Telat Bayar Shopee Pinjam 3 Bulan, Inilah Risikonya!

Pernahkah kamu telat bayar Shopee Pinjam 3 bulan berturut-turut? Kalau pernah, artinya kamu bukan satu-satunya orang yang mengalami masalah tersebut. Masih ada banyak orang lainnya yang juga mengalami masalah telat bayar kredit Shopee Pinjam.

Lalu, apakah hal tersebut dapat memberi dampak buruk buat diri kamu? Nyatanya, mengalami penunggakan bayar kredit di Shopee Pinjam memang bisa menimbulkan resiko dan konsekuensi berat loh.

Beberapa sanksi pun bisa kamu dapatkan sekaligus, mulai dari sanksi yang ringan hingga sanksi yang paling berat. Nah, sanksi-sanksi yang akan kamu terima akibat telat membayar kredit Shopee Pinjam tadi bisa kamu cek pada penjelasan berikut ini.

Sanksi dan Risiko Jika Telat Bayar Shopee Pinjam 3 Bulan

Mungkin masih ada sebagian pengguna Shopee Pinjam yang tidak tahu dengan  konsekuensi yang harus ditanggung pada saat telat bayar pinjaman. Biasanya, mayoritas pengguna baru belum familiar dengan keuntungan dan resiko dari layanan Shopee Pinjam ini.

Setiap pengguna yang mengalami jatuh tempo pada saat membayar Shopee Pinjam pasti akan dikenai sejumlah sanksi. Sanksi yang diberikan untuk masing-masing orang tentu akan berbeda, tergantung dari besar dan kecilnya kredit yang diambil di Shopee Pinjam.

1. Dapat Notifikasi Penagihan

Sanksi pertama yang akan kamu terima ketika telat membayar kredit di Shopee Pinjam adalah mendapatkan notifikasi penagihan secara terus-menerus. Notifikasi yang kamu dapatkan biasanya akan dikirim melalui fitur pesan yang ada di aplikasi Shopee.

Notifikasi penagihan juga akan dikirim melalui Whatsapp atau SMS ke nomor telepon yang kamu pakai di akun Shopee. Meskipun yang dikirim hanya berupa notifikasi, tapi sanksi semacam ini bisa mengganggu aktivitas kamu.

2. Tagihan via Telepon Pribadi

Dalam kasus tertentu, penagihan kredit Shopee Pinjam juga akan dilakukan melalui telepon pribadi. Bukan cuma lewat SMS atau chat Whatsapp saja, pihak Shopee Pinjam juga akan menagih kredit yang tak kunjung kamu bayar dengan menghubungi kamu via telepon.

Tak jarang, penagihan via telepon ini akan mengganggu kamu karena dilakukan sewaktu-waktu. Apalagi jika kamu tidak segera melunasi tagihan kredit yang harus dibayar, maka kamu akan ditelepon secara terus-menerus oleh pihak Shopee Pinjam.

2. Bayar Bunga Denda

Ketika kamu telat bayar Shopee Pinjam 3 bulan, maka sanksi yang akan kamu dapatkan selanjutnya adalah diwajibkan membayar sejumlah denda. Denda yang perlu dibayarkan tergantung dari kebijakan dan ketentuan yang telah kamu sepakati di awal pengajuan kredit di Shopee Pinjam. 

Biasanya, besaran jumlah denda yang dibayarkan masing-masing orang akan berbeda, karena dihitung setiap harinya dengan bunga 5%. Semakin kamu menunda cicilan tagihannya, maka akan semakin besar pula jumlah tagihan yang harus dilunasi.

Denda bunga sebanyak 5% per hari ini berlaku buat semua pengguna layanan SPinjam yang telat membayar tagihan cicilan. Jika kredit yang kamu ambil adalah 5.000.000 rupiah, maka jumlah denda yang harus dibayarkan adalah 250.000 rupiah.

3. Ditagih Oleh Debt Collector

Sanksi berikutnya yang akan kamu dapatkan jika tidak segera melunasi tagihan cicilan di SPinjam adalah ditagih oleh debt collector alias DC. Sanksi ini akan dilakukan oleh pihak pemberi pinjaman apabila sanksi-sanksi yang diberlakukan sebelumnya tidak mempan.

Pihak Shopee Pinjam akan mengirimkan seorang debt collector ke lapangan untuk melakukan penagihan ke tempat tinggal kamu. Tak jarang, sanksi semacam ini bisa mengganggu kenyamanan kamu sebagai pengguna karena DC yang dikirim seringkali membuat onar.

Namun,  penagihan cicilan yang membuat DC harus turun ke lapangan memang jarang sekali terjadi. Pada beberapa kasus telat pembayaran cicilan yang terjadi selama ini, DC hanya akan melakukan penagihan via telepon. 

4. Pengajuan Pinjaman Dibekukan

Bagi kamu yang tidak bisa membayar cicilan Shopee Pinjam selama berbulan-bulan, maka pinjaman yang kamu ajukan selanjutnya akan dibekukan.

Meskipun limit pinjaman yang kamu miliki masih tersisa, namun kamu tidak dapat mengajukan pinjaman lagi karena tagihan yang belum dibayarkan.

Meskipun kamu sudah melakukan pelunasan cicilan, tapi akun Shopee Pinjam kamu akan dinonaktifkan. Hal ini merupakan buntut dari sanksi yang diberikan oleh pihak kreditur kepada debitur yang memiliki catatan buruk terkait pelunasan tagihan.

5. Masuk Daftar Blacklist OJK

Hal terburuk yang akan terjadi jika kamu telat membayar tagihan SPinjam selama berbulan-bulan adalah masuk daftar hitam OJK. Lalu, apa yang akan terjadi jika kamu masuk daftar blacklist OJK?

Bagi debitur yang terkena blacklist OJK, pada umumnya tidak akan diperbolehkan mendapat pinjaman selanjutnya dari perbankan maupun fintech lain.

Akan tetapi, jika kamu berhasil melunasi tagihan cicilan yang dipinjam, maka kamu akan dihapuskan daftar blacklist sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa mengajukan pinjaman kredit kembali.

Demikianlah uraian singkat mengenai sanksi yang akan kamu dapatkan saat telat bayar Shopee Pinjam 3 bulan. Semoga dari penjelasan di atas, kamu bisa mulai berhati-hati agar tidak telat membayar tagihan cicilan dari Shopee Pinjam.

Apa Bedanya Shopee Pinjam dan Shopee Paylater?

Shopee Pinjam adalah layanan pinjaman online yang ditawarkan kepada pengguna Shopee. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengajukan pinjaman uang tunai dengan proses yang cepat dan mudah langsung dari aplikasi Shopee.

Pinjaman ini diberikan oleh mitra finansial Shopee, dan persyaratan serta jumlah pinjaman dapat bervariasi tergantung pada ketentuan yang ditetapkan oleh mitra finansial tersebut.

Sementara itu, Shopee PayLater adalah layanan kredit yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian di Shopee dan membayar nanti dengan jangka waktu tertentu.

Ini berfungsi sebagai fitur “beli sekarang, bayar nanti” yang memberikan kemudahan berbelanja bagi pengguna Shopee yang mungkin saat itu tidak memiliki cukup saldo atau dana pada akun mereka.

Ketika pengguna memilih opsi Shopee PayLater saat berbelanja, mereka akan mendapatkan kredit untuk membiayai pembelian tersebut, dan kemudian pengguna akan diminta untuk membayar kembali kredit tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan dengan dikenakan bunga (jika berlaku).

Pengalaman Tidak Membayar Shopee Pinjam 3 Bulan

Sedikit bercerita pengalaman sendiri yang pernah mengalami tidak membayar Shopee pinjam hingga 3 bulan. Ada beberapa hal tidak mengenakan yang saya dapatkan, di antaranya:

1. Di Telepon Debt Collector

Salah satu hal yang paling membuat jengkel dan juga resah, setiap hari di tagih dan di teleponin sama Debt Collector. Mending kalo nagihnya dengan cara yang enak dan santun, ini mah orangnya sambil ngamuk-ngamuk.

Wajar sih memang karena kita yang punya utang ke mereka. Di sisi lain, kita juga emang tidak ingin punya utang.

2. Keluarga di Telepon Juga Hingga Pengancaman

Selain saya sendiri, keluarga juga kena imbasnya. Istri dan ibu saya kena semprot juga oleh pihak Debt Collector. Hal ini hampir membuat kegaduhan yang lumayan di keluarga.

Karena lagi-lagi bahasa yang mereka gunakan ini bukan bahasa yang enak buar didengar. Parahnya lagi, ada beberapa ucapan bernada ancaman yang membuat keluarga merasa resah.

3. Nonaktifkan Telepon Berhari-hari

Saking udah gedeg dan cape, kadang saya berhari-hari juga menonaktifkan nomor telepon supaya tidak dihubungi terus menerus. Walaupun hal ini juga mengganggu pekerjaan saya yang lainnya karena butuh komunikasi.

4. Ngungsi di Rumah Mertua

Pada akhirnya saya dan keluarga sampai mengungsi ke rumah mertua. Sambil mencari uang untuk nutupin pinjamannya serta supaya keluarga sedikit lebih aman.

Maka dari itu, saya tidak menyarankan untuk melakukan pinjaman online. Di mana pun termasuk di Shopee pinjam. Sebaiknya, kamu pinjam saja ke teman ataupun sodara.

Namun, pengalaman saya yang telat bayar shopee pinjam 3 bulan ini bisa jadi beda dengan pengalaman orang lain ya. Saya hanya berbagi saja.

Artikel Menarik Lainnya: