5 Cerpen Singkat Bermakna Tentang Kehidupan & Sekolah

Ingin buat cerpen tapi bingung mau mulai dari mana? Ini adalah kumpulan contoh cerpen singkat bermakna yang bisa kamu tiru dan jadikan bahan referensi untuk membuatnya.

1 Fashion murah

Beberapa contoh cerpen ini adalah karya saya sendiri ya bukan hasil comot hehe. Jadi kalo ceritanya sedikit ngawur atau kurang menarik maklumin ya.

fashion muslim murah

Apa Itu Cerpen?

Secara definisi, cerpen atau cerita pendek merupakan sebuah karangan pendek yang menceritakan seorang tokoh dengan karakternya dan konflik tertentu.

Cerpen bersifat fiksi, namun kadang juga ceritanya memang terjadi dalam dunia nyata. Namun kebanyakan ceritanya dibuat secara fiktif atau karangan.

Cerpen menyuguhkan konflik tertentu hingga ke penyelesaian masalahnya. Bentuk cerpen ini ceritanya sangat pendek, biasanya tidak lebih dari 10 ribu kata.

Ceritanya ditulis secara ringkas dan singkat. Namun meski demikian, inilah yang membuat orang menyukai cerpen ketimbang buku cerita lainnya.

1 Fashion murah

Struktur Penulisan Cerpen

Cerpen ditulis dengan menggunakan struktur tertentu yang membuatnya bisa sangat menarik dan nyaman ketika dibaca. Struktur ini pula yang membuat novel terasa lebih ngalir ceritanya.

Adapun struktur penulisan novel ini, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Abstrak

Tidak semua cerpen memiliki abstrak. Namun ini sangat penting karena akan memuat ringkasan tersurat dari cerpen yang dibuat. Isinya singkat, namun menjelaskan semua alur dalam cerita.

Abstrak berada di bagian paling depan dari cerpen yang dibuat. Harapannya, agar pembaca mendapatkan clue dari cerita yang ditulis.

2. Orientasi

Orientasi juga merupakan bagian awal dari cerita yang memperkenalkan tokoh dan latar yang ada dalam cerita. Ini menjadi bagian awal pembaca akan mengenal siapa tokoh dalam cerpen.

3. Konflik

Pada bagian ini, tokoh utama akan mengalami masalah atau konflik. Ini menjadi bagian paling menarik dalam cerita. Karena pembaca akan melihat bagaimana tokoh utama berhadapan dengan konflik.

1 Fashion murah

4. Evaluasi

Pada bagian ini, masalah yang dialami tokoh utama akan mereda dan akan segera menemukan titik terang.

5. Solusi

Pada bagian ini tokoh utama akan mendapatkan solusi dari masalah yang ia hadapi. Di bagian ini pula pembaca akan dapat menemukan pesan akhir dari ceritanya.

Cerpen Singkat Bermakna

Buat kamu yang tertarik dan pengen tahu contoh cerpen singkat bermakna, berikut ini adalah contohnya:

1. Cerpen Singkat Tentang Kehidupan

KUASANYA

Arman dan Siti merupakan suami istri yang bahagia dan harmonis mereka telah 2 tahun menikah. Mereka sangat menikmati masa-masa pacaran setelah menikah.

Mereka menikah di usia yang cukup dewasa yaitu Armah 45 tahun dan Siti 38 tahun. Semasa dua tahun terakhir ini mereka terganggu dengan pertanyaan pertanyaan yang dilontarkan oleh sanak keluarga. Seperti.

1 Fashion murah

Udah ngisi belum?

Emang nikah usia berapa?

Wah, ketuaan itu?

Jangan-jangan mandul? Udah promil belum?

Cepat cek ya takutnya ada apa-apa nanti?

Pernikahan yang awalnya adem ayem harmonis dan bahagia. Pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat mereka berpikir keras dan membuat rumah tangga jadi tidak sehat.

1 Fashion murah

Pertanyaan tersebut memang jadi toxix yang cukup membuat mental pasangan itu menjadi lemah. Namun mereka saling menguatkan diri dan pasangan bahwa anak adalah rezeki dari Allah.

Maka memintalah kepada sang mah pemberi. Kodarullah ternyata 4 tahun pernikahan di usia Siti yang mencapai 41 tahun dan di bilang sudah tak muda lagi. Mereka di karuniai seorang putra dan putri kembar.

Janganlah mendahului Allah kita tidak mengetahui takdir seperti apa yang akan orang lain jalani. Jangan jadi toxix negatif bagi pasangan yang memang sedang menanti kehadiran buah hati.

Jadilah muslimah yang enggak nyebelin, jaga ucapan dan juga perbuatan. Hindari hal yang dapat merusak mood orang lain atau membuat orang lain down dengan perkataan kita.

2. Cerpen Singkat Tentang Sekolah

SEMUA ANAK CERDAS
Dia bernama Tito, Tito merupakan anak yang paling bodoh di kelasnya berbeda dengan teman yang lainnya. Sudah 9 tahun usianya namun belum bisa membaca. Mengahafal huruf Alfabet pun Tito susah ingat dan gampang lupa.

Dia lebih suka bermain yang tidak jelas di bandingkan mendengarkan perkataan gurunya yang sedang mengajar. Sudah beberapa surat peringatan di layangkan kepada orang tua Tito.

1 Fashion murah

Dan beberapa kali pindah sekolah karena pihak sekolah mengeluhkan bahwa Tito anak yang nakal dan bodoh. Membuat orang tua Tito sering memarahi anak keduanya tersebut.

Tito merupakan anak bungsu dari dua bersaudara, kakaknya bernama Irwan. Irwan merupakan anak yang cerdas dan sangat patuh terhadap orang tua. Tito selalu di banding-bandingkan dengan kakaknya tersebut.

Ayah: “kamu tiru dong kakakmu itu Tito, rajinlah belajar agar menjadi pintar.”
Bentak ayahnya.
“Ayah cape terus mendidik kamu tidak ada kemajuan” karena kamu bodoh tidak ada lagi sekolah yang mau menerimamu.”Bentaknya lagi.

Tito hanya menunduk dan menangis. Dalam hatinya kenapa ia terlahir begitu bodoh. Dia tidak menyukai cara guru mengajar.

Dan terjadilah kesepakatan antara ayah dan ibu Tito bahwa mereka akan menyekolahkan Tito di asrama saja. Agar Tito setiap waktu di awasi oleh gurunya.

Dan di asramalah Tito menemukan seorang guru yang cocok dengannya. Dia mengetahui bahwa Tito bukanlah anak yang bodoh melainkan Tito anak Penderita ADHD dan jika di stimulus dengan cara yang baik maka kecerdasanya sangat luar biasa.

1 Fashion murah

Terbukti setelah setengah tahun belajar di asrama Tito menunjukan perkembangan yang sangat bagus dia bisa membaca, menulis, bahkan menjadi pelukis dan memenangkan beberapa perlombaan melukis.

Baca juga: Kumpulan Cerpen Asma Nadia Islami

3. Cerpen Singkat Tentang Corona

5000 RUPIAH
Yanto terduduk lemas di pinggir trotoar sambil memegangi amplop surat dan 15 lembar uang kertas berwarna merah. Di tatapnya surat PHK tersebut sembari berkaca-kaca.

Ya, barusan pabrik Yanto mem PHK setengah karyawannya karena pandemi omset di pabriknya menurun drastis sehingga terpaksa memberhentikan sebagian pegawainya. Dan Yanto salah satunya.

Dia sangat bingung bagaimana kehidupan istri dan bayi merahnya selama sebulan kedepan mungkin uang ini akan sangat membantu. Tapi berikutnya, dia mencoba berdamai dengan keadaan dan mencoba untuk berdiri.

Tanpa di sadari ada seorang tukang becak yang sedari tadi memperhatikannya. Ada apa nak? Dia bertanya. Yanto hanya tersenyum dan mencoba mengajak bapak itu mengobrol.

1 Fashion murah

Dari obrolan tersebutlah Yanto tahu, ternyata bapak becak itupun sedari tadi pagi sampai sore dia narik becak hanya mendapatkan uang 5000 rupiah.

Dan bapak tersebut sangat bersyukur karena bisa membeli setengah leter beras untuk mengganjal perut ia dan keluarganya. Yanto pun mulai malu dengan hal tersebut mengapa dia begitu risau untuk kehidupan selanjunya.

Sedangkan dia punya Tuhan sang maha pemberi rezeki. Dia lupa bersyukur atas nikmat hari ini seperti bapak penarik becak tersebut.

4. Cerpen Singkat Tentang Cinta di SMA

BENCI JADI SAYANG
Aku Harun aku siswa SMA Negri Juara. Aku menyukai seorang gadis yang begitu menggoda pikiranku saat ini. Dia cantik, sederhana dan juga lugu. Namun aku malu untuk mengungkapakan perasaaku. Kenapa?

Dulu saat masih SD aku sering membuli seorang anak perempuan karena penampilannya yang enggak banget.

Baju seragam kebesaran yang kerahnya hampir melewati leher, warna merah bajunya kusam, roknya yang di kasi peniti sehingga terlihat enggak rapih karena tidak sesuai dengan ukurannya.

Bukan itu saja dia kadang ada bekas ingus kering di sebagian pipinya yang melebar sampai telinga. Membuat aku jijik dan pernah membentak dan menertawainya. Dan gadis itu bernama Dara.

Semasa SMP penampilannya mulai berubah dia bukan gadis kucel lagi, kulitnya sudah sedikit bersih dan pakaiannya sudah hampir sama dengan siswa lainnya.

Dan akupun mulai tertarik untuk terus melihatnya. Ternyata dulu bibirnya yang terlihat tebal itu ternyata sekarang itu merupakan bibir yang seksi, bulu mata lentiknya secara alami dan mata itu.

Mata yang dulu selalu menatapku takut sekarang bersinar seakan menghipnotis. Apalagi masa SMA sekarang dia menjadi wanita idaman para pria di sekolah aku tak mau kalah ingin mendapatkannya.

Namun, pembuliannya waktu kecil dahulu masih terekam jelas di benaknya dan itu membuat harapanku hilang. Dan membuat nyaliku ciut untuk mendekatinya.

Perasaan ini perasaan benci jadi menjadi sayang. Mengapa pembulian selalu terjadi. Padahal kita tidak akan pernah tahu nasib dan jalan hidup seseorang.

Baca juga: Resensi Cerpen Jendela Rara Karya Asma Nadia

5. Cerpen Singkat Tentang Kenakalan Remaja

HUJAN ITU SAKSINYA
Arini bertaruhan dengan temannya yaitu Dewi dan Tita. Siapa yang berhasil mendapatkan guru Irfan akan mendapatkan Iphone terbatu. Mereka siswi kelas sebelas IPA di SMA Pertiwi.

Ada seorang guru masih lajang dan mengajar di sana. Dan merupakan guru yang cukup tampan. Saat pulang sekolah ternyata terjadi hujan deras dan Arini mulai menjalankan aksinya.

Dia berpura-pura datang ke kontrakan Pak irfan dengan menangis tersedu meminjam uang 5 juta rupiah.

Arini dengan berpakaian sekolah yang basah kuyup mulai menggoda pak irfan dan terjadilah kejadian yang tidak mereka harapkan. Arini berhasil memenangkan taruhan tersebut. Meski tubuhnya di pertaruhkan.

Hujan telah menjadi saksi pasangan yang tidak halal itu melakukan maksiat.
Setelah beberapa minggu kemudian.

“Selain dapat uang dapat Iphone dan dapat cowok keren “
Itulah percakapan yang pak Irfan dengar saat berjalan melewati kantin. Lalu pak Irfan muncul dengan wajah memerah namun berlalu dengan begitu saja. Membuat hati Arini tidak enak.

Setahun dari kejadian tersebut Arini telah lulus dan mereka tak sengaja bertemu lagi di sebuah toko kelontong. Namun ada yang berbeda dengan Arini dia memakai hijab dan tak mau menatap pak Irfan lagi.

Setelah berbicara dari hati ke hati mereka mulai terbuka dengan kejadian kelam itu ternyata Arini setelah kenakalan SMA nya tersebut mengalami trauma selalu terbayang hal yang memalukan tersebut membuat Arini membatasi diri dari orang lain.

Pak Irfan pun mengakui kesalahannya dan mengajak Arini untuk menikah. Dan akhirnya merekapun menikah. Dan mulai memaafkan satu sama lain dan memperbaiki diri lebih baik lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu