√ 8+ Ciri Buku Nonfiksi, Contoh dan Penjelasannya [Lengkap]

By

Untuk bisa mengidentifikasi buku nonfiksi dengan baik, maka kamu harus tahu dulu ciri ciri buku nonfiksi. Jika kamu sudah paham apa saja ciri dari buku non fiksi, maka kamu akan dengan mudah membedakan buku nonfiksi dan jenis buku lainnya.

Secara umum, buku dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu buku fiksi dan buku nonfiksi. Kedua jenis buku ini memiliki banyak macamnya. Kamu bisa mengetahui macam-macam buku nonfiksi dan buku fiksi di artikel saya sebelumnya.

Setiap jenis buku ini memiliki ciri dan karakteristik tertentu yang menjadi pembeda antara buku yang satu dan buku lainnya. Nah, buat kamu yang belum tahu apa saja ciri-ciri non fiksi, artikel ini akan berikan penjelasannya.

Ciri Ciri Buku Nonfiksi

Jika dilihat dari ciri-cirinya, buku nonfiksi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Bersifat Fakta

Salah satu ciri utama yang dimiliki oleh buku nonfiksi isinya bersifat fakta. Buku ini dibuat dari kejadian nyata atau benar-benar terjadi dalam dunia nyata bukan hanya karangan semata.

Kamu bahkan bisa menemukan fakta yang sebenarnya di dunia sebenarnya. Selain itu, banyak saksi yang melihat dan bisa membuktikan kebenaran dari apa yang ada di dalam buku nonfiksi tersebut.

Buku nonfiksi ini bis juga bersifat fakta ilmiah atau bersifat ilmu pengetahuan yang dibuat oleh orang yang kompeten dibidangnya.

Buku nonfiksi tidak bisa sembarangan dibuat. Perlu kajian ilmu dan referensi yang kuat untuk bisa membuat dan menyusun sebuah buku nonfiksi. Bahkan orang yang membuatnya juga harus memiliki standar keilmuan sesuai dengan yang ditulisnya.

2. Ditulis dengan Bahasa Denotatif

Ciri kedua yang dimiliki oleh buku nonfiksi adalah bahasa penulisannya menggunakan bahasa denotatif.

Bahasa denotatif ini merupakan bahasa penulisan kalimat yang ditulis berdasarkan kajian yang sebenarnya atau benar-benar ada dan terjadi tanpa ada rekayasa kata.

Buku nonfiksi ditulis dengan menggunakan gaya bahasa denotatif yang mengedepankan bahasa ilmiah dan tanpa ada rekayasa kata di dalamnya.

3. Memberikan Informasi Baru atau Penyempurnaan

Ciri buku nonfiksi lainnya adalah memberikan informasi baru atau berupa penyempurnaan penemuan lama yang disajikan dengan data baru. Pembaca bisa mendapatkan ilmu baru atau tambahan referensi baru dari informasi lama yang didapatkannya.

Buku nonfiksi akan memberikan informasi ilmiah dari hasil penelitian baru atau mengungkap fakta baru dari data atau riset ilmiah yang lama.

Namun jika berupa informasi penyempurnaan, maka bahasa yang digunakan adalah dari sudut pandang yang berbeda dari informasi sebelumnya.

Sehingga pembaca benar-benar akan mendapatkan tambahan ilmu baru dari data lama atau bahkan berupa data fresh dari penelitian yang baru dilakukan.

4. Ditulis dengan Metode Ilmiah

Buku nonfiksi adalah jenis buku yang menyajikan fakta baru atau lama yang bersifat ilmiah sehingga bisa memberikan wawasan baru kepada pembacanya. Maka dari itu, salah satu ciri buku nonfiksi itu adalah gaya bahasanya menggunakan gaya bahasa yang ilmiah.

Setiap pembahasannya ditulis berdasarkan data dan hasil riset keilmuan. Sehingga setiap pembaca benar-benar dapat mengambil ilmu baru dari buku tersebut.

Namun sedikit berbeda dengan jenis karya ilmiah, buku nonfiksi ditulis dengan lebih santai dan formatnya tidak baku seperti karya ilmiah.

5. Menggunakan Bahasa yang Baku

Ciri lainnya yang bisa kamu pahami dari buku nonfiksi adalah dari segi bahasa yang digunakan. Di mana buku nonfiksi dini ditulis dengan menggunakan gaya bahasa ilmiah yang kadang dalam beberapa katanya tidak kita pahami dengan baik.

Kadang kita membutuhkan referensi lain untuk memahami isi dari kata-kata yang ditulis pada buku nonfiksi tersebut. Bahkan hampir banyak istilah-istilah keilmuan yang kadang tidak dapat dipahami secara langsung.

Kamu akan menemukan banyak sekali istilah-istilah ilmiah dalam buku nonfiksi. Apalagi jika buku nonfiksi tersebut yang menceritakan tentang ilmu pengetahuan yang bersifat kompleks.

6. Isi Ceritanya Bisa Dibuktikan

Ciri buku non fiksi lainnya adalah ceritanya bisa dibuktikan secara langsung dan bisa kamu lihat secara langsung di dunia nyata.

Buku nonfiksi adalah buku yang mengungkap fakta berdasarkan keilmuan. Jadi isi didalam buku tersebut bisa kammu buktikan kebenarannya dengan baik.

Bahkan tanpa kamu lakukan pengujian sekalipun, kamu bisa melihat fakta yang sebenarnya dari cerita yang ada di dalam buku nonfiksi tersebut.

7. Ditulis Oleh Orang Khusus

Buku nonfiksi tidak bisa ditulis oleh orang sembarangan. Penulis buku nonfiksi harus orang yang kompeten dan benar-benar memahami dengan baik masalah yang ditulisnya serta bisa bertanggung jawab secara keilmuan dari apa yang ditulisnya.

Penulis buku nonfiksi harus memiliki pemahaman yang cukup akan apa yang ditulisnya agar tidak menimbulkan pemalsuan ilmu pengetahuan yang bisa menyesatkan pembaca karena memberikan pengetahuan palsu.

8. Memberikan Informasi Keilmuan

Ciri buku nonfiksi lainnya adalah memberikan informasi keilmuan bukan hanya sekedar dongeng dan cerita biasa. Buku nonfiksi penuh dengan ilmu dan bisa memberikan wawasan kepada pembacanya.

Buku nonfiksi akan memberikan edukasi kepada setia pembaca. Setiap orang yang membaca akan mendapatkan ilmu dari apa yang dibacanya.

9. Uraiannya Tersusun Seperti Karya Ilmiah

Walau tidak disusun seperti karya ilmiah, namun sebagian besar uraian materi yang ada pada buku nonfiksi memiliki kemiripan dengan karya ilmiah.

Contoh Buku Non Fiksi

Agar kamu lebih paham dengan ciri ciri buku nonfiksi, berikut ini saya tuliskan beberapa contoh buku nonfiksi lengkap dengan pengarang dan harga bukunya:

1. Buku Otobiografi

Buku otobiografi adalah jenis buku yang menceritakan tentang diri sendiri secara benar dan runtut. Biasanya orang yang membuat otobiografi itu adalah orang yang memiliki pengaruh besar atau tokoh, seperti presiden, wakil presiden, menteri, tokoh ulama ataupun yang lainnya.

Jika kamu berangkat ke Gramedia, Mizan ataupun toko buku lainnya, maka kamu akan menemukan banyak sekali buku otobiografi. Adapun beberapa contoh buku otobiografi yang paling ternama adalah:

  • Untuk Negeriku: Sebuah Otobiografi Muhammad Hatta

Ini adalah salah satu jenis contoh buku nonfiksi paling populer di Indonesia yang menceritakan kisah perjalanan Muhammad Hatta Seorang wakil presiden Indonesia yang pertama. Beliau menuliskan kisah perjalanan karir politik dan perjalanan hidupnya menjadi sebuah buku.

ciri buku nonfiksi
Sampul Buku: Untuk Negeriku: Sebuah Otobiografi Muhammad Hatta
JenisKeterangan
Jumlah Halaman808 Halaman
Tanggal Terbit20 November 2001
BahasaIndonesia
Berat0.5 Kg
Lebar15.0 cm
Panjang23.0 cm
PenulisMuhammad Hatta
HargaRp.149.000,-
Tabel Informasi buku: Untuk Negeriku: Sebuah Otobiografi Muhammad Hatta
  • Wartawan Jadi Pendeta: Sebuah Otobiografi

Selain buku otobiografinya Muhammad Hatta, salah satu jenis buku nonfiksi (otobiografi) yang juga ternama adalah buku yang berjudul “Wartawan Jadi Pendeta: Sebuah Otobiografi”.

JenisKeterangan
Jumlah Halaman404 Halaman
Tanggal Terbit17 Mei 2013
BahasaIndonesia
Berat 0.30 Kg
Panjang0
Lebar0
PenulisPutu Setia
HargaRp.70.000,-
Tabel Informasi Buku: Wartawan Jadi Pendeta: Sebuah Otobiografi

2. Buku Biografi

Buku biografi adalah sebuah buku yang menceritakan tentang sebuah riwayat baik riwayat orang penting ataupun sebuah penyakit dan lainnya. Salah satu contoh buku nonfiksi biografi adalah buku “Kanker: Biografi Suatu Penyakit”.

Buku ini ditulis oleh Siddhartha Mukherje yang merupakan seorang pakar ahli kesehatan yang menceritakan tentang sejarah kanker secara detail dan lengkap.

ciri buku nonfiksi
Sampul Buku: Kanker: Biografi Suatu Penyakit
JenisKeterangan
Jumlah Halaman680 Halaman
Tanggal Terbit11 Mei 2020
BahasaIndonesia
Berat0.5 Kg
Panjang15.0 cm
Lebar23.0 cm
PenulisSiddhartha Mukherje
HargaRp.185,-
Tabel Informasi Buku: Kanker: Biografi Suatu Penyakit

3. Buku Motivasi

Buku motivasi adalah buku nonfiksi yang memberikan kajian psikologi agar bisa meningkatkan mood dan semangat menjadi lebih baik. Buku motivasi dapat mempengaruhi emosi seseorang menjadi lebih baik.

Salah satu buku motivasi ternama di Indonesia adalah buku “Inspirasi dan Motivasi Bob Sadino”. Buku ini berisi motivasi dan inspirasi dari Bob Sadino, seorang pebisnis sukses di Indonesia yang memiliki banyak sekali perusahaan.

ciri buku nonfiksi
Sampul Buku: Inspirasi dan Motivasi Bob Sadino
JenisKeterangan
Jumlah Halaman192 Halaman
Tanggal Terbit06 Maret 2020
BahasaIndonesia
Berat 0.171 Kg
Lebar14.0 cm
Panjang20.5 cm
PenulisIrma El-Mira
HargaRp.48.000,-
Tabel Informasi Buku: Inspirasi dan Motivasi Bob Sadino

4. Buku Pelajaran Sekolah

Buku pelajaran sekolah juga termasuk salah satu contoh buku nonfiksi. Buku ini disebut sebagai buku nonfiksi karena memiliki salah satu ciri buku nonfiksi yaitu bersifat ilmiah.

Buku pelajaran sekolah merupakan karya ilmiah yang bertujuan memberikan informasi ilmu pengetahuan. salah satu contoh buku nonfiksi pelajaran sekolah adalah buku “SMP/MTs Kelas IX IPA Biologi”.

ciri buku nonfiksi
Sampul Buku: SMP/MTs Kelas IX IPA Biologi
JenisKeterangan
Jumlah Halaman160 Halaman
Tanggal Terbit18 April 2019
BahasaIndonesia
Berat0.275 Kg
Lebar17.5 cm
Panjang25 cm
PenulisTim Abdi Guru
HargaRp.75.000,-
Tabel Informasi Buku: SMP/MTs Kelas IX IPA Biologi

5. Buku Kesehatan

Buku kesehatan adalah jenis buku nonfiksi yang berisi tentang informasi masalah kesehatan tubuh. Buku ini harus ditulis oleh orang yang paham dengan baik akan hal tersebut karena menyangkut keselamatan dan kesehatan pembacanya.

Buku kesehatan disebut buku nonfiksi karena memiliki salah satu ciri buku nonfiksi yaitu ditulis degan menggunakan bahasa denotatif dan bersifat ilmiah. Salah satu contoh buku nonfiksi tentang kesehatan adalah buku “40 Resep Kreatif Olahan: Avocad, Buah Eksotis untuk Kesehatan Jantung”.

ciri buku nonfiksi
Sampul Buku: 40 Resep Kreatif Olahan: Avocad, Buah Eksotis untuk Kesehatan Jantung
JenisKeterangan
Jumlah Halaman0
Tanggal Terbit23 Mei 2013
BahasaIndonesia
Berat0
Lebar0
Panjang0
PenulisHindah Muaris
HargaRp.47.300,-
Tabel Informasi Buku: 40 Resep Kreatif Olahan: Avocad, Buah Eksotis untuk Kesehatan Jantung

6. Buku Panduan

Buku panduan juga merupakan salah satu jenis buku nonfiksi karena ditulis menggunakan bahasa denotatif dan berupa fakta. Buku panduan disebut buku nonfiksi karena isinya harus benar-benar nyata. Jika tidak maka tidak akan jadi buku nonfiksi dan juga tidak akan menjadi buku panduan namanya.

Buku panduan ini akan memandu pembaca untuk melakukan sesuatu hal sesuai dengan bahasan panduannya. Salah satu contoh buku panduan adalah buku “Panduan Pintar Shalat”.

ciri buku nonfiksi
Sampul Buku: Panduan Pintar Shalat
JenisKeterangan
Jumlah Halaman192 Halaman
Tanggal Terbit14 September 2020
BahasaIndonesia
Berat0.25 Kg
Lebar14.0 cm
Panjang21 cm
PenulisRachman
HargaRp.65.000,-
Tabel Informasi Buku: Panduan Pintar Shalat

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa ciri ciri buku nonfiksi itu ada 9, yaitu:

  1. Bersifat Fakta
  2. Ditulis dengan Bahasa Denotatif
  3. Memberikan Informasi Baru atau Penyempurnaan
  4. Ditulis dengan Metode Ilmiah
  5. Menggunakan Bahasa yang Baku
  6. Isi Ceritanya Bisa Dibuktikan
  7. Ditulis Oleh Orang Khusus
  8. Memberikan Informasi Keilmuan
  9. Uraiannya Tersusun Seperti Karya Ilmiah

Sampai di sini, kamu mungkin sudah mulai paham kan apa saja ciri-ciri buku non fiksi? Jika kamu masih bingung, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar