7 Cara Membuat Novel di HP Mudah [Cocok Bagi Pemula]

Ingin membuat novel di HP? Kenapa tidak? Cara membuat novel di HP menurut saya sih cukup mudah. Selama kamu punya keinginan, apalagi punya skill story telling yang bagus, kamu bisa banget bikin novel walau hanya pakai HP.

1 Fashion murah

Kamu hanya perlu membaca artikel ini sampai selesai, kamu akan tahu gambaran jelasnya. Bagaimana cara memulai menulis novel walau hanya menggunakan handphone.

fashion muslim murah

Karena di sini akan saya jelaskan beberapa hal berikut:

  • Cara alternatif untuk membuat novel di HP
  • Tips bikin novel sukses meski hanya modal HP
  • Kelebihan & kekurangan nulis novel di HP
  • Cara sederhana hasilkan uang dari novel yang dibuat

4 point penting ini akan kamu temukan jawabannya di sini. Menurut saya mah udah lengkap banget sih. Biar gak makin lebar pembahasan nya, yuk kita mulai dari poin yang pertama.

7 Cara Membuat Novel di HP Cocok Untuk Pemula

cara membuat novel di hp

Sebenarnya cara ini gak saya rekomendasiin buat kamu yang emang pengen jadi novelis profesional. Saya lebih sarankan, kamu beli laptop atau PC yang murah aja untuk mulai belajar.

Kenapa? Untuk menjadi profesional kita harus mulai dengan cara yang profesional juga. Lho emang kenapa kalo pake HP? Nanti akan saya jelaskan di bagian akhir, untung rugi bikin novel pake HP.

1 Fashion murah

Akan tetapi, ada tapi nya nih. Ketimbang kamu tidak mulai sama sekali, pake HP pun tidak masalah. Pepatah Tokopedia “Mulai aja dulu”.

Nah untuk mulai menulis novel menggunakan HP, kamu bisa gunakan beberapa cara berikut:

1. Manfaatkan Web Novel

Pertama, kamu bisa manfaatkan berbagai platform webnovel gratis yang ada di internet untuk menulis. Kamu hanya perlu modal kuota saja untuk mulai menulis novel di sana.

Beberapa contohnya seperti webovel.com, storial.co, KBM dan berbagai situs komunitas menulis lainnya yang bisa kamu gunakan.

Di sana kamu bisa menulis secara daring di situs mereka secara langsung. Kamu hanya perlu daftar dan buat akun di sana untuk akses semua fitur dan layanan yang mereka berikan.

2. Buat Web Novel Sendiri

Jika kamu tidak mau berkarya dan menulis novel di web novel, kamu juga bisa buat web novel sendiri. Jangan salah membuat blog novel sendiri dengan menggunakan HP pun juga bisa.

1 Fashion murah

Kamu bisa baca tulisan saya tentang ‘cara menulis novel di blog sendiri‘ (klik saja) untuk temukan panduan nya. Panduan tersebut juga bisa kamu pakai walau menggunakan HP.

Namun cara tersebut mengharuskan kamu punya modal lebih banyak. Jika kamu tidak punya modal lebih, kamu bisa manfaatkan platform blog gratisan seperti WordPress.com ataupun Blogspot.

Kamu bisa buat novel blog sendiri secara gratis. Cara buatnya pun sangat mudah kok. Next saya buatkan panduan buat blog novel dengan platform gratisan.

3. Manfaatkan Fitur Notes di HP

Jika kamu tidak punya laptop untuk digunakan sebagai tempat menulis novel, kamu bisa kok manfaatkan fitur notes di HP. Namun karakternya terbatas untuk per 1 notes nya.

Kamu bisa akali saja per 1 file atau per 1 notes kamu buat 1 BAB cerita. Jadi bisa lebih hemat tempat catatan novel kamu di sana.

4. Gunakan Aplikasi Novel

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menulis novel di HP adalah dengan memanfaatkan aplikasi menulis novel. Aplikasi menulis novel ini bisa kamu unduh di Google Playstore ataupun di Appstore.

1 Fashion murah

Tenang aplikasi ini gratis kok, kamu bisa gunakan aplikasi tersebut untuk menerbitkan tulisan kamu di sana. Beberapa contoh aplikasi menulis novel gratis yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

  • Noveltoon
  • Novelme
  • Wattpad
  • Dreame
  • Karyakarsa
  • Joylada
  • Storial.co
  • KBM App
  • WeRead

Di aplikasi tersebut bahkan kamu bisa berkarya menjadi seorang novelis. Kamu berkesempatan untuk menerbitkan cerita yang kamu miliki di sana bahkan bisa jadi sumber penghasilan yang lumayan.

5. Menulis Novel Fans Page Facebook

Salah satu media sosial yang paling enak, ringan dan mudah sekali digunakan adalah Facebook. Facebook punya banyak fitur yang sangat menarik bagi seorang penulis novel.

Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan untuk menulis novel di Facebook adalah fans page. Kamu bisa menuangkan ide cerita yang kamu miliki di sana.

Kamu bisa buat fans page Facebook ini bersifat privat ataupun umum. Di fans page ini kamu bisa ciptakan komunitas pembaca novel yang lumayan besar.

6. Gunakan Google Doc

Cara membuat novel di HP yang ke enam, kamu bisa gunakan aplikasi Google Doc untuk mulai menulis cerita. Ini sama seperti dengan program Microsoft Word di PC.

1 Fashion murah

Kamu bisa gunakan aplikasi ini sebagai tempat menulis cerita. Bahkan kamu bisa tuangkan cerita menjadi ratusan halaman di aplikasi Google doc ini.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Playstore ataupun di Appstore.

7. Aplikasi Microsoft Word

Terakhir kamu juga bisa kok install aplikasi Microsoft Word di HP. Era ponsel pintar, mempermudah segalanya. Menulis novel di Microsoft Word pun bisa kamu lakukan di HP.

Kamu bisa temukan aplikasi Microsoft Word ini di Google playstore ataupun di Appstore secara gratis. Cara menggunakannya pun gak jauh beda dengan MS Word versi desktop.

Di aplikasi MS Word ini kamu bisa menuliskan cerita kamu sesuka hati. Bahkan kamu juga bisa buat desain covernya di sini secara langsung. YA tidak jauh berbeda dengan versi desktop.

Tips Bikin Novel Sukses Meski Modal HP

cara membuat novel di hp

Jika dilakukan dengan benar, meski menggunakan HP kamu bisa kok menjadi seorang novelis sukses walau hanya bermodalkan HP. Jika kamu ingin menjadi seorang novelis sukses walau hanya dari HP, gunakan tips berikut:

1 Fashion murah

1. Jangan Asal Buat Cerita

Jangan kamu anggap bahwa menulis novel di HP itu hanya untuk sekedar iseng. Lakukan dengan benar, jangan asal buat cerita, karena kita gak tahu cerita mana yang akan membawa kita sukses.

Ingat perkataan si mas “Panji Pragiwaksono” stand up komedian. Kata dia “apapun yang lu lakuin, maka lakukan dengan baik, karena itulah yang mengubah gwe sekarang”.

Jadi ceritanya, si mas Panji ini dulunya adalah seorang penyiar radio. Sebagai seorang penyiar radio dia selalu melakukan pekerjaannya dengan baik dan tidak asal-asalan.

Ternyata, dari konsistensi nya itu ada orang yang mendengarkan suaranya dan membawanya menuju kesuksesan seperti yang dia rasakan sekarang.

Kamu juga harusnya demikian, meski membuat novel menggunakan HP lakukan dengan baik. Ingat kesuksesan itu tidak selalu lahir dari kekayaan, meski sukses itu butuh privilage.

2. Lakukan Sepenuh Hati

Apapun yang dilakukan sepenuh hati maka akan membuahkan hasil yang lumayan bagus. Menulis novel menggunakan HP pun jika dilakukan dengan sepenuh hati akan hasilkan karya yang bisa bersaing.

1 Fashion murah

Bahkan saya pun ngurus blog ini saya lakukan dengan sepenuh hati. Meski memang tulisan saya ini gak bagus-bagus amat, sering banget dinyinyirin, di kritik dan masih banyak banget hal gak enak lainnya.

Tapi, itulah proses. Kalo dianggap negatif itu hanya akan jadi beban. Jadikan saja hal-hal semacam itu sebagai proses belajar. Namanya belajar dah pasti banyak gak enaknya.

Lakukan saja dengan sepenuh hati, apapun masalahnya, jika hati kamu udah di sana pasti akan kuat dan selalu siap menghadapinya.

3. Konsisten Menulis

Nah, hal lain yang tidak kalah penting kamu lakukan adalah konsisten. Konsisten lebih mudah membuat orang sukses ketimbang orang yang punya skill tapi gak konsisten.

Istilahnya begini: Orang pintar yang malah akan kalah dengan orang bodoh yang tekun dan rajin.

Hal itu emang bener kok, dalam dunia karier itu emang butuh konsistensi. Semakin konsisten kamu menulis, akan semakin mudah menuju kesuksesan.

1 Fashion murah

Apalagi bagi seorang penulis, pembaca itu ada orang yang lapar akan bacaan. Apalagi bagi novelis, setiap Minggu nya pasti para pembaca novel kamu akan selalu menunggu cerita novel terbaru dari kamu.

4. Jangan Berhenti Promosi

Jangan lupa juga untuk promosi. Semua tulisan yang sudah kamu buat tidak akan ada orang yang membacanya jika tidak kamu promosikan dengan baik.

Agar novel yang sudah kamu buat dengan sepenuh hati tadi bisa dibaca orang, kamu harus mempromosikan nya. Kamu bisa manfaatkan media sosial ataupun maksimalkan SEO blog novel kamu tadi.

5. Dengarkan Masukan Orang Lain

Jangan lupa juga untuk selalu mendengarkan orang lain. Mintalah saran dan kritik dari orang lain terkait dengan cerita yang kamu buat.

Saya adalah tipe orang yang senang jika ada orang yang memberikan masukan. Sekalipun itu kompetitor, kenapa? Masukan inilah yang akan jadi senjata kuat buat kita.

Apalagi jika yang memberikan komentar itu adalah kompetitor kita. Secara tidak langsung ia dengan mengungkapkan sisi lemah dari dirinya dan memberikan 1 power buat kita.

Namun kita nya harus menerima itu dengan lapang dan pikiran yang terbuka. Istilahnya mah gini, lebih baik pura-pura bego di depan orang pintar biar kita ikutan pintar.

Saya pernah denger ungkapan seperti ini “kadang untuk mendapatkan ilmu lebih, kita harus menundukkan hati kita di hadapan orang yang menurut kita lebih rendah”.

Sombong hanya akan membuat kita jauh dari ilmu, rendah hati dan lapang akan membuat kita lebih banyak dapat ilmu. Ketika ada kritikan atau masukan, dengarkan saja.

Kelebihan & Kekurangan Menulis Novel di HP

cara membuat novel di hp

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa menulis novel menggunakan HP itu ada plus (+) dan minus (-). Ini yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mulai.

1. Kelebihan Menulis Novel di HP

Menurut saya, beberapa poin yang jadi kelebihan menulis novel menggunakan HP, yaitu:

  • Lebih simpel gak perlu banyak tempat
  • Bisa nulis dari mana saja
  • Tidak peru ngetik, bisa gunakan aplikasi voice to text untuk mencurahkan semua ide tulisan
  • Banyak aplikasi novel yang bisa dimanfaatkan bahkan kita bisa dibayar langsung

2. Kekurangan Menulis Novel di HP

Sedangkan beberapa kekurangannya, yaitu:

  • Susah saat proses editing
  • Fitur penulisannya yang terbatas
  • Butuh pembiasaan lebih
  • Kurang profesional
  • Tidak cocok digunakan jangka panjang

Cara Hasilkan Uang dari Novel yang Dibuat

cara membuat novel di hp

Nah yang tidak kalah menarik, meski kamu menulis novel menggunakan HP, kamu juga punya peluang untuk mendapatkan banyak uang dari tulisan yang kamu buat.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara melakukannya, berikut saya buka untuk kamu:

1. Ajukan Kontrak di Aplikasi Novel Berbayar

Jika tadi kamu menulis novel di aplikasi premium seperti Wattpadd, Novelme, Noveltoon ataupun lainnya. Kamu bisa ajukan kontrak untuk menjadi penulis premium mereka dan hasilkan uang.

Royalti yang mereka berikan cukup besar kok. Bahkan ada orang yang full time sebagai seorang penulis di beberapa aplikasi novel tersebut. Bukan tanpa alasan, cuannya emang lebih dari cukup.

2. Monetise Blog Novel Kamu dengan Adsense atau Lainnya

Jika kamu menulis novel tersebut di blog sendiri, kamu bisa datangkan uang dengan cara mendaftarkan blog novel kamu tersebut ke situs advertiser seperti Google Adsense, MGID, Adstera dan masih banyak lagi platform lainnya.

Kamu bisa dapatkan bayaran dari iklan yang tampil di halaman blog kamu. Jika kamu sudah punya banyak pembaca di blog yang kamu buat, maka hasilnya pasti lumayan.

Blog saya ini pun cukup lumayan lah untuk cari makan sehari-hari mah walau tulisannya masih pada berantakan.

3. Jualan Buku Novel Premium

Selain itu, kamu juga bisa promosikan buku novel premium. Kamu cetak novel yang sudah kamu tulis tadi kemudian promosikan dan tawarkan ke orang yang suka dengan cerita-cerita yang kamu buat.

Ini jauh lebih mudah digunakan sebagai ladang untuk mencari uang. Bahkan peluangnya cukup besar lho.

4. Buat Serial Novel Berbayar

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan bayaran dari novel yang kamu buat adalah dengan membuat serial novel berbayar. Di aplikasi novel premium, banyak yang menggunakan teknik ini.

Biasanya ceritanya dibuat dalam berbagai seri, namun yang gratis dibaca hanya seri ke 1 dan 2 atau seri 1 saja. Sisanya dibuat berbayar, ini bisa berikan kamu untung lebih.

Akhir Kata

Dar uraian di atas kamu mungkin sudah tahu garis besar bagaimana cara membuat novel di HP. Menulis novel di HP bisa menggunakan aplikasi notes, aplikasi WORD, Google docs dan lain-lain.

Ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa menuangkan tulisan kamu hingga menjadi novel yang menarik walau hanya menggunakan HP.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu