10 Perbedaan Cerpen dan Novel Serta Persamaan Keduanya!

Apa saja perbedaan cerpen dan novel? Meskipun merupakan jenis karya sastra fiksi yang sama, ternyata cerpen dan novel itu tidak sama lho. Bahkan ada banyak banget bedanya. Sudah tahu?

1 Fashion murah

Baik dari secara definisi, penokohan, jumlah kata dan beberapa hal lain nya pun antara novel dan cerpen itu beda banget.

fashion muslim murah

Buat kamu yang sedang belajar menulis keduanya, penting banget untuk memahaminya. Agar kamu tidak salah ketika membuatnya. Karena kamu sudah tahu bedanya antara cerpen dan novel.

Definisi Cerpen dan Novel

Sebelum mengetahui perbedaannya kita harus pahami dulu devinisi dari cerpen dan novel itu sendiri, berikut penjelasannya:

1. Pengertian Cerpen

Cerpen merupakan akronim dari Cerita pendek. Cerpen adalah sebuah karya sastra yang memiliki isi keseluruhan secara singkat atau pendek. Cerpen bisa berbentuk fiksi atau nonfiksi disajikan secara singkat dan dapat dibaca sekali baca.

2. Pengertian Novel

Novel adalah karangan prosa yang panjang. Karangan tersebut mengandung rangkaian cerita kehidupan. Novel akan menonjolkan sifat dan watak setiap pelaku yang ada dalam cerita.

1 Fashion murah

Perbedaan Cerpen dan Novel

Berikut merupakan beberapa perbedaan cerpen dan novel, diantaranya:

1. Tokoh

Perbedaan pertama antara novel dan cerpen adalah tokohnya. Dapat kita bedakan bahwa tokoh novel lebih banyak dari pada tokoh yang ada di cerpen.

2. Penokohan atau Perwatakan

Perbedaannya adalah novel memiliki cerita yang cukup panjang dan tokoh yang banyak. Maka, perwatakan setiap tokohnya akan banyak. Sedangkan cerpen sebaliknya.

3. Alur

Perbedaan selanjutnya antara cerpen dan novel adalah alurnya. Alur pada cerpen biasanya singkat, padat dan jelas. Sedangkan alur di dalam novel lebih kompleks, panjang dan rumit.

4. Jumlah Kata

Perbedaan berikutnya tentu saja dalam jumlah katanya. Karena cerpen merupakan cerita pendek maka jumlah katanya akan sedikit. Sedangkan novel memiliki cerita yang panjang yang jumlah katanya lebih dari 10.000 kata.

5. Latar

Perbedaan lainnya ada di latar nya. Cerpen memiliki latar yang sangat sempit, sedangkan latar dari sebuah novel memiliki jangkauan yang sangat luas karena deskripsi latar di novel biasanya panjang-panjang.

1 Fashion murah

6. Tema

Perbedaan berikutnya yaitu pada temanya. Jika dalam cerpen memiliki tema yang yang mudah di tebak dan cukup sederhana. Beda hal dengan novel memiliki tema yang kompleks, epek, impresinya, emosinya sulit di tebak.

7. Konflik

Perbedaan berikutnya ada di konflik nya. Di dalam cerpen biasanya konflik nya hanya sedikit mengingat jumlah kata dalam cerpen yang sedikit sehingga konflik yang di sajikan dipersingkat atau diperpendek.

Berbeda dengan novel konpliknya cukup komples, dengan beberapa konplik dan beberapa titik klimaks cerita.

8. Cara Menikmati

Maksud cara menikmatinya yaitu bagaimana kita membaca. Perbedaan kita saat membaca novel atau cerpen. Cerpen dapat di nikmati dalam sekali baca atau sekali duduk.

Sedangkan novel bisa menghabiskan waktu lebih lama dari membaca cerpen.

9. Bab Penyajian

Nah, perbedaan yang paling mencolok antara cerpen dan novel yaitu bab penyajiannya. Jika cerpen dapat di baca sekali baca maka sudah jelas tidak ada bab dalam sebuah cerpen.

1 Fashion murah

Lain halnya dengan sebuah novel ada banyak bab di dalamnya dengan judul bab biasanya. Bahkan jika ada yang tidak beres maka di lanjut dengan huruf misal bab 1a, 1b saking panjang kelanjutan bab nya.

10. Pemilihan Kata

Selanjutnya perbedaan novel dan cerpen adalah pemilihan katanya. Karena cerpen merupakan cerita pendek maka pemilihan katanya di sederhanakan agar tidak terlalu memiliki penerjemahan terlalu dalam.

Sedangkan dalam novel pemilihan katanya lebih dalam lebih banyak majas, personifikasi dan lain sebagainya yang memerlukan konsentrasi dan pemahaman lebih lanjut agar paham maksud dan amanatnya.

Persamaan Cerpen dan Novel

Berikut merupakan persamaan dari cerpen dan novel, diantaranya adalah:

1. Sebuah Karya Tulis

Cerpen dan novel sama-sama merupakan sebuah penggambaran atas peristiwa dengan menggunakan media bahasa sehingga menghasilkan karya yang memiliki nilai estetika dan bisa dinikmati.

2. Karya Tulis Prosa

Novel dan cerpen Sama-sama merupakan karya tulis prosa yang memiliki bahasa yang memiliki arti sebenarnya.

1 Fashion murah

3. Memiliki Tema

Cerpen dan novel sama-sama memiliki tema meski cerpen tema nya sederhana dan novel temanya lebih kompleks.

4. Memiliki Tokoh

Novel dan cerpen sama-sama memiliki tokoh meski cerpen tokohnya sedikit dan novel lebih banyak.

5. Memiliki Perwatakan

Novel dan cerpen memiliki perwatakan dalam isi ceritanya.

6. Memiliki Alur

Novel dan cerpen sama-sama memiliki alur di dalam ceritanya hanya saja cerpen alurnya lebih singkat, padat dan jelas dan novel sebaliknya.

7. Memiliki Konplik

Selanjutnya sama-sama memiliki konplik hanya saja novel konpliknya lebih kompleks dan banyak sedangkan cerpen biasanya hanya memiliki satu konplik saja dalam satu cerita.

8. Memiliki Latar

Persamaan selanjutnya sama-sama memiliki latar meski cerpen latarnya singkat dan novel latarnya lebih luas.

1 Fashion murah

9. Memiliki Karakter Cerita

Sama-sama memiliki karakter cerita. Novel dan cerpen merupakan karya prosa fiksi yang keduanya menceritakan objek atau subjek yang di tengah-tengahnya antara realitas dan fantasi.

10. Memiliki Tujuan Yang Sama

Persamaan selanjutnya sama-sama memiliki tujuan yaitu memberi kesadaran kepada seluruh pembacanya. Novel dan cerpen dapat memberikan emosi seperti kesedihan dan kebahagiaan sejalan dengan cerita yang di tulis di dalamnya.

Akhir Kata

Jadi, perbedaan cerpen dan novel itu terletak pada jumlah kata-kata. Rata-rata untuk jumlah kata dalam cerpen maksimal sekitar 10.000 kata. Berbeda dengan cerpen, novel memiliki jumlah yang lebih panjang. Kata-kata dalam novel dapat mencapai 35.000 kata.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang menjadi pembeda antara novel dan juga cerpen. Seperti penokohan, tema hingga pemilihan kata-katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu