Resensi & Sinopsis Novel Maryamah Karpov By Andrea Hirata

Sinopsis novel Maryamah Karpov secara lengkap akan kamu temukan dalam artikel ini. Mulai dari sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, serta kelebihan dan kekurangannya.

Bukan hanya itu kamu juga akan menemukan apa pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut. Untuk itu simak terus artikel ini sampai selesai agar kamu mengetahui informasi ini secara lengkap.

Resensi Novel Maryamah Karpov Karya Andrea Hirata

Berikut merupakan resensi novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata, diantaranya sebagai berikut:

1. Identitas Novel Maryamah Karpov Karya Andrea Hirata

Novel Maryamah Karpov ini merupakan buku tetralogi karya Andrea Hirata yang ke empat. Buku ini di terbitkan oleh Bentang Pustaka dengan jumlah halaman 504 halaman dan di terbitkan pada tahun 2008.

2. Sinopsis Novel Maryamah Karpov Karya Andrea Hirata

Sinopsis novel Maryamah Karpov ini mengisahkan tentang semua hal tentang Laskar Pelangi, A Ling, Arai, Lintang dan beberapa tokoh sebelumnya di buku tetralogi Andrea Hirata.

Anda akan di bawa penulis pada kisah-kisah yang menakjubkan sekaligus mengaharukan. Keberanian dan keteguhan hati telah membawa Ikal pada banyak tempat dan peristiwa.

Dengan sepenuh hati Ikal rela berlayar ke Pulau Batuan atau di kenal dengan pulau tempat para lanun yang berkumpul dan bersembunyi dari pengejaran polisi.

Ikal dengan bantuan Arai, Lintang, dan lainnya akhirnya berhasil membuat perahu dan pergi ke Pulau tersebut. Ikal bersusah payah untuk mencari keberadaan A Ling.

Dapatkah Ikal menemukan sang pujaan hatinya tersebut? Lalu bagaimana kisah cinta mereka pada akhirnya? Penasaran? Jawabannya ada di dalam novel Maryamah Karpov.

3. Kelebihan Novel Maryamah Karpov

Kelebihan yang terdapat dalam novel Maryamah Karpov ini, diantaranya adalah:

  • pertama dimana novel ini memiliki sampul atau cover yang cukup menarik perhatian. Sehingga menjadi pertanyaannya apakah itu sosok A Ling? Dan ternyata itu bukan A Ling melainkan itu adalah Nurmi.
  • Kelebihan selanjutnya novel ini memiliki kualitas kertas cukup bagus sehingga terlihat ringan dan elegan.
  • Dan novel ini merupakan kelanjutan dari ketiga novel sebelumnya. Kisahnya masih seputar Ikal dan kawan-kawannya serta pujaan hatinya A Ling. Kisah mereka selalu di tunggu-tunggu kelanjutannya.

4. Kekurangan Novel Maryamah Karpov

Sama halnya dengan novel lainnya novel ini memiliki kekurangan. Walau novel ini membuat orang yang membaca tidak bisa menghentikan bacaannya. Ketika setelah membaca kamu akan menemukan kejanggalan dari novel ini.

Yaitu tidak adanya di temukan hubungan langsung antara judul dan bangunan cerita secara keseluruhan.Hanya itu kekurangannya selebihnya novel ini cukup recomended untuk di jadikan bacaan harian kamu.

5. Unsur Intrinsik Novel Maryamah Karpov

Berikut ini merupakan unsur intrinsik dari novel Maryamah Karpov, diantaranya adalah:

5.1. Tema

Tema yang diambil dalam novel ini yaitu tentang kehidupan sosial masyarakat Belitong dengan di bumbui kisah pengorbanan cinta seorang Ikal terhadap sang pujaan hatinya.

5.2. Tokoh dan Penokohan

  • Ikal, ia merupakan tokoh utama dalam novel. Ia pemuda yang berambut ikal yang selalu serba ingin tahu.
  • Ayah, ayah ini merupakan ayah Ikal yang selalu berbesar hati dan bertanggung jawab serta penyayang.
  • Ibu, ialah sosok lembut yang penyayang, perhatian dan juga sabar.
  • Arai, ialah sahabat Ikal yang berperawakan kurus dan memiliki sifat penakut.
  • Lintang, merupakan sahabat Ikal yang memiliki otak yang sangat cerdas.
  • A Ling, ia gadis yang cantik dan juga baik hati.
  • Mahar, merupakan sahabat Ikal yang kreatif dan tidak pernah putus asa.
  • Kalimut, ia memiliki sifat yang gigih dengan muka yang tampak tua.
  • Chung Pang, ia memiliki sifat yang periang.
  • Ketua Karmun, ia memiliki sifat yang tak pantang menyerah dan tidak pernah putus asa.
  • Tuk Bayan Tula, ia memiliki sifat sombong dan angkuh.

5.3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Maryamah Karpov ini adalah menggunakan alur campuran. Dimana ada alur maju dan alur mundur di dalamnya.

5.4. Latar Waktu

Pada novel Maryamah Karpov ini penulis menceritakan semua kejadian yang di alami penulis ketika berumur 24 tahun. Di dalam cerita di ceritakan hari-harinya di Belitong hingga umur 25 tahun.

Dan latar waktu setiap harinya ada pagi hari, siang hari dan malam hari.

5.5. Latar Tempat

Pada novel Maryamah Karpov ini penulis menceritakan latar tempat di Belitong. Dengan setting tempat yang biasa terpakai seperti Rumah Ikal, Rumah Zakiah, Warung Kopi, Sungai Linggang, Dermaga, Pulau Batuan.

Selain itu ada Pasar Ikan, Sekolah Dasar Laskar Pelangi, Toko Harapan Bangsa, Rumah Puani, dan banyak lagi yang lainnya.

5.6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Maryamah Karpov ini adalah menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama. Karena dalam cerita penyebutan kata “aku” sebagai pengungkapan.

5.7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Maryamah Karpov ini menggunakan gaya bahasa sehari-hari yang mudah di pahami dan di mengerti.

Namun ada majas yang sering di gunakan yaitu adalah metafora, dan Tertralogi.

5.8. Amanat

Banyak amanat yang terkandung dalam novel Maryamah Karpov, namun ini merupakan sebagian yang saya ambil sebagai contoh saja, diantaranya adalah:

  • Sudah sepatutnya kita memperjuangkan cinta untuk hidup ini dengan cara penuh pengorbanan.
  • Sebaiknya sebagai masyarakat yang baik kita bisa meminimalisir ketelatan dalam segala bidang.
  • Sebaiknya pula pemerintah tidak sibuk memikirkan diri sendiri sehingga masyarakat sedikit terabaikan.
  • Siapa yang menabur senyum dialah yang akan menuai cinta.
  • Seseorang yang menjadi sumber kekuatan terbesar ia pula sumber kelemahan terbesar.
  • Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda sehingga dengan seni dapat memberi ilmu untuk menyiasati hidup.
  • Menurut ketentuan agama, tidak boleh mendiamkan orang tua ketika bertanya lebih dari tiga kali.

6. Unsur Ekstrinsik Novel Maryamah Karpov

Berikut merupakan unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel Maryamah Karpov, diantaranya adalah:

6.1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah tentang persahabatan yang erat antara Ikal, Arai, Lintang dan lainnya. Persahabatan mereka dari kecil hingga dewasa terjalin dengan baik.

6.2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung dalam novel ini adalah bagaimana mereka menjaga sikap terhadap orang tua. Dan menghormati orang yang lebih dewasa.

6.3. Nilai Agama

Nilai agama yang terdapat dalam novel Maryamah Kaprov ini. Bagaimana persahabatan mereka mencerminkan bahwa menjalin silaturahmi itu penting agar komunikasi berjalan baik.

6.4. Nilai Ekonomi

Nilai yang terkandung dalam novel ini mengenai ekonomi adalah dimana masyarakat Belitong yang sehari-hari bekerja sebagai pengolah timah di perusahaan-perusahaan asing.

6.5. Latar Belakang Penulis

Lingkungan tempat tinggal penulis mempengaruhi psikologi penulis novel. Apalagi novel ini merupakan kisah nyata penulis sehingga latar sesuai dengan tempat tinggal penulis yaitu di Desa Gantung kabupaten Gantung Belitong Timur.

7. Pesan Moral Novel Maryamah Karpov Karya Andrea Hirata

Pesan moral yang terdapat dalam sinopsis novel Maryamah Karpov ini adalah Sudah sepatutnya kita memperjuangkan cinta untuk hidup ini dengan cara penuh pengorbanan.

Artikel Menarik Lainnya: