Sinopsis Novel Aku Benci Dan Cinta Beserta Intrinsiknya

Sinopsis Novel Aku Benci dan Cinta Beserta Intrinsiknya

Sinopsis Novel Aku Benci dan Cinta Beserta Intrinsiknya

Sinopsis Novel Aku Benci Dan Cinta karya Wulanfadi ini menjelaskan tentang novel ini secara lengkap mulai dari identitas hingga pesan moralnya.

Selain itu ada juga kekurangan dan kelebihan yang terdapat dalam novel tersebut. Sehingga menambah informasi dan pengetahuan kamu mengenai novel Aku dan Benci ini secara lengkap. Maka dari itu simak terus artikel ini sampai selesai ya.

Identitas Novel Aku Benci dan Cinta

Judul NovelAku Benci dan Cinta
PenulisWulanfadi
Jumlah halaman456 halaman
Ukuran buku14,5×20 cm
PenerbitBest Media
Kategorinovel
Tahun Terbit2015
Harga novelRp. 60.000

Sinopsis Novel Aku Benci dan Cinta

Sinopsis Novel Aku Benci Dan Cinta ini menceritakan tentang Anggia Seresia Quinindha. Ia merupakan siswi SMA National High yang menjabat sebagai wakil ketua OSIS dan orang yang di takuti saat insiden MOS dua tahun silam.

Anggia yang harus menerima kutukan dari Alvaro Radyana sebagai ketua OSIS SMA National High. Dia merupakan cowok paling populer dan playboy.

Alvaro sendiri menganggap Anggia sebagai lelucon yang kekanakan. Namun, pandangan itu berubah semenjak alvaro memiliki kesempatan untuk mengenal Anggia lebih jauh lagi.

Dan perasaan itu tumbuh di antara Alvaro dan Anggia ketika Alex teman semasa kecil Alvaro hadir kembali begitu juga mantan terdahulunya Athala wanita yang dicintainya semasa kecil.

Athala yang telah bertahun-tahun tertidur dan kini terbangun diantara Anggia dan Alvaro. Dan bagaimana Alvaro menyikapi hal tersebut? Di antara Anggia dan Athala akhirnya Alvaro akan memilih siapa?

Lalu bagaimana sikap Anggia setelah kemunculan Athala? Penasaran dengan kelanjutan dari kisah mereka? Maka dari itu kuy baca buku Novel Aku Benci Dan Cinta karya Wulanfadi ini di jamin kamu akan menyukai novel tersebut.

Baca juga: Sinopsis Novel Azzamine Beserta Ekstrinsiknya

Unsur Intrinsik Novel Aku Benci dan Cinta

Berikut ini merupakan unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Aku Benci dan Cinta, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam Novel Aku Benci Dan Cinta ini adalah kisah yang berawal dari kebencian dan seketika itu semuanya berubah menjadi kisah cinta.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Anggia, ia merupakan cewek yang perfeksionis dan ia merupakan cewek yang paling rajin dari yang paling rajin di SMA National High.
  • Alvaro si ketua Osis, ia merupakan orang yang paling populer di SMA High dan di cap sebagai cowok Player.
  • Alex, ia merupakan salah satu anggota dari band The Breathless sekaligus sahabat Alvaro dan Athala semasa kecil.
  • Tara, ia merupakan teman satu-satunya Anggia di Sekolah dan sekaligus penggemar Alvaro.
  • Juna, ia merupakan orang yang paling santai dari yang tersantai di Sekolah.
  • Matt, penulis thriller yang sangat bijak.
  • Mika, berkemampuan indigo yang kocak.
  • Julian, yang tersakiti tapi sangat tegar.
  • Seth. Si sangat pintar.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam Novel Aku Benci Dan Cinta ini adalah alur campuran. Dimana di dalamnya terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan Novel Aku Benci Dan Cinta ini adalah pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang terdapat dalam Novel Aku Benci Dan Cinta ini adalah di Ruang Musik, Rumah Sakit, Ruang UKS, Rumah Alvaro, SMA National High.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam Novel Aku Benci Dan Cinta ini adalah menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Baca juga: Resensi dan Sinopsis Novel Lelaki Harimau

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam Novel Aku Benci Dan Cinta ini menggunakan bahasa sehari-hari yang sederhana. Karena novel ini di khususkan untuk remaja maka gaya bahasa sederhana yang mudah di mengerti juga dipahami.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam Novel Aku Benci Dan Cinta ini adalah janganlah membenci seseorang dengan perasaan terlalu benci. Karena benci dan cinta itu jaraknya sangat tipis. Cinta itu bisa berubah seiring berjalannya waktu

Unsur Ekstrinsik Novel Aku Benci dan Cinta

Berikut merupakan unsur ekstrinsik dari Novel Aku Benci Dan Cinta, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai moral yang terkandung dalam Novel Aku Benci Dan Cinta ini terlihat antara kelima sahabat Alvaro yang berbeda karakter namun mereka sangat peduli antara satu sama lain. dan mereka sangat pengertian terhadap satu sama lainnya.

Selain itu sikap Alvaro yang sangat peduli terhadap Athala. Terlihat ketika Alvaro dengan ikhlas membayar semua pengobatan rumah sakit Athala semuanya di tanggungnya sendiri. Itu membuktikan bahwa ia memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung dalam Novel Aku Benci Dan Cinta ini adalah terlihat dalam mereka memperlakukan teman satu sama lain. saling membantu, saling menghargai, saling menjaga dan bekerja sama. Itu merupakan nilai moral yang patut di contoh.

Kelebihan Novel Aku Benci dan Cinta

Setelah mengetahui intrinsik dan ekstrinsik novel ini kita akan membahas kekuarangan dari Novel Aku Benci Dan Cinta, dan kelebihannya adalah:

  1. Bahasa yang di gunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami dan dimengerti terutama oleh para remaja. Karena target pembacanya adalah remaja novel ini sangat cocok untuk usia remaja SMA.
  2. Covel yang simple dan elegant sangat menarik perhatian pembaca sehingga membeli buku tersebut. Cocok dengan usia remaja yang di bahas dalam novel tersebut.
  3. Alur cerita dan konflik sangatlah menarik sehingga pembaca menikmati saat membaca novel ini.
  4. Ukuran kertas serta jenis font yang digunakan sangat cocok sehingga membuat pembaca tidak mudah bosan saat membaca novel ini.

Kekurangan Novel Aku Benci dan Cinta

Sama halnya dengan novel pada umumnya bahwa Novel Aku Benci Dan Cinta ini juga memiliki kekurangan. Dan kekurangannya tersebut adalah:

  1. Tidak adanya kata pengantar dalam novel ini seperti novel lainnya.
  2. Masih ada beberapa kata typo di beberapa halaman. Dan membuat pembaca merasa bingung sangat membacanya.
  3. Banyak dialog yang menggunakan bahasa Inggris tanpa ada terjemahan bagi pembaca yang tidak mengetahui pasti hal tersebut sangatlah mengganggu.
  4. Dan yang terakhir adalah endingnya yang menggantung membuat pembaca merasa belum terselesaikan dengan baik.

Baca juga: Sinopsis Miracle In Cell No 7 Turki Lengkap

Pesan Moral Novel Aku Benci dan Cinta

Bagian akhir dari sinopsis Novel Aku Benci Dan Cinta ini adalah pesan moral apa yang terkandung dalam novel tersebut.

Dan novel tersebut memiliki pesan moral tentang bagaimana menyampaikan perasaan dengan baik. Bahwa jangan membenci seseorang dengan berlebihan karena benci dan cinta itu jaraknya sangat tipis berhati-hatilah bertindak dalam mengartikan perasaan.

Karena bisa jadi orang yang dekat denganmu akan merasakan sakit karena tindakanmu. Cewek yang kelihatannya galak sebenarnya gampang nangis dia hanya pasang muka agar enggak ada orang yang bisa nyakitin hatinya.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: