Cara Menulis di Webnovel Bagi Pemula & Hasilkan Uang!

Cara menulis di webnovel dimulai dengan menuliskan ide cerita dalam bentuk novel yang menarik untuk dibaca. Jika ide kamu tertuang dalam cerita yang menarik maka kamu juga bisa mendapatkan cuan loh.

Oleh karena itu, lakukan beberapa langkah membuat webnovel dengan cara yang tepat agar hasil tulisanmu bagus sehingga diminati oleh banyak pembaca.

Apa Itu Webnovel?

Webnovel merupakan jaringan situs yang menerbitkan cerita bergenre fiksi dalam bentuk novel.

Lewat jaringan ini, para penulis juga dapat menerbitkan bukunya. Bahkan, keuntungan lainnya, penulisan dapat memperoleh cuan loh.

Cara Menulis di Webnovel Bagi Pemula

Adapun cara untuk menulis di webnovel bagi pemula yang harus kamu tahu, yaitu:

1. Membuat Ide Cerita

Pertama, silahkan tuliskan ide cerita yang akan kamu buat. Pastikan ide cerita tersebut memuat tema yang sudah kamu kuasai. Dengan begitu maka kamu tidak akan kehabisan kata-kata saat menulis cerita.

Pastikan, ide atau tema cerita yang kamu buat benar-benar menarik sehingga dapat membuat orang lain tertarik untuk membaca cerita yang kamu buat.

Dengan begitu, disarankan untuk tidak membuat cerita dengan tehnik yang penting menulis.

2. Menciptakan Tokoh

Berikutnya, penulis juga harus menciptakan tokoh dengan karakter yang unik dan menarik. Dengan begitu maka isi cerita yang kamu buat juga akan menarik untuk dibaca.

Pastikan kamu juga menggambarkan tokoh dengan dua karakter yaitu tokoh antagonis dan tokoh protagonis.

Jika kedua karakter ini sudah lengkap ada, maka cerita novel yang kamu buat sudah pasti menarik untuk dibaca orang lain.

3. Buat Kesan Menarik di Awal Cerita

Di awal cerita umumnya berupa pengenalan tokoh, dan latar cerita. Sebaiknya, kamu buat kesan yang menarik di awal cerita tersebut.

Hal tersebut bertujuan agar pembaca tertarik untuk membaca webnovel sampai ke akhir cerita.

Jadi, kamu tidak hanya menyebutkan nama tokoh dan latar saja, tetapi sisipkan juga sedikit gambar kejadian cerita yang menarik. Atau bisa juga menggambarkan sedikit karakter tokoh dalam novel.

Dengan begitu maka pembaca akan merasa penasaran dengan cerita novel yang akan kamu sampaikan di bagian selanjutnya.

4. Tentukan Konflik Cerita

Kamu juga harus menuliskan webnovel dengan konflik cerita yang menarik. Biasakan, membuat konflik yang tidak mudah untuk ditebak sehingga pembaca akan penasaran dengan isi cerita dalam webnovel tersebut.

Konflik merupakan inti dari isi cerita, tentu saja tanpa adanya konflik maka cerita novel menjadi hambar.

Oleh karena itu, pastikan kamu menyampaikan konflik cerita dengan sangat detail dan jelas.

Di akhir konflik, kamu juga pastikan menuliskan pesan yang ingin disampaikan berupa nilai moral atau pesan apapun yang bermanfaat untuk pembacanya.

5. Unggah ke Webnovel

Sekarang ini, sudah banyak webnovel di internet maka kamu dapat langsung mengunggah cerita yang sudah ditulis langsung ke webnovel. Nah, pastikan tulisanmu sudah benar-benar terunggah.

6. Update Secara Berkala

Setelah kamu berhasil mengunggah cerita ke situs webnovel maka jangan lupa untuk melakukan update cerita secara berkala. Pastikan, hasil tulisan kamu semakin bagus sehingga semakin banyak orang yang ingin membaca tulisanmu.

Cara Hasilkan Uang dari Webnovel

Berikut ini beberapa cara untuk menghasilkan uang dari webnovel yang cukup mudah untuk kamu lakukan.

1. Menulis Cerita

Pertama, buatlah cerita novel yang semenarik mungkin dari segi tema, tokoh, latar, dan unsur intrinsik yang lainnya. Jika cerita novelmu memang menarik maka bukanlah suatu hal yang sulit untuk menghasilkan uang dari webnovel.

Semakin banyak orang yang membaca hasil tulisanmu itu maka akan semakin banyak pula uang yang akan kamu dapatkan.

Oleh karena itu, sebelum kamu mengunggah tulisanmu ke dalam situs webnovel, pastikan bahwa tulisanmu memang sudah berkualitas bagus.

2. Mengunggah Cerita

Setelah menulis cerita maka kamu dapat melanjutkan mengunggah ceritanya ke situs webnovel. Cara mengunggahnya cukup mudah, kamu dapat membuka situs web novel kemudian ikuti instruksi yang tersedia.

3. Mengupdate

Setelah mengunggah cerita ke situs web novel, maka jangan lupa untuk mengupdate ceritanya selama seminggu atau dua minggu sekali.

Kamu dapat mengupdate bagian cerita yang dianggap memang perlu diperbaiki.

Atau kamu juga dapat mengupdate bagian kalimat efektif, penggunaan tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan yang lainnya.

4. Membagikan Ke Media Sosial

Untuk menghasilkan cuan dari situs webnovel maka kamu harus berusaha membagikan ceritanya ke berbagai akun media sosial. Dengan begitu maka akan semakin banyak orang yang membaca cerita yang sudah kamu tulis.

Semakin banyak orang yang membacanya maka akan semakin banyak pula cuan yang bisa kamu dapatkan.

5. Kerjasama dengan Pihak Webnovel

Terakhir, untuk mendapatkan cuan dari webnovel maka kamu harus melakukan kerjasama terlebih dahulu dengan pihak webnovel.

Apabila sudah ada kontrak diantara kamu dengan pihak webnovel maka akan memberikan kemudahan untukmu mendapatkan cuan dalam jumlah yang cukup banyak.

Artikel Menarik Lainnya: