Sinopsis Novel Bibi Gill Tere Liye, Novel Baru yang Keren

Sinopsis novel Bibi Gill Tere Liye menceritakan secara lengkap serial kisah sebelumnya mengenai latar belakang tokoh Bibi Gill. Tokoh ini berperan sebagai pengajar di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi.

Ia menjadi sosok petarung dan pengintai yang hebat. Ada cerita tragis dan dramatis mengenai kehidupan Bibi Gill. Berikut ini latar kehidupan BIbi Gill lengkap untuk kamu ketahui.

Identitas Novel Bibi Gill Karya Tere Liye

Judul NovelBibi Gill
PenulisTere Liye
Jumlah halaman500 Halaman
Ukuran buku13.5 x 20.5
PenerbitGramedia Pustaka Utama
KategoriNovel Fiksi
Tahun Terbit2022
Harga novelRp. 88.000,00

Novel dengan jumlah halaman sampai 500 mampu menceritakan dunia khayalan khas Tere Liye yang sangat menarik.

Sinopsis Novel Bibi Gill Tere Liye

Sinopsis novel Bibi Gill Tere Liye menceritakan kehidupan tokoh yang bernama Gill. Nama tersebut merupakan sapaan akrab dari keluarga dan penduduk di Distrik Misteri dan Malamnya.

Gill adalah anak perempuan satu-satunya yang paling kecil dari tujuh bersaudara. Tentu saja, dia masih suka bermain seperti anak-anak pada umumnya. Tetapi, perbedaannya dengan anak kecil lainnya terlihat dari kode genetik langka dari keturunan murni.

Tentu saja, Gill dianggap hebat dengan kode genetik yang dia punya. Tetapi, baginya memiliki kode genetik tersebut justru seperti kutukan.

Saat Gill menggunakan kekuatan genetik tersebut maka akan muncul monster jahat dan bengis. Oleh karena itu, Gill hampir tidak pernah menggunakan kekuatan genetiknya.

Suatu ketika, saat Gill berusia sembilan tahun. Ia harus menggunakan kekuatannya untuk membantu ayahnya saat tenggelam di sungai ketika memancing.

Tetapi, dalam suasana itu justru muncul Monster yang menghancurkan Misteri dan Distrik Malamnya.

Hal tersebut membuat semua warga tewas, bahkan keluarga Gill juga menghilang. Saat ini Distrik Malam dan Misterinya menghilang dari peradaban Klan.

Untuk menghormati tempat kelahirnya tersebut, Gill menggunakan nama tempatnya sebagai mata kuliah ABTT.

Ketika semuanya telah menghilang, Gill mencoba untuk mencari sumber informasi dari berbagai buku di perpustakaan setempat. Tujuannya yaitu untuk melawan monster.

Setelama bertahun-tahun, Gill bertahan di Distrik Misteri dan Malam hingga suatu ketika ia memutuskan untuk berpetualang kemudian masuk ke ABTT.

Saat di ABBT, Gill mencari perkamen langka yang digunakan sebagai sumber informasi untuk masa depannya.

Ia tidak hanya belajar, banyak hal yang dia lakukan. Salah satunya, Ia menemukan perkamen langka yaitu bangkai kapal Aldebaran.

Gill tidak sendirian, ia dibantu enam temannya dalam menemukan perkamen langka. Tetapi, tak lama monster-moster menyerang ke enam teman Gill sehingga Gill sendiran lagi.

Entah kenapa, Monster kini selalu datang secara tiba-tiba sehingga membuat Gill merasa marah dan menyimpan dendam yang begitu besar.

Suatu waktu, Gill bertemu Bill yang merupakan pria dewasa, teman Gill sewaktu dulu tinggal pada Distrik Malam dan Misterinya.

Ternyata, teman lamanya tersebut sudah pindah ke tempat lain sebelum peristiwa hebat itu terjadi. Pertemuan tersebut ternyata membuat Bill menjadikan Gill sebagai istrinya.

Sebenarnya, Gill tidak mau menjadi istri Bill karena mempunyai kutukan kode genetik. Tetapi, ternyata bukan suatu masalah untuk Bill.

Bill dan Gill menikah dengan dihadirkan dua orang anak yaitu laki-laki dan perempuan. Tetapi, tak lama kemudian monster itu datang lagi dan membunuh suami dan kedua anaknya.

Peristiwa tersebut sangat tragis hingga membuat Gill semakin murka. Kemudian, Gill mencari jawaban dari kekuatan yang dimiliki oleh monster tersebut.

Saat melakukan petualangan, dia bertemu Kakek Tua yang duduk di sebuah kursi roda bersama seekor kucing. Kemudian, mereka bertiga berpetualang untuk mencari seekor induk Naga.

Baca juga: Sinopsis Novel Cerita-Cerita Bahagia Hampir Seluruhnya

Nah, Gill ingin menggunakan Naga tersebut untuk mengalahkan Monster yang sering mengganggunya.

Meski menemukan induk Naga tidak mudha, tetapi akhirnya Gill menemukan sarang induk Naga tersebut.

Saat Gill siap untuk bertarung, tiba-tiba Monster itu merenggut induk Naga dan kawannya, bahkan kakek tuanya juga.

Gill mengaku kalah kemudian meminta agar Monster tidak menyentuh kakek tua tersebut. Saat dicengkram monster, Kakek Tua itu memberitahu Gill untuk segera sadar.

Tetapi, Gill tidak menghiraukannya. Hingga seekor kucing yang menyadarkannya bahwa monster itu menghilang.

Ternyata, Kakek Tua itu bukanlah orang biasa, dia dapat membaca pikiran orang lain. Kakek Tua itu menyadari bahwa monster tersebut adalah diri Gill sendiri.

Gill mempunyai bipolar yaitu ia mempunyai kepribadian ganda, dimana saat bahagia, makaakan muncul sisi gelap ia akan menjadi pemarah. Ternyata hal buruk terjadi karena dirinya sendiri.

Unsur Intrinsik Novel Bibi Gill Tere Liye

Adapun unsur-unsur intrinsik novel Bibi Gill Tere Liye yang membangun cerita novel menjadi lebih menarik ceritanya.

1. Tema

Tema novel Bibi Gill Tere Liye yaitu tentang petualangan dalam kehidupan.

Diceritakan petualangan tokoh Gill dalam memusnahkan monster yang dianggap sebagai kutukan untuk dirinya.

2. Tokoh

Tokoh dalam novel Bibi Gill Tere Liye, yaitu:

  • Gill,
  • Bill,
  • Kakek Tua,
  • Kucing,
  • Kedua Anak Gill.
  • Keenam Sahabat Gill.

3. Alur

Alur yang digunakan penulis untuk menggambarkan jalannya cerita yaitu menggunakan alur campuran yaitu alur maju dan mundur.

4. Latar Tempat

Latar tempat dalam novel Bibi Gill Tere Liye, yaitu:

  • Distrik Malam dan Misteri.
  • ABTT.
  • Rumah Gill dan Bill.

5. Latar Waktu

Latar waktu dalam novel Bibi Gill yaitu pagi hari, siang hari, dan malam hari.

Baca juga: Resensi Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Bibi Gill yaitu sudut pandang orang ketiga. Dimana, penulis menggambarkan para tokohnya dengan nama tokoh.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel yaitu menggunakan diksi yang sederhana. Hanya saja banyak kalimat perimajinasian penulis yang perlu pembaca pahami lebih dalam.

8. Amanat

Amanat dalam novel Bibi Gill karya Tere Liye yaitu segala sesuatu hal buruk yang terjadi di dalam hidupmu maka kamu lah yang bertanggungjawab atas hal tersebut.

Bisa jadi hal buruk yang terjadi adalah hasil dari perilaku kamu sendiri.

Unsur Ekstrinsik Novel Bibi Gill Karya Tere Liye

Adapun unsur ekstrinsik dalam novel Bibi Gill Tere Liye yang membuat cerita novel menjadi lebih bagus, berikut ulasannya.

1. Biografi Pengarang

Tere Liye atau Darwis merupakan sosok penulis yang populer di Indonesia. Produktivitasnya dalam membuat karya sastra yang bagus, kini sudah ada 30 buku yang ditulisnya sejak tahun 2005.

Penulis serba bisa ini dianggap cukup misterius. Ia tidak pernah membagikan kehidupan pribadinya.

Tere Liye senang menulis dengan banyak imaginasi sehingga membuat pembaca tertarik untuk terus mengikuti alur cerita dalam novelnya.

2. Psikologi Pengarang

Dengan pemikiran psikologi pengarang yang mampu berimajinasi cukup tinggi, ia mampu membuat cerita Bibi Gill dengan khayalan yang sangat bagus.

Mengenai latar dan nama para tokohnya cukup unik. Setiap tokohnya juga mempunyai peran yang sama penting sehingga mudah untuk dipahami karakteristiknya.

Kelebihan Novel Bibi Gill Tere Liye

Kelebihan novel Bibi Gill yaitu alur ceritanya yang sangat bagus. Siapapun yang membaca novel ini pasti terus merasa penasaran dengan isi kelanjutan cerita dalam novel.

Pembaca juga pasti akan menggunakan imajinasinya untuk membayangkan setiap kejadian yang terjadi di dalam novel.

Kekurangan Novel Bibi Gill Tere Liye

Kekurangan dalam novel Bibi Gill Tere Liye yaitu tokoh pendamping diceritakan sangat sekilas sehingga karakteristiknya tidak jelas.

Baca juga: Resensi Novel Ranah 3 Warna Beserta Sinopsis

Pesan Moral Novel Bibi Gill Tere Liye

Pesan moral novel Bibi Gill Tere Liye yaitu tidak menyalahkan orang lain atas kejadian yang terjadi dalam kehidupan kita.

Setiap hal yang terjadi dalam kehidupan adalah cerminan perilaku kita sendiri.

Artikel Menarik Lainnya: