Tips Melakukan Pengiriman Dan Penerimaan Bitcoin (Mudah)

Tips Melakukan Pengiriman dan Penerimaan Bitcoin (Mudah)

Tips Melakukan Pengiriman dan Penerimaan Bitcoin (Mudah)

Mengetahui cara pengiriman dan penerimaan Bitcoin sangat penting jika ingin melakukan transaksi menggunakan mata uang crypto ini. lantas bagaimana tips melakukan pengiriman dan penerimaan Bitcoin agar aman dan mudah?

Meskipun belum legal sebagai alat pembayaran di Indonesia, namun Bitcoin dapat di kirim dan diterima secara bebas dan aman asalkan tahu caranya. Untuk itu kamu bisa simak artikel ini bagaimana tips mudahnya agar tidak gagal.

Cara Pengiriman dan Penerimaan Bitcoin

Jadi, pada dasarnya cara kirim dan terima crypto termasuk Bitcoin tidaklah jauh berbeda antara satu dan lainnya. hanya saja, mungkin ada sedikit perbedaan langkah pada prosedur yang bisa dipicu oleh adanya mekanisme atau skema berbeda yang diterapkan.

Nah, tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana cara melakukan pengiriman dan penerimaan Bitcoin secara mudah. ini penjelasan lengkapnya:

1. Cara Pengiriman Bitcoin

  • Langkah pertama kamu harus memiliki wallet berisi BTC entah itu mobile wallet, exchange wallet atau pun desktop wallet
  • Nah, pada masing-masing wallet akan ada opsi untuk memilih send (kirim) Recive (terima) dan pilih send
  • Apabila jenis walet yang digunakan mendukung berbagai jenis crypto currency, kamu perlu memilih aset crypto mana yang akan dikirim misal pilih Bitcoin
  • Pastikan kamu sudah memiliki Public Key atau Public Address dari penerima, yang bisa saja berupa QR Code atau sebuah deret karakter (huruf dan angka) yang cukup panjang
  • Lanjutkan dengan memindai (scan) pada QR Code tersebut atau paste Public Address tadi ke kolom penerima yang tersedia pada tampilan wallet
  • Silahkan masukkan jumlah crypto yang ingin di kirim jika menggunakan QR Code maka jumlah yang diminta akan terisi secara otomatis
  • Sebelum mengirim, lakukan pemeriksaan ulang atau koreksi sebanyak 2 kali atau bahkan pada penting seperti Adreess penerima serta jumlah yang di kirim, utamanya apabila kamu melakukan copy paste kode
  • Jika semua sudah sesuai, klik atau geser ke send (kirim) untuk melanjutkan transaksi

Nah, itulah beberapa langkah cara melakukan pengiriman Bitcoin kamu bisa ikuti langkah demi langkahnya.

2. Cara Penerimaan Bitcoin

Nah, setelah cara pengiriman Bitcoin kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara penerimaan Bitcoin, berikut cara lengkap yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka wallter crypto lalu pilih opsi Receive (terima)
  • Bagikan Public Keys atau Addrees kamu, baik yang berupa QR Code atau deret karakter kamu bisa mengirim QR Code sebagai gambar atau biarkan penerima memindai kode tersebut
  • Selanjutnya orang yang memiliki akses ke public address kamu tersebut bisa mengirimi kamu crypto biasanya pengiriman juga akan menyertakan ID transaksi juga akan menyertakan ID transaksi yang memungkinkan kamu untuk melihatnya diblock explorer

Nah, itulah beberapa cara melakukan pengiriman dan penerimaan Bitcoin yang perlu kamu pahami untuk kamu gunakan nanti saat membutuhkannya. Selanjutnya kamu perlu ketahui bahwa ada beberapa tips pengiriman dan penerimaan Bitcoin agar aman dan cepat.

Tips Melakukan Pengiriman dan Penerimaan Bitcoin

Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui dalam pengiriman dan penerimaan Bitcoin agar aman. Dan berikut beberapa tips melakukan pengiriman dan penerimaan Bitcoin agar proses transaksi aman terkendali, diantaranya adalah:

1. Memiliki Beberapa E-Wallet

Nah, untuk tips yang pertama kamu dapat memiliki beberapa e-wallet kamu dapat mencoba memiliki lebih dari satu e-wallet baik dalam satu smartphone, berbdda smartphone maupun dengan berbagai smartphone.

2 mobile wallet tersebut dapat digunakan secara mudah untuk saling bertransaksi dalam melakukan proses penerimaan maupun pengiriman Bitcoin. Pihak yang ingin mengirimi bitcoin kepada kamu dengan akses mudah.

2. Latihan Bertransaksi dengan Mengirim dan Menerima Bitcoin

Tips melakukan pengiriman dan penerimaan Bitcoin selanjutnya dengan melakukan latihan transaksi dengan menggunakan Bitcoin dengan latihan kamu akan cepat memahaminya.

Cara tersebut merupakan tips yang cukup baik apalagi bagi kamu yang seorang pemula untuk bisa melakukan transaksi Bitcoin.

3. Paham Mengenai Private Key dan Public Key

Nah, tips melakukan pengiriman dan penerimaan Bitcoin selanjutnya kamu perlu memahami private key dan public key karena ke dua key tersebut akan menjadi hal yang sangat krusial pada saat proses pengiriman atau penerimaan Bitcoin.

Private Key sendiri merupakan bukti kepemilikan aset yang dapat digunakan oleh pemiliknya untuk memberikan izin dalam hal pengeluaran dana dengan tujuan dari adanya private key adalah melindungi akun kamu agar tidak kena hack.

Sedangkan Public Key merupakan kode krypto yang akan di pasangkan dengan privaet key dimana hal tersebut akan terjadi pada saat proses pengiriman dan penerimaan Bitcoin atau aset krypto.

FAQ | Pertanyaan Seputar Tips Melakukan Pengiriman dan Penerimaan Bitcoin

Berapa lama waktu pengiriman Bitcoin?

Transaksi Bitcoin umumnya membutuhkan waktu sekitar 30 menit sedangkan set lainnya membutuhkan waktu 5-10 menit.

Berapa minimum deposit Bitcoin?

Untuk Bitcoin jenis BitcoinDana deposinya minimal adalah USD 5 (5 dolar AS).

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: