Usaha dan Pesawat Sederhana IPA Kelas 8 (Rangkuman)

Usaha dan pesawat sederhana jadi bagian dari bab pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk kelas 8. Pembahasan dalam bab ini berkaitan dengan fisika dasar yang harus dipahami oleh siswa kelas 8 sekolah menengah pertama.

Penjelasan dan ringkasan mengenai bab pembelajaran IPA tersebut dapat kamu temukan di dalam artikel ini secara lengkap. Rangkuman yang dibuat akan mempermudah siswa dalam belajar IPA untuk siswa SMP.

Usaha dan Pesawat sederhana

Dalam pembahasan di bab ini akan diuraikan mengenai pengertian dari gaya dan rumus perhitungannya serta penjelasan terkait pesawat sederhana. Beriku ulasan lengkap untuk masing-masing penjelasannya.

1. Usaha

1.1. Pengertian Usaha

Secara pengertian usaha memiliki arti sebagai suatu hal yang dapat dikerjakan pada sebuah benda tertentu. Contoh dari usaha tersebut seperti mendorong meja, memindahkan kursi, menaiki sepeda, dan lain sebagainya.

Dalam istilah fisika, tentu ada perbedaan antara pengertiannya dengan penjelasan di atas. Usaha dalam penjelasan secara fisika disebut sebagai perkalian antara besar gaya yang dapat menyebabkan benda berpindah di mana nilai besar perpindahan searah dengan arah gaya.

Rumus usaha dalam Fisika di jelaskan seperti :

W = F . s di mana W adalah usaha dan F adalah gaya, sedangkan s = jarak perpindahan

1.2. Usaha oleh Beberapa Gaya

Jika sebuah benda mendapatkan gaya lebih dari satu dengan nilai W atau usaha tersendiri maka usaha terhadap benda tersebut sama dengan jumlah usaha pada masing-masing gaya. Rumus yang diterapkan dalam kondisi ini adalah :

W = W1 + W2 + W3 +….+Wn

Untuk mendapatkan nilai total usaha yang diberikan pada benda maka perlu perhitungan satu persatu usaha yang diperoleh terlebih dahulu dari setiap gaya. Setelah dapat perhitungan usaha pada setiap gaya tersebut maka kamu bisa menjumlahnya untuk mendapatkan total usaha.

2. Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana bukan berkaitan dengan pesawat seperti yang kita pahami sebagai kendaraan terbang. Dalam bab usaha dan pesawat sederhana, penjelasan mengenai pesawat sederhana di artikan sebagai jenis perangkat yang dapat berfungsi dengan hanya menggunakan satu gaya saja.

Kerja dari perangkat tersebut terjadi ketika gaya diberikan dan menjadikan perangkat bergerak sepanjang jarak tertentu. Ada beberapa contoh pesawat sederhana yang dapat kamu perhatikan seperti penjelasan di bawah ini.

2.1. Tuas dan Pengungkit

Tuas merupakan batang keras yang dapat diputar ke satu titik. Tuas merupakan pesawat sederhana yang hanya membutuhkan satu gaya untuk mendapatkan kerja.  Ada tiga kelas dari tuas yakni :

  • Kelas pertama, tuas dengan titik tumpu yang berada antara kuasa dan beban
  • Kelas kedua, tuas di mana beban dan kuasa berada pada titik sama dari tumpu ke beban dan beban lebih dekat ke tumpu dari pada kuasa
  • Kelas ketiga, tuas di mana beban dan kuasa berada pada sisi yang sama dari titik tumpu dan kuasa lebih dekat ke tumpu dari pada beban

2.2. Bidang miring

Contoh pesawat sederhana dalam pembahasan mengenai usaha dan pesawat sederhana adalah bidang miring. Bidang mirip merupakan penampang yang punya bentuk segitiga. Ada beberapa contoh bidan miring, seperti :

2.2.1. Baji

Pesawat sederhana yang punya dua bentuk bidang miring dan disatukan. Baji sendiri merupakan alat yang digunakan untuk membelah kayu, batu, dan benda yang keras lainnya. Semakin tipis baji maka semakin mudah kerjanya.

2.2.2. Sekrup

Bidang miring yang dililitkan pada tabung ini merupakan contoh pesawat sederhana lainnya. Kamu dapat menemukan contoh sekrup ini di banyak alat mekanis termasuk sepeda motor dan mobil serta baut tertentu.

2.3. Katrol

Mesin sederhana yang punya komponen roda beralur, seutas tali, dan rantai. Ada beberapa contoh katrol yang dapat kamu pahami, seperti

2.3.1. Katrol Tetap

Merupakan katril yang alat penggeraknya tidak beprindah dan hanya berputas saja. Titik pusat katrol akan dianggap sebagai titik penumpunya. Panjang dari lengan kuas dan lengan beban sama.

2.3.2. Katrol Bergerak

Suatu katrol yang penggeraknya ikut bergerak bersama dengan beban. Pada katrol gerak, nilai F sama dengan setengah dari W sehingga keuntungan mekanisnya menjadi dua.

2.3.3. Katrol Takal

Merupakan katrol majemuk yang jumlah penggeraknya lebih dari satu dan bisa tetap maupun bergerak. Takal dapat menggunakan beberapa komposisi katrol yang berbeda tergantung peruntukannya.

2.4. Gigi Roda

Contoh pesawat sederhana ini dapat ditemukan pada mesin – mesin di kehidupan sehari – hari. Contoh gigi roda yang dapat dilihat oleh siswa paling sederhana ada pada sepeda.  Gigi roda akan berhubungan langsung dengan pedal.

FAQ | Pertanyaan Tentang Usaha dan Pesawat Sederhana

Pembahasan tentang bab Pesawat Sederhana dan Usaha tersebut untuk siswa kelas beragam ?

Bab ini merupakan bagian dari pelajaran ilmu pengetahuan alam yang ada untuk siswa kelas 8 SMP.

Apakah bisa melihat contoh pesawat sederhana di kehidupan sehari – hari ?

Bisa, dan memang ada banyak contohnya yang dapat kamu perhatikan ada di beberapa benda tertentu.

Artikel Menarik Lainnya: