20 Cara Menentukan Tema Novel & Contoh Tema Novel Unik

Tema novel adalah pokok permasalahan yang menjadi inti pembahasan dari sebuah novel. Masalahnya bisa diciptakan sendiri oleh penulisnya.

Cara menentukan tema novel dapat dimulai dengan melakukan serangkaian proses ekstraksi pikiran sendiri melalui berbagai proses. Bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas dalam ataupun luar ruangan.

Tema harus ditentukan terlebih dahulu sebelum penulis mulai membuat outline novel. Hal ini karena tema merupakan 1 dari keseluruhan isi dalam novel.

Jika kita ilustrasikan ke dalam tubuh, tema adalah nyawa yang akan menghidupkan semua bagiannya.

Cara Menentukan Tema Novel

cara menentukan tema novel

Cara menentukan tema novel bisa dilakukan dengan aktivitas berikut.

1. Jalan-Jalan Sambil Bawa Buku Catatan

Ide tidak akan muncul begitu saja, kamu mungkin butuh sedikit waktu di luar rumah untuk menemukan ide tema novel yang menarik.

Di luar ada banyak hal yang bisa kamu temukan. Mungkin salah satunya bisa jadi ide yang keren untuk tema novel yang akan kamu buat.

2. Pelajari Lingkungan Sekitar

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menentukan tema novel adalah dengan mempelajari lingkungan sekitar.

Kadang kita sering mencari ide hingga pergi jauh ke luar rumah bahkan ke luar negeri. Padahal ide itu muncul dari tempat terdekat kita.

Coba deh kamu perhatikan lingkungan sekitar, adakah hal menarik dan unik untuk kamu jadikan tema novel.

3. Cari Kisah Menarik Diri Kamu atau Orang Lain

Jika kamu tidak menemukannya dari lingkungan sekitar, coba deh kamu temukan dari pengalaman kamu sendiri. Apa yang sekiranya menarik dari diri kamu.

Atau mungkin kamu bisa menemukannya di diri orang lain. Seperti teman, sahabat atau bahkan pengalaman tetangga kamu yang mungkin bisa kamu angkat sebagai tema novel kamu.

Ini bisa menjadi salah satu cara yang paling mudah digunakan untuk menentukan tema novel.

Banyak kok novel yang lahir justru idenya berasal dari masalah yang kita miliki sendiri.

4. Coba Baca Buku Cerita Fiksi Orang Lain

Membaca buku kadang bisa mendatangkan banyak ide ketika menulis. Saya sendiri menggunakan cara ini untuk mendatangkan banyak ide ketika akan menulis, termasuk artikel ini.

Salah satu tips menarik yang bisa kamu gunakan untuk menentukan tema novel yang akan ditulis adalah dengan membaca buku atau novel lain.

Namun bukan untuk menjiplak YA.

Kamu bisa baca dan cari ide dari tulisan orang lain. Kadang ide itu lahir dari karya dan tulisan orang.

5. Nonton Film yang Seru

Cara menentukan tema novel lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menonton film.

Nonton film bisa membangkitkan ide dan pikiran kamu yang tertidur. Otak kamu akan terangsang untuk berpikir kembali dan mencari ide menarik.

Di film kamu akan melihat banyak hal, mungkin salah satu kejadian dari film tersebut bisa jadi ide terbaik untuk temukan tema novel yang keren.

6. Cari Masalah yang Sedang Hits

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa menemukan ide tema novel dari masalah yang sedangk hits sekarang.

Coba deh kamu pikirkan, masalah apa yang sedang ramai diperbincangkan sekarang.

Setiap tahunnya pasti akan ada aja sih masalah-masalah seru yang selalu jadi konsumsi publik. Kamu bisa manfaatkan ini sebagai ide novel yang kamu buat.

7. Manfaatkan Internet

Di internet ada jutaan hal baru yang bisa kamu temukan. Jika kamu bingung mencari ide untuk menulis novel yang bagus, kamu bisa gunakan internet untuk menemukan ide tema yang paling good.

Kamu bisa coba cari apa saja di internet untuk menemukan ide yang paling menarik.

Kamu bisa cari di Google Trends, media sosial ataupun grup-grup keren seperti Kaskus, Detik forum dan lainnya.

8. Coba Ngobrol dengan Orang Lain

Jika 7 cara di atas tidak bisa bantu kamu menentukan tema novel yang menarik, kamu bisa coba ngobrol dengan orang lain.

Cari orang yang memang cocok dan paham dengan materi novel. Kamu bisa dapatkan insight yang bermanfaat untuk menemukan tema novel yang bagus.

9. Minta Saran Orang Lain

Gak cuka ngobrol, kamu juga bisa minta saran dari orang lain untuk mencari ide menarik untuk buat novel.

Kamu bisa membuat voting dengan menggunakan akun media sosial kamu baik Facebook, Instagram ataupun di Twitter.

Orang lain pasti punya ide yang random, kamu bisa filter dan pilih tema mana yang menurut kamu paling bagus dijadikan sebagai novel.

10. Cari Ide di Forum Medsos

Media sosial punya banyak hal unik dan menarik. Kamu bisa temukan banyak hal di sana, termasuk ide tema novel.

Kamu tinggal minta saja ide-ide menarik dari para penghuni grup tersebut.

Contoh Tema Novel yang Paling Cocok Bagi Pemula

cara menentukan tema novel

Jika kamu masih bingung cara menentukan tema novel yang bagus dan cocok, berikut ini saya sebutkan beberapa contoh tema novel terbaik bagi penulis pemula.

1. Tema Percintaan

Tema percintaan merupakan salah satu tema yang paling banyak dipilih orang untuk menjadi sebuah novel.

Tema pecintaan seperti Dilan 1990, Mariposa dan ayat-ayat cinta menjadi novel percintaan yang sangat populer bahkan dijadikan sebagai film.

Novel kisah percintaan cepat populer karena biasanya lebih menyentuh dan kadang relate dengan pengalaman pembacanya.

2. Kisah Hidup Sendiri/Orang Lain

Kisah hidup juga bisa dijadikan sebagai salah satu ide menarik untuk dijadikan sebuah novel.

Kisah hidup kamu yang punya nilai histori bisa kamu jadikan sebagia salah atu referensi terbaik untuk dijadikan sebagai sebuah novel.

Kisah hidup sendiri biasanya akan jauh lebih mudah dijadikan novel. Karena kita mengalami masalahnya, jadi lebih mudah menentukan alur cerita dalam novel.

Novel yang diangkat dari kisah sendiri biasanya akan jauh lebih mudah ketika membuat outline novel. Bahkan kadang tidak perlu pakai outline, karena kita alami sendiri kejadiannya.

3. Pengalaman Horor

Cerita horor menjadi salah satu cerita yang menarik untuk jadi bacaan. Lihat saja di Youtube, ada ratusan Youtuber sukses yang mengangkat tema horor sebagai ide konten mereka.

Kamu bisa jadikan pengalaman horor kamu atau orang lain sebagai salah satu ide novel kamu nantinya.

Tidak perlu berasal dari pengalaman langsung juga sih, kamu bisa kok buat karangan fiksi untuk novel horor kamu.

Kalopun harus berasal dari cerita asli, kamu bisa gunakan berbagai cerita orang yang ada di Podcast ataupun Youtube.

4. Tema Hero atau Pahlawan

Spiderman yang sekarang jadi serial film super hero pun awalnya dari cerita sederhana.

Jika kamu penyuka cerita superhero, kamu juga bisa membuat novel dengan tema superhero. Ceritanya bisa di rekayasa bahkan karakter kuatnya pun bisa kamu ciptakan.

5. Tema Komedi

Tema komedi juga menjadi salah satu tema menarik untuk dijadikan sebagai ide novel.

Seperti stand up comedy, mereka menulis materi stand up mirip sebuah cerita kemudian mereka bawakan menjadi sebuah komedi yang di ungkapkan ke publik dengan ekspresi tertentu.

Dalam novel komedi, kamu pun bisa membuat ceritanya. Namun isi novel ini seperti bisa berbicara kepada pembacanya.

Novel memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya. Koala kumal novel karya Raditya Dika pun dibalik dengan sedikit komedi di dalamnya bahkan novel ini sukses di pasaran.

6. Tema Islami

Rasanya novel yang berbau Islami ini masih jarang banget ada, padahal orang Indo adalah orang yang beragama bukan?

Rasanya jika kamu buat novel dengan tema yang Islami, feel nya pasti akan beda deh dari yang lain.

Karena akan jadi pembeda antara novel kamu dengan yang lainnya.

Siapa tahu hal unik dan menarik kaya gini tuh bisa buat kamu sukses nantinya.

7. Tema Petualangan

Novel “5 cm” adalah karya Donny Dhirgantoro yang menceritakan tentang perjalanan 5 sahabat. Gunung Semeru menjadi topik utama dalam novel ini.

Bukan hanya sukses di novelnya saja, ketika diangkat menjadi sebuah film, novel ini pun makin sukses di industri film Indonesia.

Anak millenial mana sih yang gak tahu film dan novel 5 cm ini. Kamu bisa juga pakai tema petualangan ini untuk garapan novel kamu sekarang.

8. Tema Keluarga

Salah satu film sukses sekarang yang juga diangkat dari novel adalah film “layangan putus”.

Novel ini bercerita tentang keluarga. Bukan hanya novelnya, tapi filmnya juga sukses.

Novel dengan tema keluarga juga bisa menjadi salah satu ide yang menarik untuk kamu gunakan. Misalnya, keluarga yang terbuang, hancurnya keluarga kuncoro dan lain sebagainya.

9. Tema Teknologi

Salah satu contoh tema novel yang juga bagus dan cocok kamu gunakan adalah dengan tema teknologi.

Banyak kan film-film action yang sukses dengan cerita teknologi. Kamu bisa buat novel bertema tekologi masa depan yang super canggih.

Novel bertema teknologi itu akan lebih ilustratif karena pembaca akan membayangkan bagaimana situasi masa depan.

Dikatakan sebagai ide novel yang bagus karena, orang cenderung akan lebih ekspresif ketika bicara teknologi masa depan. Mereka selalu antusias.

10. Tema Jaman Kerajaan/Klasik

Walau dibilang kuno dan gak kekinian, novel dengan cerita klasik kadang menjadi salah satu novel yang juga banyak penggemarnya.

Seperti membaca dongeng, novel dengan tema klasik ini akan memberikan ilustrasi yang juga menarik bagi pembaca-pembacanya.

Nah, sampai sini sudah paham bagaimana cara menentukan tema novel yang bagus dan menarik? Saya berikan daftar contoh tema novel agar kamu dapatkan referensi tambahan.

Jika ada pertanyaan yang mungkin masih belum kamu pahami dari artikel ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar YA.

Tinggalkan komentar