Tujuan Komunikatif Teks Ulasan Adalah Untuk? [Penjelasan]

Tujuan Komunikatif Teks Ulasan Adalah Untuk? [Penjelasan]

tujuan komunikatif teks ulasan adalah

Setiap sebuah teks pasti mempunyai tujuan tersendiri mengapa teks tersebut di buat. Begitu pun dengan tes ulasan. Teks ulasan itu sendiri merupakan sebuah teks yang berisi analisis terhadap suatu karya.

Analisis tersebut bisa sebuah penilaian atau juga kritikan. Setiap jenis teks Tujuan mempunyai tujuan komunikatifnya masing-masing.

Dan tujuan komunikatif teks ulasan adalah untuk mengutarakan pendapat dan kritiknya mengenai sebuah atau suatu karya agar penerima pesan memahaminya.

Agar semakin paham kamu bisa baca artikel ini sampai selesai agar kamu mengetahui secara lengkap mengenai teks ulasan, beserta tujuan komunikatif teks ulasan itu secara rinci. Simak yuk!

Apa Itu Teks Ulasan?

Seperti yang telah disinggung tadi di atas adalah teks ulasan merupakan sebuah teks yang berisi analisis terhadap suatu karya.

Mengutip dari Buku Tembus Target Skor TOEFL oleh Panca Prastowo (2016). Teks ulasan yang mengandung pendapat tentang suatu karya, baik itu dalam bentuk penilaian, kritik atau saran terhadap karya tersebut atau saran terhadap karya tersebut.

Menurut Nur Apriana teks ulasan adalah teks kritis yang disusun berdasarkan hasil penilaian, pertimbangan dan pemeriksaan secara terperinci terhadap suatu karya baik fiksi maupun non fiksi seperti buku, film, musik, novel dan sebagainya.

Bahkan dalam istilah lain teks ulasan juga di kenal sebagai resensi, yaitu tulisan yang berbentuk opini tinjauan atau ulasan mengenai suatu hasil karya yang telah di publikasikan.

Seperti di kutip dari buku Pembelajaran Menulis Teks Suatu Pendekatan Kognitif oleh Dr Dina Ramadhanti.

Meski teks ulasan bersifat opini kamu perlu melakukan bahasa yang sopan dan santun, serta tidak menjatuhkan serta terpenting harus di buat sesuai dengan fakta dan sesuai objek.

Hal tersebut dikarenakan informasi yang dimuat dalam teks ulasan dapat mempengaruhi khalayak untuk mendiskusikan lebih lanjut dari sebuah karya.

Ada beberapa karya yang bisa diberikan ulasan contohnya novel, cerpen, puisi, film, lagu, dan lain sebagainya.

Agar kamu bisa membuat teks ulasan yang menarik kamu bisa membaca dan memahami terlebih dahulu suatu karya setelah itu lakukan riset terkait karya tersebut.

Dalam membuat teks ulasan maka kamu perlu mencurahkan pandangan dan argumen untuk benar-benar menjiwai karya tertentu.

Sehingga mampu merasakan pengalaman dalam menikmati karya tersebut.

Tujuan Komunikatif Adalah

Setiap jenis teks memiliki tujuan komunikatif masing-masing. Yaitu untuk memaparkan suatu hal sesuai dengan tujuan dari teks komunikatif itu sendiri.

Agar para audiens atau pembaca dapat memahami dari teks yang telah dipaparkan atau dijelaskan.

Misalnya dalam teks prosedur teks komunikatif bertujuan untuk memaparkan langkah-langkah untuk membuat atau melakukan sesuatu.

Lalu teks diskusi memiliki tujuan komunikatif untuk membahas suatu isu atau masalah yang di tinjau dari berbagai sudut pandang atau teks percobaan yang berusaha untuk menyampaikan informasi.

Komunikatif itu sendiri adalah sifat yang mampu menyampaikan dan menerima pesan dengan tepat antara pemberi dan penerima pesan.

Jadi tujuan komunikatif adalah untuk memberikan informasi agar audiens atau pembaca dapat menerima informasi dengan baik.

Setelah di bahas berbagai pemahaman mengenai apa itu teks ulasan, apa itu tujuan komunikatif.

selanjutnya akan dibahas tujuan komunikatif teks ulasan. ternyata memiliki beberapa tujuan berikut penjelasan lengkapnya.

Tujuan Komunikatif Teks Ulasan Adalah?

Ada beberapa tujuan komunikatif dari teks ulasan yang perlu kamu ketahui baik oleh penulis atau pembaca. Yaitu diantaranya adalah:

1. Bertujuan Untuk Menyampaikan Informasi

Tujuan komunikatif teks ulasan yang pertama yaitu untuk menyampaikan informasi pada pembaca tentang layak atau tidaknya suatu karya untuk dinikmati.

Karena dalam teks ulasan akan di paparkan baik kelebihan dan juga kekurangan dari karya tersebut.

Selain itu dalam sebuah teks ulasan juga di paparkan secara detail mengenai informasi produk atau karya sehingga kita mendapatkan pengetahuan dari apa karya tersebut di buat jika itu sebuah produk.

Jika itu sebuah karya kita juga akan tahu berapa halaman karya tersebut, ukurannya, tahun terbit dan dimensi lain dari karya tersebut.

2. Untuk Mengenalkan Sebuah Karya Terhadap Masyarakat

Selanjutnya tujuan komunikatif dalam teks ulasan yaitu untuk memperkenalkan karya tersebut kepada masyarakat luas.

Dengan adanya teks ulasan akan memberikan pengetahuan bagi mereka yang tidak tahu.

Dengan teks ulasan juga memberikan pemahaman agar masyarakat mulai dan mau mencoba atau memiliki karya tersebut sehingga nilai jual akan semakin banyak dan semakin meningkatkan penjualan.

3. Untuk Memberikan Rekomendasi

Selanjutnya tujuan komunikatif dari teks ulasan adalah untuk memberikan rekomendari dari sebuah karya atau produk.

Dengan mengetahui kelebihan-kelebihan dari sebuah produk kita jadi bisa mempertimbangkan dan mungkin merekomendasikannya kepada sahabat, teman, dan keluarga tentunya.

Sebuah karya kita juga akan semakin membuat semangat untuk bisa mendapatkan karya tersebut.

Karena kita mengetahui hal-hal positif dari karyanya misal cerita novelnya mengisahkan sejarah, psikologi, atau bahkan motivasi.

Kita jadi bisa memilih karya mana yang cocok untuk kita coba. Dan teks ulasan tersebut tentunya sangat membantu kamu untuk menentukan karya mana yang akan di pilih.

Akhir Kata

Nah, itu dia penjelasan dari teks ulasan dan juga tujuan komunikatif dari teks ulasan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tujuan komunikatif teks ulasan adalah untuk memberikan informasi, mengenalkan karya atau produk serta untuk memberikan rekomendasi.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat kamu bisa share artikel ini di sosial media kesayanganmu ya! Terimakasih.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: