10 Step Belajar Menjadi Penulis Novel dari Newbie Hingga Pro

Ada banyak penulis sukses di Indonesia, Raditya Dika, Andrea Hirata, Tere Liye dan Pidi Baiq adalah contohnya. Ingin belajar menjadi penulis novel seperti mereka? Ada banyak lho tahapan nya.

Menulis novel dan sukses seperti mereka di atas tentu tidaklah mudah. Raditya Dika menghabiskan banyak waktu bahkan kertas untuk menulis cerita Koala Kumal.

Andrea Hirata butuh waktu lama untuk riset dan cari materi novel Laskar Pelangi hingga novelnya dijadikan sebuah film.

Jika kamu berfikir menulis novel itu hanya tinggal menulis saja, maka kamu perlu pikir ulang. Karena menulis novel bukan hanya soal tulisannya, tapi lebih dari itu lho.

Walau demikian, kamu juga bisa kok belajar menjadi penulis novel bahkan sukses melebihi para penulis di atas. Setidaknya, kamu bisa mulai belajar menjadi penulis melalui 10 tahapan berikut:

1. Pelajari Tentang Novel Secara Detail

Langkah pertama, kamu perlu belajar lebih dalam tentang novel. Ada banyak hal yang mesti kamu pelajari dengan baik ketika akan terjun ke dunia novel.

Hal paling mendasar, kamu harus punya pengetahuan cukup tentang novel. Hal-hal yang harus kamu pelajari ketika akan menjadi penulis novel di antaranya:

  • Pelajari format penulisan novel
  • Belajar membuat outline novel
  • Belajar tata bahasa penulisan novel
  • Pelajari alur penulisan novel
  • Cari tahu dan kumpulkan diksi menarik dari novel, dan
  • Masih banyak lagi

2. Pilih Tema Novel yang Disukai

Setelah itu, kamu harus memilih tema novel yang akan kamu tulis. Tema novel ini penting kamu pilih di awal. Karena akan menentukan minat dan kelangsungan penulisan novel.

Kamu harus pilih tema novel yang kamu kuasai dengan baik. Minimal kamu punya pengetahuan tentang tema novel yang akan kamu tulis tersebut.

Paling mudah, kamu tentukan saja tema novel percintaan (romance) dan keluarga. Di mana kedua hal ini pasti akan kamu alami.

Para penulis novel pemula seperti saya pun memilih tema ini sebagai langkah awal dalam menulis novel. Karena ini akan membantu kita dalam proses penulisan ceritanya.

Syarat wajib dalam memilih dan menentukan tema novel ini, yaitu:

  • Kamu wajib memahami tema tersebut
  • Memiliki pengalaman atau pengetahuan tentang tema yang sudah dipilih
  • Kamu suka dengan tema novel yang kamu pilih

3. Perbanyak Referensi Bacaan Novel

Sebagai seorang penulis, kamu tentu harus punya wawasan yang tinggi terkait dengan gendre novel yang kamu pilih. Kamu harus memperbanyak referensi bacaan kamu.

Kemampuan menulis itu tidak lahir begitu saja, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan hal tersebut adalah dengan membaca dan memperbanyak referensi bacaan novel kamu.

Kamu akan mendapatkan banyak ilmu dari novel karya orang lain. Baik dari penambahan diksi, kosakata, penulisan alur cerita hingga kreativitas kamu juga akan meningkat dengan baik.

Semakin banyak membaca kemampuan berpikir kamu akan meningkat. Pikiran kamu akan lebih terbuka dan akan jauh lebih imajinatif sehingga lebih mudah menulis ide ceritanya.

4. Perkaya Diksi Novel

Langkah penting belajar menjadi penulis novel profesional adalah memperkaya diksi kamu. Semakin baik diksi novel kamu, maka karya tulis kamu akan jauh lebih bagus dong pastinya.

Diksi novel yang kamu akan mempermudah kamu dalam membuat alur cerita novel menjadi lebih menarik, mempermudah menentukan sudut pandang dan arah cerita dalam novel.

Penting kamu lakukan, ketika kamu membaca beragam jenis novel orang lain, coba deh kamu warnai dengan menggunakan stabilo ataupun pensil warna.

Siapa tahu kan ketika kamu nanti menulis novel sendiri, kamu bisa pakai juga diksi tersebut pada novel yang kamu tulis.

5. Belajar Gaya Penulisan Novel

Menulis novel itu sedikit berbeda dengan menulis artikel ataupun jenis buku lainnya. Menulis novel itu harus punya kemampuan story telling yang baik.

Kemampuan story telling ini sangat penting dimiliki oleh seorang penulis novel. Karena bahasa yang digunakan ini harus ilustratif dan mudah dipahami pembaca.

Jika saat ini kamu belum bisa melakukannya, kamu bisa belajar dengan cara berikut:

  • Banyak membaca novel
  • Sering belajar menulis novel
  • Menyukai dunia literasi
  • Menulis setiap hari
  • Menuliskan semua ide yang ada di kepala
  • Jangan berhenti belajar

6. Mulai Menulis Novel

Salah satu bagian penting dari proses belajar menjadi penulis novel profesional adalah “memulai”.

Sebanyak apapun dan sesering apapun kamu belajar, jangan lupa untuk memulai. Mulailah menulis novel dari tema yang sudah kamu tentukan tadi.

Namun ketika kamu mulai menulis novel, jangan asal menulis saja YA. Tapi belajar menulis novel dengan baik.

Buat konsep novel yang menarik agar hasilnya lebih bagus. Proses belajar kamu ini itu harus terencana dengan baik. Agar kamu bisa tahu target kamu ke depannya seperti apa.

  • Buat ouline novel
  • Tentukan waktu menulis
  • Mulai menulis sesuai dengan outline
  • Gunakan data pendukung lain
  • Jangan lupa baca ulang setiap tulisan yang sudah selesai dibuat

7. Sering-Sering Menulis Novel di Media Online

Sekarang ini ada banyak media online yang bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk belajar menjadi penulis novel.

Berbagai platform ini bahkan bisa membayar kamu lho jika tulisan kamu itu memang bagus. Tapi, kalo pun jelek tidak masalah kan kamu niatnya emang belajar dan mengasah kemampuan saja.

Beberapa platform menulis novel online yang bisa kamu gunakan untuk berlatih kemampuan menulis novel kamu di antaranya:

  • Wattpad
  • Innovel
  • Dreame
  • Google Book Search, dan
  • Masih banyak banyak lagi

8. Nikmati Prosesnya

Yang tidak kalah penting, kamu harus menikmati proses belajar itu dengan baik. Karena tidak ada sebuah proses yang akan langsung berhasil. Semua pasti akan GAGAL dahulu dan rasakan pahit dulu.

Dalam menulis novel pun demikian, kamu tidak akan langsung bisa sukses dan bisa jual novel kamu menjadi jutaan copy, kecuali memang HOKI.

Nikmati saja semua prosesnya, jika kamu belum sukses dengan menulis satu buku, maka tulis lagi buku lainnya dengan cerita yang lebih menarik dan lebih fresh.

9. Bergaul dengan Penulis Profesional

Salah satu cara terbaik ketika belajar menjadi penulis novel, kamu harus bergaul dengan penulis novel profesional. Ingat sebuah pepatah “bergaul dengan tukang parfum, kamu pasti akan bau parfum”

Begitu juga ketika kamu gaul dengan penulis, kamu tentu akan dapatkan banyak ilmu menulis. Para penulis itu, pasti tidak akan pelit ilmu.

Mereka pasti mau kok berbagi pengalaman mereka ketika menulis dan membuat cerita novel yang mereka telah buat.

10. Ikut Kelas Menulis

Nah cara belajar menjadi penulis novel paling instan dan paling cepat YA dengan ikut kelas menulis. Di kelas menulis kamu akan diajarkan banyak hal, mulai dari teknis penulisan hingga non teknis.

Bahkan kamu akan diajarkan cara membuat outline novel, cara membuat kalimat pembuka, diksi-diksi novel yang menarik dan hal-hal menarik lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: