Ukuran Instastory Dalam Pixel, Cm, Inch Dan Cara Buat Story

Ukuran Instastory dalam Pixel, Cm, Inch dan Cara Buat Story

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Berapa ukuran Instastory sebenarnya? Instastory atau Instagram Story merupakan salah satu fitur yang ada di Instagram. Fitur ini membagikan informasi secara sementara karena bisa terhapus otomatis setelah 24 jam.

Story Instagram bisa terdiri dari photo atau video, sebelum membagikan salah satunya pastikan sudah mengenal ukurannya. Kenali ukuran instastory, aplikasi edit cerita Instagram, cara membuat postingan, dll.

Mengenal Ukuran Instastory Photo dan Video

Ukuran postingan story di Instagram dengan postingan di feed sangat berbeda. Agar konten yang kamu posting tidak buram atau terpotong kamu harus mengenal ukuran instastory.

1. Ukuran Instastory Versi Foto

Instastory Instagram dapat diukur secara inch, pixel, serta cm. Kalau diukur secara pixel, umumnya hanya 1080×1920 dengan rasio 9:16. Sementara itu ukuran dalam centimeter antara 28.575 cm x50.8 cm.

Secara inch, ukurannya mulai dari 11.25 inch dengan tinggi 20 inch. Pentingnya mengenal ukuran versi cm ketika kamu mendesain gambar untuk instastory.

2. Ukuran Instastory Video

Di Instagram Story juga bisa membagikan video ukurannya hingga 60 detik. Saat ini, setiap handphone sudah dilengkapi dengan kualitas gambar yang bagus dengan resolusi HD hingga Full HD.

Ukuran instastory video secara spesifik mulai dari 720p- 1080p. Sedangkan ukuran video yang bisa diposting maksimal hingga 4 GB dalam format MP4. 

Cara Agar Instastory Sesuai Ukuran

Sebenarnya kalau membagikan postingan langsung menggunakan kamera dari aplikasi Instagram pasti akan sesuai ukuran. Tapi kalau kamu punya foto dari galeri yang ingin dibagikan sesuai ukuran instastory maka edit dengan cara-cara ini.

1. Edit Menggunakan Canva

Aplikasi Canva dapat menyesuaikan ukuran postingan sesuai kebutuhan baik itu untuk feed maupun story. Kamu tidak perlu mengatur ukurannya secara manual. Selain dari segi ukuran pixel, Canva mendukung kualitas gambar beresolusi tinggi.

2. Buat Postingan Menggunakan Inshot

Selain Canva, kamu juga bisa membuat postingan yang sesuai ukuran dengan Inshot. Baik Inshot maupun Canva dapat digunakan untuk mengedit foto atau video. Kamu bisa mengatur rasio dan ukuran pixel secara optimal.

3. Atur Sesuai Template dengan Story Art

Story Art mempunyai fitur yang menarik di antaranya 200 template story secara gratis. Aplikasi ini kompatibel ke smartphone maupun iPhone sehingga memudahkan penggunanya.

4. Coba Gunakan Unfold Story Maker & Editor

Gunakan unfold story maker & editor bagi kamu yang mau membuat postingan story sesuai dengan ukuran pixel maupun rasio. Sama saja dengan aplikasi lainnya, unfold story maker & editor menyediakan berbagai desain yang unik.

Syarat Membuat Instastory Sesuai Ukuran

Ingin membuat story yang bagus secara resolusi maupun ukurannya? Pahami persyaratannya berikut ini.

1. Download Aplikasi Edit Foto

Pilihlah salah satu aplikasi edit foto yang kamu butuhkan untuk membuat postingan Instagram. Kalau sudah download aplikasinya jadi semakin mudah setiap kali mau postingan Instagram.

2. Aktifkan Data Seluler

Kamu juga wajib mengaktifkan koneksi internet ketika membuat postingan story Instagram. Aplikasi ini membutuhkan data seluler yang besar maka dari itu pastikan kuota data cukup untuk aplikasi Instagram.

Cara Membuat Instastory Langsung di Aplikasi Instagram

Selain menggunakan aplikasi tambahan, kamu bisa membuat postingan secara akurat melalui aplikasi Instagram. Inilah cara membuat instastory langsung di aplikasinya.

1. Login ke Akun Instagram

Silakan login terlebih dahulu dengan memasukkan email atau nama akun beserta password.

2. Klik Menu “Cerita Anda”

Pilih menu cerita Anda agar bisa membuat instastory, kalau kamu mau posting secara langsung klik ikon camera. Kalau mau posting dari galeri pilih salah satu foto. Kalau mau posting langsung dari kamera, arahkan kamera pada objek lalu foto.

Jika membuat instastory melalui kamera Instagram secara langsung maka ukurannya sudah otomatis disesuaikan. Setelah itu, kamu bisa mengatur filter untuk foto, geser ke kiri untuk memilih filter yang sesuai.

3. Posting Story

Setelah mengatur filter, langsung klik tanda panah ke arah kanan untuk membagikan story Instagram. Kamu bisa membuat banyak story setiap harinya terdiri dari foto, video, boomerang, maupun postingan lainnya.

Cara Menyimpan Instastory ke Perangkat Internal

Instastory tak sekadar postingan foto atau video yang dapat dilihat selama 24 jam. Kamu bisa menyimpan instastory ke perangkat sehingga dapat diposting di media sosial lainnya. Simak cara download instastory dengan mudah berikut ini.

1. Buka Postingan Insta Story

Untuk menyimpan cerita Instagram ke galeri handphone, kamu harus membuka cerita yang telah dibagikan.

2. Ketuk di Bagian Tanda Tiga Titik

Ketika cerita Instagram dibuka, pilih opsi tanda 3 titik dekat foto atau video story. Setelah itu, pilih opsi simpan agar foto atau video dapat disimpan ke galeri.

3. Periksa Di galeri untuk Melihat Ulang Gambarnya

Lihat ulang melalui galeri untuk mengetahui gambarnya supaya dapat di posting ulang di media sosial lain.

FAQ: Pertanyaan Seputar Ukuran Instastory

Berapa Lama Cerita Instagram Dapat Dilihat?

Selain hanya ditampilkan selama 24 jam, postingan ini dapat ditampilkan selama 5 detik. Meski begitu kamu bisa melihatnya secara berulang kali selama postingan belum terhapus otomatis. Instagram juga punya fitur arsip yang bisa melihat riwayat story.

Seberapa Penting Ukuran Instastory?

Ukuran cerita Instagram sangat penting untuk menampilkan foto atau video yang berkualitas bagus terutama untuk para content creator.

Berapa Ukuran Cerita Instagram yang Menggunakan Fitur Layout?

Salah satu fitur cerita Instagram yang populer adalah layout di mana pengguna bisa menggabungkan beberapa foto sebelum diposting di story. Meski sudah didukung fitur layout, ukuran instastory  tetap sama yakni 1080×1920 Px.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: