Cara Buat & Contoh Deskripsi Buku Harian, Ilmiah, Motivasi

Cara Buat & Contoh Deskripsi Buku Harian, Ilmiah, Motivasi

Gambar Dibuat di Canva | Baca Buku

Mau bikin deskripsi buku agar mudah menjualnya tapi bingung bagaimana cara membuatnya? Artikel ini berisi panduan cara membuat deskripsi buku dan juga kumpulan contoh deskripsi buku yang menarik.

Kamu bisa melihat contoh deskripsi buku yang menarik di sini yang saya buat dengan bahasa sederhana. Contoh ini bisa kamu tiru dan gunakan untuk promosikan buku kamu sendiri.

Setelah membaca artikel ini kamu bisa tahu beberapa hal berikut ini:

  • Paham definisi deskripsi buku
  • Bisa menyusun deskripsi buku yang menarik
  • Melihat contoh-contoh deskripsi buku

Mari kita mulai dari penjelasan yang pertama.

Apa Deskripsi Buku Itu?

contoh deskripsi buku motivasi

Deskripsi buku merupakan penjabaran jelas dan ringkas mengenai sebuah buku agar pembeli bisa paham substansi dari keseluruhan buku.

Deskripsi buku akan mengupas teknik atau gaya penulisan, kebahasaan, hingga substansi buku. Pembaca akan mengetahui dengan mudah apa yang ada dalam buku.

Selain itu, dari deskripsi buku pembaca bisa menyimpulkan dengan mudah, apakah mereka membutuhkan buku tersebut.

Deskripsi buku ini seperti headline, pembuatannya gak bisa ngasal. Ada syarat tertentu yang perlu dimasukkan kedalamnya. Karena akan menentukan kredibilitas buku yang sudah dibuat.

Lantas bagaimana cara membuat deskripsi buku yang menarik? Kamu akan temukan jawabannya di penjelasan kedua ini:

Cara Membuat Deskripsi Buku yang Menarik

contoh deskripsi buku dalam bahasa inggris

Jujur saja, saya tidak punya parameter pasti apakah sebuah deskripsi buku itu menarik atau tidak. Namun saya selalu menempatkan diri sebagai user ketika membuat deskripsinya.

Saya pikir itu adalah cara terbaik yang bisa dilakukan seorang novelis untuk membuat deskripsi buku yang menarik. Selebihnya, kamu bisa ikuti langkah berikut:

1. Pahami Bagian Terpenting dari Isi Buku

Deskripsi buku itu sangat singkat. Deskripsi buku hanya akan menjelaskan clue terpenting dari keseluruhan cerita buku yang kamu tulis.

Untuk dapat menuliskan bagian terpenting dari sebuah buku, kamu harus memahami dengan baik bagian penting dari buku tersebut.

Coba deh kamu bacar berulang cerita yang ada dalam buku tersebut, temukan bagian atau hal paling menarik dan sekiranya menurut kamu akan sangat disukai oleh pembaca.

2. Tuliskan dalam 150-250 Kata Saja

YA seperti yang saya katakan tadi, deskripsi buku itu singkat. Panjangnya hanya berkisar antara 150-250 kata. Dimanapun kamu promosikan buku, deskripsi buku pasti hanya memberikan kapasitas tersebut.

Dalam penulisannya sangat menuntut efisiensi penggunaan kata. Dalam 150-250 kata itu, kamu harus menuangkan hal paling menarik yang harus pembaca tahu dari buku kamu.

3. Kalimat Pertama & Terakhir Adalah Headline

Deskripsi buku itu boleh dibilang iklannya buku kamu. Kalimat terbaik yang harus susun menggunakan teknik terbaik ada di bagian pertama dan bagian closing.

Kedua bagian ini memiliki peranan penting dalam mendukung kesuksesan deskripsi buku yang kamu buat. Makin menarik di kedua bagian ini, akan makin baik pulsa hasilnya.

4. Tuliskan Tokoh Penting & Konflik yang Mendebarkan

Siapa tokoh penting dalam cerita novel kamu? Dan konflik apa yang paling menarik dari cerita tersebut?

Masukkan ke dalam deskripsi buku. Karena ini akan menjadi hal yang sangat menarik bagi pembaca. Biasanya ini yang menjadi inti dari deskripsi buku.

Jika kamu pernah melihat trailer film, di sana pasti ada beberapa tokoh penting yang ditayangkan dengan sekilas konflik yang paling menarik. Potongan film “puncak konflik” akan ditayangkan di sana.

Tujuannya apa? YA tiada lain agar penonton semakin terangsang dan ingin segera menonton nya. Nah, kasus ini tidak jauh berbeda dengan penulisan deskripsi buku.

5. Tuliskan Dalam Bentuk Pointing

Maksudnya yaitu, kamu harus menuliskan setiap bahasan ke dalam bentuk poin-poin penting. Untuk apa? Agar pembaca lebih mudah memahami apa yang kamu sampaikan.

Hal ini juga akan mempertegas dan memperjelas isi dari deskripsi buku yang kamu tulis. Pembaca akan lebih mudah menemukan intisari dari deskripsi buku tersebut.

6. Jangan Lupa Tuangkan Testimony

Salah satu bagian yang menurut saya cukup penting dituliskan dalam deskripsi buku yaitu testimony. Testimony cukup penting karena akan memberikan referensi bagi pembaca.

Maksud dari dibuatnya deskripsi buku adalah untuk membuat orang tertarik dengan buku yang kita buat. Testimony akan bantu pembaca lebih yakin dengan apa yang kita tawarkan.

7. Tutup dengan Kalimat Closing Terbaik

Dibagian akhir, kamu perlu menulis kalimat sakti yang bisa membius pembaca dan langsung memutuskan untuk membeli buku yang kamu tawarkan.

Di mana pun kamu menjual buku, baik di Amazon, Gramedia ataupun lainnya, kamu perlu memanfaatkan kalimat terakhir ini dengan sebaik mungkin.

4 Contoh Deskripsi Buku yang Menarik Pembaca

contoh deskripsi buku cerita

Jika penjelasan di atas masih kurang, kamu bisa memahami cara membuat deskripsi buku melalui beberapa contoh berikut ini nih:

1. Contoh Deskripsi Buku Harian

“Di masa sulit ini, pandemi ini aku hanya diam di rumah, merasakan omelan ibu, ributnya ade ku dan kebisingan lain yang seolah mulai terbiasa aku rasakan setiap hari. Sampai waktu itu tiba dan bikin seantero rumah panik dibuatnya”.

Darman, adalah masa laluku yang membuat hidupku benar-benar gelap dan terasa menjadi setan di masa lalu. Dialah sosok yang pernah membantai keluarganya sendiri, demi cintanya kepadaku.

Buku harian ini menjadi catatan pelik tentang perjalanan ku bersama Darman. Gelap dan rumit, namun aku tidak ingin membuangnya.

“Mau tahu apa yang sebenarnya terjadi? dan apa isi dari catatan harian ku? Baca lengkapnya di buku ini.”

2. Contoh Deskripsi Buku Motivasi

Saya yakin, kamu bukan orang malas tapi hanya sedang dalam tahap ‘bimbang’ dan lelah saja. Terkadang down karena banyak tekanan bisa buat kehilangan motivasi.

Ini adalah booster terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan semangat kamu. Ribuan orang sudah membuktikannya, diambil dari pengalaman jutaan orang.

3. Contoh Deskripsi Buku Ilmiah

Belajar Matematika memang bikin jenuh dan males banget. Tapi beda cerita jika kamu pake formula yang kami tuliskan di buku ini. Ditulis berdasarkan pengalaman dan riset mendalam.

Diuji di 15 sekolah mulai dari SD, SMP hingga SMA. 97% siswa berhasil mendapatkan nilai 90-100 dengan menggunakan metode belajar matematika ini.

Rumus sederhana dipelajari dengan metode paling mudah dan paling menyenangkan. Hilangkan image buruk belajar Matematika, kuasai Matematika sekarang juga!

4. Contoh Deskripsi Cerita Novel

Di masa peperangan itu, Sarman menjadi sosok pemimpin tidak tergantikan. Namun sepanjang kepemimpinan nya ia tidak pernah lepas dari pengkhianatan orang-orang di sekitarnya.

Penindasan di mana-mana, bahkan kelaparan di masa sulit itu merajalela. Namun sarman punya cara terbaik untuk mengatasinya dengan sangat baik.

Lanjut….

Akhir Kata

Beberapa contoh deskripsi buku harian, motivasi hingga cerita novel di atas ini dibuat dengan kalimat sederhana. Gak sempurna sih, kamu bisa buat dengan kata-kata atau alur yang lebih menarik.

Tentu disesuaikan dengan konteks buku yang akan kamu buat deskripsi nya. Segitu dulu corat-coret saya di pagi ini, terimakasih buat yang udah baca.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: