Sinopsis Novel Senior Beserta Intrinsik Hingga Pesan Moral

Sinopsis novel Senior ini akan menceritakan seluk beluk novel ini secara lengkap. Seperti identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik juga pesan moral apa yang terkandung dalam novel tersebut.

Bukan hanya itu kamu juga akan menemukan kelebihan dan juga kekurangan dari novel Senior. Yuk, simak artikel ini sampai selesai agar kamu mengetahui informasi resensi novel Senior secara lengkap.

Identitas Novel Senior

Judul NovelSenior
PenulisIka Ivano
Jumlah halaman320 halaman
Ukuran buku21×14 cm
PenerbitPastel Books
KategoriNovel Romantis
Tahun Terbit2018
Harga novelRp. 75.000

Sinopsis Novel Senior

Sinopsis novel senior ini menceritakan tentang jangan mau masuk SMA Sevit Bandung. Kalau elo enggak berani ngadepin galaknya kakak-kakak kelas. Baru MOS aja, mereka udah nunjukin taringnya.

Enggak percaya? Aluna harus mengalaminya pada waktu pertama ikutan MOS. Boro-boro bertabrakan dengan cowok ganteng dan ujung-ujungnya jadian, dia malah tabrakan dengan ketua MOS yang galak.

Dan sialnya dia lagi mergokin Aluna datang terlambat! Mampus deh Aluna.

Enggak heran dong dia di hukum keliling lapangan di depan semua peserta lain. Emang tega banget senior-senior di Sevit. Sampai-sampai ada peserta yang berusaha kabur.

Nakula ketua MOS yang irit bicara dan galak tapi ganteng. Aluna bakal berdiri dan menentang sang Ketua MOS tersebut.

Lalu bagaimana kelanjutan kisahnya cewek berisik dengan cowok irit bicara tersebut? Penasaran? Jawabannya ada buku Senior.

Unsur Intrinsik Novel Senior

Berikut merupakan unsur ekstrinsik novel Senior karya Ika Ivano, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang terdapat dalam novel ini adalah menceritakan kisah cinta romantis pada masa remaja SMA.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Nakula Jamie Manuel Megantara, ia merupakan ketua OSIS yang sangat tampan dan juga pintar dan merupakan cowok populer di Sekolah SMA Sevit. Ia memiliki sifat acuh, disiplin dan teratur, serta kaku.
  • Aluna Amanda Nindiatama, ia merupakan anak yang baru masuk SMA Sevit. Ia merupakan gadis yang cantik, ramah, namun berisik.
  • Sadewa, kembaran Nakula yang tengah koma. Memiliki sifat periang, humoris, familiar, peduli dengan sekitar, dan terkesan sembrono.
  • Teman-teman Nakula ada Kainan, Galih, Nabila, Milo, dan Arjuna.
  • Teman-teman Aluna yaitu Natasha, Rara, Hans, Zifal dan Kinan.
  • Mama Nakula, penyayang, baik hati, perhatian.
  • Ibu Aluna, penyayang, baik hati dan juga perhatian.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Senior ini merupakan alur campuran. Dimana di dalamnya terdapat alur maju dan alur mundur.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu pagi hari, siang hari, sore hari, dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel senior ini adalah, SMA Sevit, kantin, lapangan, Rumah Nakula, Rumah Aluna, jalan raya, dan lain.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Senior ini menggunakan sudut pandang orang pertama serba tahu atau sebagai pelaku utama. Penulis mengisahkan dirinya sebagai “aku”.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Senior karya Ika Ivano yaitu bahasa sehari-hari. jadi novel ini sangat ringan dan tidak baku sehingga membuat nyaman para pembaca saat membacanya.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel Senior ini adalah menyikapi bagaimana MOS yang seharusnya dimana sekarang MOS banyak terjadi penyiksaan fisik sehingga membuat takut para siswa baru.

Jangan ada balas dendam saat MOS seperti yang dilakukan Senior terhadap adik-adik juniornya. Sebaiknya berikan pengalaman yang bermanfaat agar dapat di jadikan sebuah pelajaran untuk kegiatan MOS selanjutnya.

Unsur Ekstrinsik Novel Senior

Setelah mengetahui unsur intrinsik kita juga perlu mengetahui unsur ekstrinsik dari novel Senior ini, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel Senior ini adalah tentang bagaimana Junior yang menjaga sikap terhadap kakak seniornya. Kakak senior yang terlihat angkuh, kaku dan galak.

Ternyata memiliki sikap baik yang tak di sangka-sangka berbeda jauh dari penampilannya. Untuk itu janganlah menilai seseorang dari tampilan luarnya saja.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung dalam novel Senior ini adalah tentang bagaimana kakak senior yang memperlakukan adik juniornya yang datang terlambat. Dan sudah seharusnya Senior memiliki sikap tegas bukan galak.

Dan yang dilakukan kakak Senior sudah betul bahwa yang datang terlambat harus di beri hukuman sebagai efek jera agar Aluna lebih disiplin lagi terutama dalam hal menghargai waktu.

3. Nilai Budaya

Nilai budaya yang terkandung dalam novel Senior ini adalah mengangkat budaya yang ada di Indonesia. Terutama sekolahnya yang setiap ajaran baru dan masuk ke tingkat yang lebih tinggi selalu ada MOS.

Mos merupakan Masa Orientasi Siswa yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah serta fasilitas dan juga kawan baru. Namun kebanyakan kegiatan MOS yang selalu menjadikan ajang balas dendam.

Karena dulu juga mereka mendapatkan perlakuan hukuman fisik sehingga menular ke anggota selanjutnya untuk melakukan hukuman fisik terhadap siswa MOS baru

Kelebihan Novel Senior

Berikut merupakan kelebihan yang terdapat dalam novel Senior karya Ika Ivano, diantaranya adalah:

  1. Penyampaian cerita dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dimengerti menjadikan novel ini sangat nyaman untuk di jadikan bacaan harianmu.
  2. Memiliki cover dan sinopsis di bagian belakangnya sehingga membuat novel semakin menarik.
  3. Setiap toko memiliki karakter yang cukup kuat sehingga pembaca bisa membedakan karakternya dengan sangat mudah. Apalagi tokoh utamanya yang terkesan kasar dan dingin namun ternyata Nakula sangat peduli dan baik.
  4. Novel ini memiliki rating yang cukup tinggi di berbagai Platform baca novel online seperti wattpad, Innovel, cabaca dan lain-lain.
  5. Sudah dibaca lebih dari 21 juta kali itu merupakan pencapaian yang sangat luar biasa dari karya Ika Ivano ini.
  6. Dan buku ini merupakan buku pertama dari trilogi karya Ika Ivano yang memiliki banyak pembaca. Yang kedua Inestable dan ketiga Athlas.
  7. Saking banyaknya yang berminat dengan novel ini, sehingga novel Senior akan segera di filmkan

Kekurangan Novel Senior

Selain kelebihan-kelebihannya yang cukup banyak. Ternyata novel senior ini pun masih memiliki kekurangan dan kekurangannya adalah:

1. Kekurangan yang pertama dalam novel senior ini adalah ceritanya kurang padat dan kurang fokus

2. Karena kurang padat jadi ada adegan yang terlalu cepat berpindah sehingga alurnya terasa terlalu cepat tahu-tahu sudah selesai saja.
Mungkin hanya itu kekurangan dari novel senior ini.

Dilihat dari kelebihan-kelebihannya kekurangannya tersebut tidaklah seberapa. Dan novel ini cukup recomended untuk coba kamu baca.

Pesan Moral Novel Senior

Bagian terakhir dari Sinopsis Novel Senior ini adalah pesan moral. Dan apa pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut.Adalah menyikapi bagaimana MOS yang seharusnya dimana sekarang MOS banyak terjadi penyiksaan fisik sehingga membuat takut para siswa baru.

Jangan ada balas dendam saat MOS seperti yang dilakukan Senior terhadap adik-adik juniornya. Sebaiknya berikan pengalaman yang bermanfaat agar dapat di jadikan sebuah pengalaman baik untuk kegiatan MOS selanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya: