK Pengangkatan Pegawai Tetap dan Surat Keterangan Gaji

Semua dokumen yang dibutuhkan tersebut harus dilengkapi pada saat mengajukan Kredit SUMI ke Bank Jatim. Kelengkapan dokumen yang dibutuhkan dan bentuknya dapat ditanyakan langsung lewat cabang Bank Jatim terdekat atau bisa melalui Call Center ke 14044.

Ketentuan Kredit SIUMI dari Bank Jatim

Bagi para pelaku usaha yang ingin mengajukan kredit SIUMI dapat langsung ke cabang terdekat dengan membawa kelengkapan syaratnya. Dari kredit tersebut, ada beberapa ketentuan yang dapat diperhatikan dengan baik, seperti :

1. Jangka Waktu Kredit

Tenor atau jangka waktu kredit SIUMI Bank Jatim dapat berlangsung maksimal 4 tahun. Dengan tenor yang panjang tersebut membantu pelaku usaha membayar angsuran kredit yang lebih ringan sehingga tidak memberatkan.

2. Plafon Kredit

Kredit SIUMI dari Bank Jatim dapat memberikan plafon hingga 500 juta rupiah bagi para pelaku usaha. Dengan tenor besar tersebut, dapat dimanfaatkan pengusaha dalam membantu operasional dan pengembangan usahanya.

3. Suku Bunga

Nilai suku bunga yang dibebankan dalam kredit SIUMI dari Bank Jatim tersebut sebesar 11,15%. Nilai besaran suku bunga tersebut bersaing dengan beberapa program kredit usaha lainnya. Terkait dengan bunga yang dibebankan tersebut, kamu bisa bertanya langsung ke Bank Jatim.

FAQ | Pertanyaan Tentang Kredit SIUMI Bank Jatim

Apakah Kredit SIUMI sama dengan KUR ?

Secara manfaat bisa dikatakan sama namun ada perbedaan antara dua program kredit tersebut terkait dengan syarat dan ketentuannya.

Apa Saja Syarat Wajib Mengajukan Kredit SIUMI ?

Pelaku usaha harus memiliki kartu Ijin Usaha Mikro Kecil atau IUMK dan juga kartu ATM SIUMI yang diperoleh dari pembuatan tabungan SIUMI serta usia usaha minimal 1 tahun.

Siapa saja yang bisa mengajukan Kredit SIUMI ?

Pelaku usaha mikro kecil yang sudah mempunyai Ijin di berbagai sektor seperti perdagangan, perkebunan, perikanan, peternakan, dan jasa.

Freelancer content writer teknologi. Sangat suka dengan dunia teknologi, seperti melihat masa depan.

Artikel Menarik Lainnya: