Tidak Bisa Belanja di Alfamart Pakai Akulaku? Nih Solusinya

Tidak bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku? Tenang, hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apabila fitur tersebut tidak dapat digunakan kenali dulu penyebab dan solusinya melalui artikel berikut.

Tidak Bisa Belanja di Alfamart Pakai Akulaku? Bisa Jadi ini Penyebabnya

Tak hanya bisa digunakan untuk kredit barang dan meminjam uang, kini Akulaku dapat digunakan untuk belanja di Alfamart. Aplikasi memiliki fitur akucicil atau paylater yang dapat digunakan untuk berbelanja di mini market.

Kalau mengalami kendala saat menggunakannya, bisa jadi ini penyebabnya:

1. Mini Market Belum Menerima Pembayaran via Aplikasi Akulaku

Meski sudah terjalin kerja sama, ternyata tidak semua cabang mendukung transaksi kredit menggunakan Akulaku. Beberapa cabang Alfa di daerah terpencil biasanya belum menerima pembayaran via akucicil.

2. Total Belanjaan Melebihi Jumlah Limit Kredit  

Tidak bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku karena limit tidak cukup merupakan salah satu kendala yang biasa terjadi. Sebelum melakukan pembelian, pastikan limit kredit kamu cukup dengan barang yang akan dibeli.

3. Kode Virtual Pembayaran Melewati Batas Penggunaan

Perlu kamu ketahui, transaksi bisa terkendala kalau kode pembayaran sudah melewati batas waktu. Kode virtual hanya berlaku 10 menit, dapatkan kode virtual ketika kamu sudah selesai memilih barang dan mendekati antrean.

4. Memiliki Tagihan yang Belum Dilunasi

Kamu dapat menggunakan paylater akulaku di mini market kalau tidak ada tagihan selain akucicil. Apabila masih ada tunggakan pinjaman tunai, dana cicilan, serta KTA layanan tidak bisa digunakan.

5. Tidak Bisa Belanja di Alfamart Pakai Akulaku karena Gangguan Jaringan

Tidak bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku? Jangan panik, hal itu bisa saja disebabkan oleh gangguan sinyal ketika memproses kode QR. Keluar dari aplikasi kemudian masuk kembali untuk mendapatkan kode virtual.

6. Aplikasi Sedang Mengalami Perbaikan Sistem

Meski jarang terjadi, tapi ada masanya aplikasi melakukan perbaikan sistem sehingga tidak bisa digunakan untuk membayar tagihan belanja. Kamu bisa kembali lagi mencoba setelah beberapa menit.

7. Cabang Mini Market Terdekat Mengalami Kendala

Pentingnya konfirmasi dulu ke kasir sebelum total belanja dihitung. Kamu harus tanya apakah pembayaran via akulaku bisa dilakukan atau tidak. Kadang-kadang terjadi kendala teknis hingga tidak bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku.

8. Akun Kamu Terkena Suspend

Penyebab lainnya layanan kredit ini tidak bisa digunakan di Alfamart karena akun dibekukan sistem. Boleh jadi hal itu disebabkan karena gagal bayar tagihan atau kamu terindikasi melakukan gestun (gesek tunai) ilegal.

9. Kamu Belum Mengaktifkan Fitur Paylater

Pastikan kamu sudah mengaktifkan paylater, meski sudah punya limit kredit tidak semua pengguna dapat menggunakan limit paylater. Buat pengajuan jika kamu belum mendapatkan limit paylater.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Belanja di Alfamart Pakai Akulaku

Alfamart merupakan salah satu toko offline yang bekerja sama dengan akulaku. Kamu dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan dalam keadaan darurat. Jika terjadi kendala tidak bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku, berikut cara mengatasinya.

1. Bayar Cicilan Sebelum Jatuh Tempo

Hindari keterlambatan pembayaran agar kamu masih bisa menggunakan fitur pay later untuk semua kebutuhan. Jika tagihan belum dibayar sedangkan jatuh tempo sudah lewat, hal itu akan menyebabkan data kredit kamu buruk.

2. Periksa Limit Saldo Sebelum Belanja

Sebelum memberikan barang ke meja kasir, kamu harus pastikan dulu limit paylater cukup untuk membayar belanjaan.

3. Perbarui Kode Virtual Pembayaran

Jika terlalu lama menunggu antrean, kode virtual pasti tidak dapat digunakan. Sebaiknya keluar dulu dari aplikasi untuk memperbarui kode pembayaran.

4. Selalu Konfirmasi ke Kasir

Demi menghindari kendala sistem baik dari aplikasi maupun di gerai itu sendiri sebaiknya kamu konfirmasi ke kasir sebelum belanja.

Cara Menggunakan Akulaku untuk Belanja di Alfamart

Selesaikan transaksi pembayaran di Alfamart melalui 9 cara berikut ini:

  1. Kunjungi cabang Alfamart terdekat
  2. Pilih barang yang kamu butuhkan
  3. Bawa ke kasir dan katakan kalau mau membayar pakai akulaku
  4. Buka aplikasi lalu pilih menu paylater
  5. Selanjutnya pilih barcode
  6. Masukkan verifikasi PIN
  7. Tunjukkan kode virtual pembayaran kepada kasir
  8. Apabila pembayaran berhasil akan masuk ke menu tagihanku
  9. Setelah itu transaksi menggunakan paylater selesai

Jangan cemas kalau tidak bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku, kenali dulu penyebabnya dan lalu atasi dengan tips di atas.

Artikel Menarik Lainnya: