Jelaskan Klasifikasi Novel Ulang Berdasarkan Jenisnya!

Jelaskan klasifikasi novel ulang berdasarkan jenisnya! Novel ulang merupakan cerita fiksi yang ceritanya diambil dari kejadian masa lalu atau peristiwa yang sudah terjadi.

Tujuannya untuk memberikan informasi atau pun hiburan semata bagi para pembaca nya. Novel ini menjadi salah satu jenis novel terbaik yang banyak peminatnya.

Kisah balik yang disajikan dalam novel ini begitu sangat seru dan penuh dengan hiburan seru. Pembaca akan seperti masuk ke dalam ceritanya dan hidup di sana.

Jelaskan Klasifikasi Novel Ulang Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, novel ulang terdiri atas tiga jenis, yaitu rekon pribadi atau cerita ulang personal, rekon faktual atau cerita ulang fakta dan rekon imajinatif atau cerita ulang imajinasi.

Masing-masing jenis novel ulang ini punya konteks yang berbeda antara satu jenis dan jenis lainnya.

1. Rekon Pribadi atau Cerita Ulang Pribadi

Rekon pribadi merupakan jenis cerita yang bersangkutan dengan diri penulis. Atau penulis pernah bertemu atau bahkan ngobrol dengan orang yang ada dalam cerita.

Namun biasanya, rekon pribadi lebih menceritakan diri sendiri tentang penulisnya. Bisa saja menceritakan Diary sendiri atau pun hal menarik lainnya dari penulis.

Contohnya:

  • Obrolan penulis dengan tokoh atau orang lain
  • Buku catatan harian, dan
  • Lain-lain

2. Rekon Faktual atau Cerita Ulang Berupa Fakta

Rekon faktual merupakan cerita masa lalu yang berupa fakta atau benar dan pernah terjadi di masa lalu. Rekon faktual erat kaitannya dengan cerita sejarah.

Hal yang pernah terjadi di masa lalu, diceritakan kembali dalam bentuk novel atau cerita ulangan. Adapun contoh-contoh rekon faktual, di antaranya yitu:

  • Catatan sejarah
  • Laporan observasi ilmiah
  • Biografi tokoh
  • Autobiografi, dan
  • Lain-lain

3. Rekon Imajinatif atau Cerita Ulang Imajinasi

Rekon imajinatif merupakan jenis cerita pengulangan hasil rekayasa atau khayalan penulisnya. Cerita rekon imajinatif ini tidak benar-benar terjadi, semua kejadian di dalamnya hanyalah rekayasa penulisnya.

Bentuk nyata novel pengulangan adalah rekon imajinatif. Karena berupa cerita fiksi dan tidak benar-benar terjadi. Cerita dalam novelnya diciptakan oleh penulisnya sendiri.

Adapun contoh rekon imajinatif yaitu:

  • Novel
  • Cerpen
  • Dongeng, dan
  • Lain-lain

Struktur Novel atau Cerita Pengulangan

Novel pengulangan memiliki struktur khusus yang menyusun ceritanya hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Berikut adalah struktur penulisan novel pengulangan:

1. Pengenalan

Pada bagian ini penulis akan mengenalkan seluk beluk ceritanya. Mulai dari kapan, siapa, dimana, kejadian tersebut terjadi.

Penulis akan mengenalkan tokoh hingga lokasi tempat terjadinya peristiwa tersebut.

2. Urutan Peristiwa

Pada tahapan ini penulis akan mulai menceritakan berdasarkan urutan peristiwa yang terjadi. Di sini penulis akan menceritakan peristiwa secara runtut mulai dari masa kecil hingga besar.

Seperti mulai dari dilahirkan, masuk masa sekolah, masa remaja, masa kuliah hingga Berkarir. Semuanya diceritakan secara terurut.

3. Reorientasi

Pada bagian ini penulis akan menceritakan rangkuman peristiwa secara singkat.

Ciri Ciri Novel atau Cerita Pengulangan

Novel pengulangan juga memiliki ciri tertentu yang membedakannya dengan novel atau pun cerita lainnya. Adapun beberapa ciri novel pengulangan di antaranya yaitu:

  • Sifatnya faktual dan imajinatif
  • Ceritanya berhubungan dengan kejadian masa lampau
  • Disusun secara kronologis
  • Diceritakan secara runtut berdasarkan kejadian

Akhir Kata

Jelaskan klasifikasi novel ulang berdasarkan jenisnya! Dari uraian di atas bisa kita simpulkan bahwa novel ulang atau pengulangan merupakan cerita fiksi yang ceritanya diambil dari kejadian masa lalu atau peristiwa yang sudah terjadi.

Ada 3 jenis yang menyusun nya, setiap jenis akan menyusun menjadi satu kesatuan cerita yang utuh. Setiap jenis punya peran dan fungsi yang berbeda.

Artikel Menarik Lainnya: