Transformasi Struktural Perekonomian Indonesia

Dalam beberapa tahun sekali bisa dilihat transformasi struktural perekonomian Indonesia. Transformasi struktural ini memang jadi hal yang menarik dibahas dalam bidang studi ekonomi makro. Sebab, transformasi struktural ini punya dampak langsung terhadap kehidupan masyarakat.

1 Fashion murah

Banyak contoh yang tentang transformasi struktural perekonomian yang ada di Indonesia. Contohnya bisa dilihat dengan mudah. Berikut ini ulasan yang lengkap mengenai transformasi struktural perekonomian di Indonesia dan sejumlah contohnya.

fashion muslim murah

Konsep Dasar Transformasi Struktural Perekonomian Indonesia

Secara sederhana transformasi struktural perekonomian bisa disebut sebagai perubahan pada struktur ekonomi pada sektor tradisional dengan produktivitas rendah menuju ekonomi yang lebih tinggi. Bisa juga diartikan perubahan dari sistem ekonomi tradisional ke ekonomi modern.

Perubahan struktur ekonomi memang dipengaruhi oleh sejumlah hal. Salah satu yang pengaruhnya paling besar adalah pertumbuhan ekonomi. Bagus atau tidaknya pertumbuhan ekonomi bakal mempengaruhi transformasi struktural perekonomian Indonesia.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah mencanangkan beberapa upaya untuk melakukan transformasi struktural ekonomi. Salah satunya adalah industrialisasi pengolahan sumber daya alam. Pemerintah berharap bisa mengembangkan industri pengolahan berbasis sumber daya alam.

Contohnya adalah pengembangan industri pengolahan pertambangan, perikanan, perkebunan dan juga pertanian. Dengan begitu, Indonesia tak hanya dikenal sebagai negara yang mengeskpor bahan mentah saja, tapi juga hasilkan produk yang telah jadi dan siap dikonsumsi.

1 Fashion murah

Pemerintah sudah mulai mengambil langkah strategis dalam persiapan transformasi struktural perekonomian. Hal ini berkaitan dengan bonus demografi yang akan didapatkan Indonesia. Di mana jumlah penduduk yang berusia produktif sangat banyak hingga 2030 mendatang.

Tujuan Transformasi Struktural Perekonomian

Tentunya ada tujuan dari transformasi struktural perekonomian di Indonesia. Berbagai tujuan ini dicanangkan untuk mendapatkan hasil positif dalam sektor perekonomian. Berikut ini beberapa tujuan utama dari transformasi struktural perekonomian di Indonesia.

1. Pemerataan Pendapatan

Salah satu tujuan dari transformasi struktural perekonomian di Indonesia adalah pemerataan pendapatan. Diharapkan transformasi yang terjadi bisa meratakan pendapatan masyarakat di Indonesia. Dengan begitu, pendapatan besar tak hanya didominasi masyarakat perkotaan saja.

2. Penyerapan Tenaga Kerja

Tujuan lain dari transformasi struktural perekonomian di Indonesia adalah penyerapan tenaga kerja. Indonesia mendapatkan bonus demografi menuju satu abad pada 2045. Dengan transformasi struktural ekonomi ini, diharapkan tenaga kerja produktif bisa diserap secara maksimal.

3. Meningkatkan Daya Saing

Tujuan dilakukannya transformasi struktural perekonomian di Indonesia adalah meingkatkan daya saing dengan negara lain. Indonesia memang harus “bertarung” dengan negara lain dalam banyak hal. Karenanya, diperlukan transformasi agar daya saing Indonesia di dunia terus meningkat.

4. Meingkatkan Produksi Pertanian

Bagaimanapun juga, Indonesia adalah negara agraris yang hasilkan produk pertanian beragam. Karenanya, transformasi struktural perekonomian di Indonesia juga bertujuan untuk tingkatkan produksi pertanian dalam negeri. Ini adalah upaya strategis yang dilakukan pemerintah Indonesia.

1 Fashion murah

5. Memajukan Sektor Industri

Tujuan berikutnya dari transformasi struktural perekonomian di Indonesia adalah memajukan sektor industri. Proses untuk memajukan sektor industri memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan melakukan transformasi menyeluruh pada struktur ekonomi negara.

Contoh Transformasi Struktural Perekonomian Indonesia

Ada sejumlah contoh dari transformasi struktural perekonomian di Indonesia. Sejumlah contoh ini bisa dilihat dengan cukup mudah. Sudah ada beberapa langkah yang diambil pemerintah. Berikut ini beberapa contoh transformasi struktural perekonomian yang terjadi di Indonesia.

1. Modernasi Alat Pertanian

Salah satu transformasi yang pelan – pelan dijalankan adalah modernasi alat pertanian. Modernasi alat pertanian merupakan bagi penting dalam meningkatkan produksi. Itulah kenapa pemerintah mendorong dan membantu para petani dalam melakukan modernasi alat pertanian.

Pemerintah memang sering berikan bantuan berupa modernasi alat pertanian. Mulai dari alat untuk memudahkan proses panen hingga alat yang bisa melakukan sortir dengan mudah. Jadi, proses transformasi pertanian tradisional ke modern sedang berjalan terus.

2. Hilirisasi Sumber Daya Alam

Hilirisasi sumber daya alam juga menjadi contoh transformasi struktural perekonomian yang terjadi di Indonesia. Pemerintah mulai melakukan hilirisasi sumber daya alam yang dimilikinya. Contohnya adalah nikel yang sebelum diekspor akan diolah terlebih dulu di Indonesia.

Selain nikel, Indonesia juga terus berupaya untuk bisa mengolah sendiri beberapa sumber daya alam yang biasa dikirim ke luar negeri dalam bentuk mentah. Transformasi ini dilakukan agar lebih banyak pemasukan yang didapatkan oleh negara. Meski banyak hambatan, pemerintah tetap optimis.

1 Fashion murah

3. Digitalisasi UMKM

Selanjutnya adalah digitalisasi UMKM. Ini adalah contoh nyata lainnya dari transformasi struktural perekonomian yang terjadi di Indonesia. Digitalisasi UMKM memang jadi hal yang didorong terus oleh pemerintah. Dengan masuk ke dunia digital, diharapkan UMKM lebih berkembang.

UMKM memang dituntut untuk peka terhadap perkembangan zaman. Lewat digitalisasi UMKM ini, diharapkan akan ada peningkatan kualitas pemasaran. Sehingga produk yang dibuat oleh UMKM bisa bersaing langsung dengan produsen luar negeri.

Faktor yang Mempengaruhi Transformasi Struktural

Memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi transformasi struktural ekonomi di Indonesia. Mulai dari faktor internal maupun eksternal. Berikut ini beberapa faktor yang turut berpengaruh terhadap transformasi struktural di Indonesia.

1. Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu faktor yang mempengaruhi transformasi struktural ekonomi di Indonesia adalah pertumbuhan ekonomi pada sebuah negara. Pertumbuhan ekonomi memang jadi salah satu parameter dalam proses transformasi struktural ekonomi di Indonesia.

2. Jumlah Tenaga Kerja

Jumlah tenaga kerja juga menjadi faktor pendorong dari transformasi struktural ekonomi di Indonesia. Dengan tenaga kerja yang banyak, pemerintah berupaya untuk melakukan transformasi ekonomi. Tujuannya agar tenaga kerja produktif terserap secara maksimal.

3. Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi juga menjadi faktor yang berpengaruh terhadap proses transformasi struktural ekonomi di Indonesia. Di dunia, perkembangan teknologi memang sangat cepat. Kalau tak segera mengejar dengan melakukan transformasi struktural ekonomi, negara bisa tertinggal.

1 Fashion murah

4. Ketersediaan Sumber Daya Alam

Ketersediaan sumber daya alam merupakan faktor lainnya yang berpengaruh pada transformasi struktural ekonomi di Indonesia. Di Indonesia sumber daya alam memang sangat melimpah. Mulai dari tambang, gas alam, hingga pertanian. Faktor ini amat berperan dalam proses transformasi.

5. Situasi Global

Situasi dan kondisi global juga menjadi faktor berpengaruh dalam transformasi struktural ekonomi di Indonesia. Keadaan atau situasi global memang akan mempengaruhi ekonomi Indonesia. Sehingga, kadang pemerintah mengambil langkah transformasi demi adaptasi dengan situasi global terkini.

Kesimpulan

Demikianlah mengenai transformasi struktural perekonomian di Indonesia dan sejumlah contohnya. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ekonomi Indonesia memang sedang berubah ke arah yang lebih modern. Hal itu bisa dilihat dari semua kebijakan yang muncul.

Jika melihat kebijakan pemerintah dalam beberapa tahun terkahir, memang sudah terasa transformasi struktural perekonomian di Indonesia. Pelan tapi pasti, Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat dengan transformasi yang dilakukan beberapa tahun terakhir.

Artikel Menarik Lainnya: