10 Cara Membuat Novel di Laptop, Pemula Wajib Baca Nih!

Cara membuat novel di laptop sangatlah mudah dibandingkan dengan menulis di handphone. Ada dua kategori penulis pemula ada yang sudah memiliki fasilitas seperti laptop dan ada pula yang penulis pemula yang belum memiliki laptop.

Dan mereka hanya mengandalkan handphone. Itu sah-sah saja namun menulis di laptop saya rasa lebih mudah dan tidak akan terganggu dengan chat masuk ataupun tergoda dengan media online lainnya.

Cara Menulis Novel di Laptop Bagi Pemula Langkah Demi Langkah

Berikut ini adalah beberapa cara membuat novel di laptop dengan mudah, khusus bagi kamu yang masih pemula:

1. Pilih Tema Novel yang Menarik

Pemilihan tema dalam pembuatan novel adalah hal pertama yang wajib kamu pikirkan. Pemilihan tema jangan ngasal namun pertimbangkan dengan baik usahakan pilihlah tema yang semenarik mungkin agar meningkatkan peminat pembaca.

Selain itu buatlah outline supaya saat kamu mulai menulis tidak ngeblank dan lupa. Sehingga penulisan pun bisa rampung sesuai dengan target outline kamu.

2. Buka Program Microsoft Word atau Google Doc

Selanjutnya setelah memilih tema dan membuat outlinenya kamu mulai buka aplikasi menulis di laptop kamu. Kamu bisa menggunakan microsoft word ataupun google doc sebagai sarana menulis kamu.

3. Atur Format Penulisan Novel

Berikutnya setelah membuka microsoft word atau google doc kamu mulai bisa mengatur format penulisanya contoh kamu bisa atur dari fontnya misal mau pilih Times New Roman dengan size 12, paragraf justify dan spasi 1,15.

Selain itu kamu bisa mulai menulis kamu bisa mulai dari judul novel di halaman pertama misal size 28, lalu daftar isi, ucapan terimakasih, lalu mulai isi dan dilengkapi dengan sub-sub judul dengan size yang disesuaikan.

4. Buat Layout Naskah Novel yang Rapi

Selanjutnya cara membuat novel di laptop adalah buat layout naskah yang rapi. Layout novel sebetulnya kamu bisa memilih dua cara kamu bisa layout sendiri atau di layoutin oleh penerbit.

Sebetulnya kebanyakan pembuat novel layoutnya di rapihkan sama penerbitnya. Tujuan dari layout itu sendiri agar tampilan tulisan di novel terlihat rapi dan enak di lihat.

Jika kamu ingin layout sendiri caranya cukup mudah kamu kamu bisa atur margin 5a/a4 size layout lalu pilih normal. Cukup mudah bukan ngelayout sendiri.

5. Tulis Judul yang Menarik & Bombastis

Selanjutnya kamu bisa tulis judul yang menarik dan juga menarik perhatian pembaca dengan judul yang bombastis.

6. Buat Pembukaan dengan Sudut Pandang yang Bikin Penasaran

Selanjutnya setelah menentukan judul kamu bisa memulai menulis menggunakan sudut pandang yang membuat orang penasaran. Ada beberapa sudut pandang yang bisa kamu pilih.

Yang pertama sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama, sudut pandang orang kedua dan sudut pandang orang ketiga atau narator.

7. Uraikan Isi & Munculkan Konflik yang Menarik

Setelah mulai menulis dengan menentukan sudut pandang selanjutnya kamu bisa uraikan isi dengan memunculkan konflik yang menarik seperti konflik ketika si pratagonis memiliki masalah dan si antagonis menindas si pratagonis dan sebagainya.

8. Tulis Anti Klimaks dari Cerita yang Kita Ambil

Klimaks adalah puncak atau titik balik cerita namun sebagai penulis pemula kita membutuhkan anti klimaks agar akhir dari konfliks terlihat tidak begitu spontan dan tiba-tiba.

9. Simpan Novel, Jangan Lupa Baca Ulang

Berikutnya simpan novel dan jangan lupa baca ulang siapa tahu ada yang perlu di edit entah itu tyfo atau kata yang kurang pasnya bisa di edit oleh kamu sendiri sehingga naskah yang kamu buat terlihat cukup rapi dan minim pengeditan.

10. Kirim Novel ke Penerbit

Setelah di rasa novelmu sempurna kamu sudah bisa mengirimkan naskahmu ke penerbit yang sudah kamu rencanakan dan biasanya pengiriman naskah novel di lakukan melalui email.

Apakah Menulis Novel Harus di Laptop?

Jika saya disuguhkan pertanyaan seperti ini, maka jawaban saya TIDAK harus. Kenapa? Karena menulis novel itu juga bisa kok dilakukan dengan menggunakan ponsel.

Saya pernah mengulas cara menulis novel di HP pada artikel sebelumnya. Silahkan saja baca, mungkin itu bisa kamu coba juga.

Karena memang ada banyak banget aplikasi menulis novel di android yang bisa kamu gunakan. Bahkan aplikasi tersebut pun juga bisa kita gunakan secara gratis tanpa harus bayar sama sekali.

Kelebihan dan Kekurangan Menulis Novel di Laptop

Nah, sebenarnya menulis novel itu bukan masalah harus di HP atau di laptop nya, tapi di balik itu semua ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing perangkat ini.

Sebelum kamu mulai menulis, alangkah baiknya jika kamu pahami dulu hal ini sebelum menyesal kemudian.

1. Kelebihan Menulis Novel di Laptop

  • Lebih cepat ketika menulis cerita
  • Lebih mudah mengatur layout novel
  • Lebih tertata dengan rapi
  • Lebih profesional

2. Kekurangan Menulis Novel di Laptop

  • Berat harus
  • Harus paham settingan Microsoft Word
  • Harus fasih mengetik 10 jari

Penutup Kata

Cara membuat novel di laptop itu sangat mudah, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan program Microsoft Word. Di sana kamu bisa berkreasi sesuai dengan keinginan kamu.

Kamu bisa melakukan pengaturan naskah seperti pihak penerbit. Kamu juga bisa mengatur dokumen sesuai dengan keinginan pihak penerbit novel.

Tinggalkan komentar