Resensi Novel Bumi Tere Liye: Sinopsis & Intrinsik Lengkap

Resensi Novel Bumi Tere Liye akan menjelaskan seluk beluk novel ini. Kamu akan lihat sinopsis, kelebihan dan kekurangan hingga unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Bumi ini.

1 Fashion murah

Kamu akan tahu alur secara lengkap sehingga kamu yang ingin membaca novel ini bisa mengambil sikap apakah akan membeli buku ini atau tidak karena kamu akan tahu sebarapa wort it buku ini jika menjadi bacaan kamu di rumah.

fashion muslim murah

Resensi Novel Bumi Tere Liye

Berikut ini adalah resensi lengkap buku berjudul “bumi” karya Tere Liye:

1. Identitas Novel Bumi Tere Liye

Judul NovelBumi
PenulisTere Liye
PenerbitPT Gramedia Pustaka Utama
KategoriNovel
Tahun Terbit2014

Novel Bumi ini adalah novel fantasi terbaik dari karya Tere Liye dan menjadi salah satu buku best seller di Indonesia. buku ini merupakan buku serial Bumi yang memiliki 12 buku kelanjutan lainnya yang tak kalah menarik dari novel Bumi ini loh.

2. Sinopsis Novel Bumi Tere Liye

Novel bumi ini menceritakan seorang anak remaja bernama Raib yang berusia 15 tahun. Sejak kecil ia sudah memiliki kekuatan yaitu menghilang dengan cara menutup kedua wajahnya dengan tangan seketika ia akan menghilang.

Lalu datanglah Tamus menghampirinya ketika Raib kebingungan dengan kekuatannya. Tamus adalah orang dari dunia lain yang mengirim si Putih dan Si Hitam ke rumah Raib.

1 Fashion murah

Dan ternyata si Hitam telah mengawasi Raib dari kecil dan hanya Raib yang bisa meliha si Hitam. Lalu bagaimana kelanjutan kisah mereka? Jawabannya ada di dalam novel bumi tersebut.

3. Kelebihan Novel Bumi Tere Liye

Berikut merupakan kelebihan dari novel Bumi diantaranya adalah:

  • Bukan hanya menyuguhkan tentang petualangan namun novel ini juga menawarkan kisah persahabatan dan kekeluargaan yang cukup kompleks.
  • Novel ini banyak memberikan informasi dan mengajak kita untuk berpikir dan juga berimajinasi.

4. Kekurangan Novel Bumi Tere Liye

Berikut merupakan kekurangan dari novel bumi diantaranya adalah:

  • Masih adanya penggunaan istilah-istilah yang kurang cocok menurut saya yang sudah membaca novel ini. Seperti istilah “Cucu dari cucunya cucuku” atau “kakek dari kakeknya kakekku” . membuat pembaca merasa susah merunut bahwa Raib ini keturunan Klan Matahari ke berapa.
  • Masih ada beberapa kata yang tidak baku serta beberapa kata yang typo.

5. Unsur Intrinsik Novel Bumi Tere Liye

Berikut merupakan unsur intrinsik novel Bumi karya Tere Liye, diantaranya adalah:

5.1. Tema

Tema dalam novel ini adalah tentang petualangan menemukan jati diri.

1 Fashion murah

5.2. Tokoh dan Penokohan

  • Raib, yaitu gadis remaja berusia 15 tahun dia suka membaca punya kekuatan menghilangkan benda, orang dan diri sendiri dan pendiam.
  • Seli, dia adalah teman satu meja Raib, yang suka ngomel dan selalu ingin tahu banyak hal. Seli memiliki kekuatan mengeluarkan listrik dan ia berambut pendek.
  • Ali, teman Raib yang selalu jadi biang kerok sifatnya pemalas, tapi tidak bodoh, jika di sekolah selalu berpenampilan berantakan namun rapih saat ke rumah Raib. Ali memiliki kekuatan daya ingatan yang kuat dan memiliki radar yang mampu mendeteksi orang.
  • Miss Selena, guru Matematika di sekolah dan di Planet Klan ia seorang petinggi, galak, dingin, dan disiplin tinggi.
  • Ou, memiliki sikap periang.
  • Av, tegas dan bijaksana.
  • Ilo, perhatian dan penuh kasih sayang.
  • Tamus, penuh dendam, tamak akan kekuasaan.

5.3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini menggunakan alur campuran yaitu alur maju dan alur mundur.

5.4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu pagi, siang, sore dan juga malam hari.

5.5. Latar Tempat

1 Fashion murah

Latar tempat yang di gunakan dalam novel ini adalah rumah Raib, kelas, aula, sekolah, kantin, toko elektronik, angkot dll.

5.6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang terdapat dalam novel ini adalah sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama. Karena kata ganti yang digunakan adalah “aku”.

5.7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini adalah gaya bahasa pertentangan yaitu gaya bahasa hiperbola dan litotes.

5.8. Amanat

1 Fashion murah

Amanat yang terdapat dalam novel ini adalah ada banyak sisi dalam setiap masalah, tidak semua yang kita lihat itu adalah yang sebenarnya terjadi.

Dalam kondisi seperti apapun kita tidak boleh meninggalkan teman yang benar-benar teman.

6. Unsur Ekstrinsik Novel Bumi Tere Liye

Berikut merupakan unsur ekstrinsik dari novel Bumi karya Tere Liye, diantaranya adalah:

6.1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terdapat dalam novel bumi ini adalah yaitu pentingnya kerja sama. Karena dengan bekerja sama bisa mengeluarkan kita dari masalah-masalah yang besar dengan mudah.

6.2. Nilai Moral

1 Fashion murah

Selanjutnya nilai moral yang terkandung dalam novel ini adalah jangan menilai orang lain hanya dari luarnya saja. Seperti yang dilakukan Raib terhadap Ali yang kelihatan bodoh dengan pakaian yang berantakan. Padahal Ali anak genius dan dari keluarga terpandang.

6.3. Nilai Agama

Nilai agama yang terdapat dalam novel bumi ini yaitu saling mengingatkan dimana ketika teman yang lain melakukan kesalahan maka teman lainnya akan selalu mengingatkan.

6.4. Nilai Pendidikan

Banyak nilai pendidikan yang terdapat dalam novel ini terutama dalam ilmu pengetahuan alam sehingga buku fantasi ini sangat cocok untuk kalangan remaja yang masih mengenyam pendidikan.

7. Pesan Moral Novel Bumi Tere Liye

Pesan Moral yang terkandung dalam novel Bumi karya Tere Liye ini adalah tentang saling bekerjasama antara teman, jangan pernah menganggap remeh seseorang hanya dari penampilannya.

1 Fashion murah

Dan yang paling penting novel ini mengajarkan kita tentang arti niat yang baik pasti akan mendapatkan jalan yang baik pula. dimanapun dan kapanpun jadilah manusia yang jujur satu sama lain bahkan dengan lawan sekalipun.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu