Cara Bayar PDAM Lewat ATM Mandiri Beserta Biaya Adminnya

Cara Bayar PDAM Lewat ATM Mandiri Beserta Biaya Adminnya

Cara bayar PDAM Lewat ATM Mandiri itu ternyata mudah banget. Meskipun ini masih merupakan cara bayar yang konpensional tapi masih banyak loh yang menggunakan cara ini. ini membantu bagi kamu yang tidak memiliki m banking atau e-wallet.

Bagi kamu yang belum mengetahui cara bayar PDAM lewat ATM salah satunya ATM BNI. Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai ya akan saya jelaskan secara lengkap mulai dari syarat, biaya admin hingga keuntungannya. Simak sampai akhir ya!

Syarat bayar PDAM lewat ATM Mandiri

Perlu kamu ketahui bahwa cara bayar PDAM itu banyak berbagai metode seperti menggunakan mobile banking, internet banking, SMS banking, e-wallet, e-commerce, hingga ATM.

Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara bayar PDAM lewat ATM Mandiri. Tetapi, sebelum ke tahap cara bayar PDAM tersebut kamu perlu mengetahui apa saja syarat yang kamu harus penuhi agar proses transaksi lancar.

Dan berikut beberapa syarat bayar PDAM lewat ATM Mandiri, diantaranya adalah:

1. Mengunjungi ATM Mandiri Terdekat

Karena pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan cara bayar PDAM lewat ATM Mandiri maka syarat utamanya kamu perlu mengunjungi ATM Mandiri terdekat dengan rumahmu.

Dan bagi kamu yang belum memiliki ATM tentunya perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Bank yang bersangkutan.

2. Memiliki Saldo yang mencukupi

Selanjutnya selain kamu perlu mengunjungi ATM terdekat kamu juga perlu membawa kartu ATM dan juga pastikan kartu tersebut memiliki saldo untuk membayar tagihan PDAM kamu nantinya.

3. Membayar Biaya Admin

Tak hanya saldo untuk nominal pembayaran PDAM lewat ATM Mandiri kamu juga perlu memiliki saldo untuk membayar biaya admin. Jadi, kamu perlu melebihkan saldo yang ada di ATM untuk biaya admin juga.

Kamu tenang saja adminnya cukup terjangkau kok tapi jika nominal kurang maka pembayaran belum bisa dilakukan atau gagal.

4. Mengetahui Kode daerah dan ID Pelanggan

Selanjutnya selain cara-cara di atas kamu juga perlu pastikan jika kamu mengetahui nomor kode daerah dan juga nomor ID pelanggan kamu. Jika kamu merupakan seseorang yang pelupa kamu bisa mencatatnya terlebih dahulu.

Kamu bisa mencatat di kertas dengan cara menyalinnya dengan tulisan atau menyimpannya di darft HP jadi nanti tinggal lihat saja.

Cara Bayar PDAM Lewat ATM Mandiri

Seperti yang telah kamu ketahui bahwasanya cara bayar PDAM ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Meskipun ada banyak cara mudah lainnya namun cara bayar PDAM lewat ATM Mandiri ini masih banyak yang melakukannya.

Ada beberapa alasan mengapa mereka masih menggunakan cara ini pertama karena belum memiliki mobile banking, tidak memiliki e-wallet, paling dekat ke ATM, atau belum mengetahui cara lainnya hingga memilih cara bayar PDAM lewat ATM Mandiri.

Dan kamu yang belum mengetahui caranya kamu bisa simak ini dia beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk caranya, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi ATM Mandiri terdekat yang ada di daerah kamu
  • Selanjutnya kamu bisa masukkan kartu ke ATM kemudian kamu bisa pilih bahasa yang kamu pahami
  • Kemudian setelah itu, kamu juga perlu memilih menu selanjutnya yaitu menu lainnya
  • Setelah itu, kamu bisa pilih menu “Bayar/beli”
  • Kemudian kamu bisa pilih opsi PAM
  • Selanjutnya akan muncul daftaran PDAM daerah akan tampil di sana
  • Kamu bisa klik sesuai dengan nama daerah kamu
  • Dan klik “Ya” untuk menampilkan daftar kode PAM daerah yang kamu butuhkan
  • Selanjutnya kamu masukkan kode PDAM sesuai dengan daerah kamu dan klik benar
  • Selanjutnya kamu masukkan juga nomor ID pelanggan dan klik “Benar” jika sudah selesai
  • Dan lakukan pembayaran dengan tabungan rekening ATM Mandiri kamu
  • Pembayaran tagihan PDAM telah berhasil kamu bisa tunggu beberapa saat hingga muncul struk bukti pembayaran
  • Dan simpan bukti pembayaran tersebut dengan baik sebagai bukti pembayaran yang sah

Biaya Admin Cara Bayar PDAM lewat ATM Mandiri

Selain mengetahui cara bayar PDAM lewat ATM Mandiri kamu juga perlu mengetahui apakah cara bayar ini menggunakan biaya admin? Dan jawabannya adalah iya.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan cara ini kamu akan membayar biaya admin yang akan dipotongkan langsung nanti saat melakukan pembayaran jumlah biaya adminnya yaitu Rp.3.000,- untuk setiap kali transaksi.

Keuntungan Menggunakan Cara Bayar PDAM lewat ATM Mandiri

Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan cara ini yaitu:

  • Bukti transaksi langsung bisa kamu dapatkan
  • Aman dan juga terjamin
  • Biaya admin yang cukup terjangkau
  • Mudah dan cepat
  • Salah satu cara bagi kamu yang tidak memiliki m banking atau aplikasi online

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara bayar PDAM lewat ATM Mandiri beserta syarat dan juga keuntungan yang kamu dapatkan semoga informasi ini dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: