Apa yang Dimaksud dengan Latar Cerita Non Fiksi?

Apa yang dimaksud dengan latar cerita non fiksi? Latar cerita bersangkutan pada 3 hal yaitu waktu, tempat dan suasana. Apakah semua itu juga ada pada cerita fiksi?

Dalam penulisan novel latar adalah salah satu bagian penting yang harus diperhatikan dalam proses penulisannya.

Sebagai calon novelis yang emang gemar menulis cerita fiksi, maka kamu harus paham akan hal ini. Atau kamu yang sedang kerjain soal bahasa Indonesia ini adalah jawabannya.

Apa yang Dimaksud dengan Latar Cerita Non Fiksi?

Latar cerita nonfiksi adalah penjelasan mengenai ruang, tempat dan suasana terjadinya sebuah kejadian dalam cerita. Dari penjelasan ini merujuk pada 3 kondisi, yaitu:

  1. Latar tempat
  2. Latar waktu, dan
  3. Latar suasana

Pembahasan Mendalam

Cerita fiksi dibangun dengan beberapa elemen latar yang berbeda. Setidaknya sebuah cerita fiksi dibangun oleh 3 latar yaitu, ruang/tempat, waktu dan suasana.

Latar tempat menjelaskan di mana cerita tersebut berlangsung. Tempat ini menjadi bagian paling penting dalam cerita fiksi yang dibuat. Ini menggambarkan suasana kejadiannya secara nyata.

Latar waktu menjelaskan kapan kejadian dalam cerita tersebut berlangsung. Waktu menjelaskan jam, hari, tanggal, bulan dan tahun kejadian cerita tersebut berlangsung.

Latar suasana menjelaskan kronologis dan proses kejadian dalam cerita tersebut berlangsung. Latar ini menggambarkan bagaimana suasana kejadian dalam cerita itu berlangsung.

Kesimpulan

Jadi apa yang dimaksud dengan latar cerita non fiksi? Kesimpulannya adalah latar cerita non fiksi ini adalah penjelasan yang menyangkut pada ruang atau tempat, waktu dan suasana terjadinya yang dibangun pada sebuah cerita.

Artikel Menarik Lainnya: