Teori Komunikasi Elemen Dan Jenisnya

Teori Komunikasi Elemen dan Jenisnya

Teori Komunikasi Elemen dan Jenisnya

Teori komunikasi secara umum diartikan sebagai suatu bentuk penyampaian informasi bisa berupa pesan, gagasan dan ide bersumber dari salah satu pihak yang ditujukan untuk pihak lainnya.

Dan biasanya komunikasi dilakukan melalui dua cara, yakni secara verbal dan nonverbal. Bagi kamu yang penasaran kamu bisa simak artikel ini sampai selesai akan di dijelaskan elemen-elemen, jenis-jenis komunikasi dan macam-macam teori komunikasi.

Pengertian dari Komunikasi Secara Umum

Jadi, secara umum komunikasi diartikan sebagai suatu bentuk penyampaian informasi bisa berupa pesan, gagasan dan ide bersumber dari salah satu pihak yang ditujukan untuk pihak lainnya.

Dan bisanya komunikasi dilakukan melalui dua cara yakni secara verbal dan nonverbal dan poin terpentingnya adalah pesan tersebut dapat sampai ke pihak yang diberikan pesan tersebut.

Lalu bagaimana jika keduanya tetap tidak paham mengenai apa yang mereka komunikasikan? Biasanya kedua belah pihak akan menggunakan cara kedua, yaitu menggunakan cara nonverbal. Cara nonverbal mengharuskan kedua belah pihak menggunakan cara nonverbal.

Cara nonverbal mengharuskan kedua belah pihak menggunakan tubuh mereka untuk menyampaikan pesan dan maksud mereka.

Mereka bisa menggunakan gestur tubuh (menggelengkan kepada, mengangkat bahu, dan lain sebagainya) atau juga bisa menggunakan sikap mereka.

Pengertian dari Teori Komunikasi

Setelah kamu mengetahui apa itu pengertian teori komunikasi selanjutnya mari kita bahas apa saja teori komunikasi. Dan berikut akan kami sajikan pengertian dari teori komunikasi secara umum dan pengertian teori komunikasi menurut para ahli.

Berikut ini akan kami sajikan pengertian dari teori komunikasi menurut para ahli.

1. Menurut Little John

Menurut Little John, teori komunikasi merupakan salah satu teori atau gabungan dari pemikiran kolektif yang diperoleh dari kesatuan sumbernya dengan memusatkan pada topik berupa proses komunikasi.

2. Menurut Borman

Teori komunikasi adalah salah satu kata atau istilah yang memiliki arti timbal balik untuk seluruh pembicaraan atau komunikasi disertai dengan penelitian yang dilaksanakan dengan kehati-hatian, terstruktur dan secara sadar mengenai komunikasi.

3. Menurut Cragan and Sheils

Menurut Cragan and Shields, teori adalah sebuah ikatan antara konsep teoritik yang memiliki kesanggupan untuk memberi keseluruhan maupun berapa bagian, penjelasan, informasi, penilaian penerangan atau pun tebakan atas perilaku atau tindakan manusia.

Yang didasarkan pada orang yang berkomunikasi (berbincang, berbicara, berdiskusi, menulis, mendengar, melihat, menonton dan masih banyak lagi) yang terdapat dimanfaatkan untuk jangka waktu tertentu dengan perantara.

Macam-Macam Teori Komunikasi di Dunia

Nah, berikut beberapa macam teori komunikasi yang ada di dunia, diantaranya adalah:

1. Behaviorisme oleh John Broadus Watson (1878-1958)

Teori komunikasi behaviorisme merupakan salah satu teori komunikasi yang mungkin sudah tidak asing untuk gramed, teori komunikasi ini di support oleh salah satu ilmuwan yang berasal dari Amerika bernama John Broadus Watson.

Teori komukasinya ini berisi mengenai seluruh tindakan atau perilaku yang mencakup antara tindakan respon atau balasan terhadap antara tindakan respon atau balasan terhadap suatu hal yang diberikan atau juga bisa disebut rangsangan.

2. Teori Komunikasi Operant Conditioning oleh Skinner

Teori komunikasi kedua ini ditemukan oleh seorang ahli psikologi bernama Skinner (1904-1990). Teori ini dapat diartikan sebagai suatu prosedur untuk membantu dalam pemberian motivasi tingkah laku yang dapat berakibat pada terulangnya atau hilangnya tingkah laku tersebut.

3. Teori Belajar Sosial Oleh Bandura

Teori belajar sosial atau komunikasi dicetuskan oleh seorang psikologi asal kanada, Amerika Serikat bernama Albert Bandura (1925). Menurutnya tingkah laku manusia dalam berinteraksi memiliki pola timbal balik yang berkelanjutan.

Proses interaksi antar individu ini terjadi karena adanya pengaruh lingkungan dan perilaku kognitif antar individu.

Dalam teorinya Bandura menjelaskan empat tahapan belajar sosial tahapan pertama semua kegiatan pembelajaran sosial dapat terjadi karena adanya sebuah perhatian dari seorang atau lebih individu.

Tahapan kedua proses pembelajaran melalui ingatan, tahap ketiga proses pembelajaran sosial yang dilakukan dengan bantuan tindakan. Dan tahapan ke empat melaksanakan proses pembelajaran sosial didasari oleh motivasi dari dalam diri individu tersebut.

3. Teori Komunikasi Birokrasi Max Weber

Menurutnya model dari birokrasi kerap dimanfaatkan guna meraih komunikasi antar organisasi yang lebih efektif. Oleh karena itu. Mengapa teori ini merupakan teori yang digunakan oleh organisasi untuk berkomunikasi.

Dalam teori komunikasi birokrasi ini Weber memberikan delapan ciri khusus structural yang berkaitan dengan birokrasi dari organisasi.

Elemen-elemen Komunikasi

Seperti yang sudah dikatakan di awal bahwa komunikasi memiliki elemen-elemen yang penting satu sama lain bahkan sampai membuat mereka memiliki sifat terikat. Berikut elemen-elemen komunikasi.

1. Sumber (source)

Menurut Shannon, elemen sumber seperti namanya merupakan sumber dari segala informasi yang didapatkan.

2. Pengirim (sender)

Elemen kedua merupakan pihak yang berperan sebagai penyebar atau juga bisa disebut pemancar kepada penerima.

3. Saluran (channel)

Saluran berperan sebagai perantara yang digunakan untuk mengirim sinyal sehingga dapat membantu pengirim dalam memancarkan pesannya.

4. Penerima (receiver)

Penerima merupakan pihak yang melakukan kegiatan yang berkebalikan dengan pengirim.

5. Tujuan (Destination)

Tujuan memiliki arti untuk siapa pesan tersebut dipancarkan oleh pemancar ke penerima.

6. Pesan (Message)

Suatu hal yang dikirimkan oleh pemancar atau pengirim kepada penerima, biasanya isinya dapat berbentuk fisik, tulisan, rekaman ataupun berbentuk visual verbal yang akan diterima oleh penerimanya.

7. Tanggapan (Feedback)

Berupa yang didapatkan oleh pengirim dari penerima yang sudah menerima pesan dari pengirim

Jenis-Jenis Komunikasi

Komunikasi memiliki dua jenis cara dalam penyampaian pesan tersebut, berikut kedua jenis cara berkomukasi yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Komunikasi Secara Lisan

Komunikasi secara lisan atau yang biasa disebut dengan komunikasi secara langsung merupakan berkomunikasi yang dilakukan oleh kedua pihak atau juga bisa lebih (penerima dan pengirim) dengan cara bertatap muka secara langsung.

Dalam artian tidak ada jarak yang memisahkan kedua pihak dalam proses komunikasi tersebut. Dan komunikasi dengan cara ini terjadi kegiatan berdialog, saling berbicara satu sama lain, berdiskusi atau rapat dan lain sebagainya.

2. Komunikasi Secara Tulisan

Komunikasi secara tulisan merupakan salah satu cara berkomunikasi menggunakan perantara media tulisan, bisa disebut juga dengan komunikasi tanpa adanya perbincangan langsung disertai dengan bahasa yang dinilai singkat.

Seperlunya hingga dimengerti oleh kedua belah pihak, padat, dan jelas. Bentuk dari komunikasi secara tulisan adalah seperti SMS, surat, surat elektronik dan masih banyak lagi yang lainnya.

FAQ| Pertanyaan Seputar Teori Komunikasi

Apa tujuan teori komunikasi?

Teori komunikasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang proses komunikasi massa. Dengan pemahaman yang lebih baik, kita berada pada posisi yang lebih baik untuk memprediksi dan mengontrol hasil-hasil dari usaha komunikasi.

Apa objek dari ilmu komunikasi?

Objek kajian ilmu komunikasi adalah “usaha manusia dalam menyampaikan isi pesannya kepada manusia lain.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: