Resensi Novel Hijrah Cinta, Novel Islami Paling Keren!

resensi novel hijrah cinta

Resensi novel Hijrah Cinta karya Dini Fitria menceritakan perjalanan cerita kehidupan yang penuh makna. Dimana, saat tokoh dalam novel mengalami perasaan putus asa dalam kehidupan.

Meski hidupnya benar-benar sudah terasa sangat berat dan tidak bermakna. Tetapi, ia menjelajajah kehidupan Muslim di negeri Latin yang sangat seru dan menyenangkan.

Penasaran seperti apa proses hijrah yang dilalui oleh tokoh dalam novel ini? apakah berkaitan dengan kehidupan percintaannya? baca artikelnya sampai selesai ya.

Identitas Novel

Judul NovelHijrah Cinta
PenulisDini Fitria
Jumlah halaman358 Halaman
Ukuran buku14X20mm
PenerbitFascon Publishing
KategoriReligi
Tahun Terbit2017
Harga novelRp. 30.500,00

Novel Hijrah Cinta karya Dini Fitria berjumlah 358 halaman. Buku ini diterbitkan oleh Fascon Publishing pada tahun 2017 dengan kategori buku fiksi.

Harga buku Hijrah Cinta yaitu Rp. 30.500,00.

Sinopsis Novel Hijrah Cinta

Novel Hijrah Cinta karya Dini Fitria menceritakan tentang kehidupan seorang tokoh yang ingin lari dari takdir. Hal tersebut karena ia merasa hidupnya sangatlah sulit, bahkkan dia memiliki keinginan untuk terbang hingga dua belas ribu kilometer. Sejauh itu untuk menghindari kenyataan dalam hidupnya.

Ia selalu berusaha untuk mengubur duka dalam pikirannya. Kemudian, ia mengganti semua duka itu dengan melanjutkan kisah petualangan yang sangat inspiratif. Caranya yaitu ia pergi ke Negeri Latin.

Sebagai seorang wanita muslimah, ia berpetualang dan mencari hikmah dari setiap perjalanan dalam kehidupannya. Bahkan, Dini pun pernah menjadi seorang produser di berbagai acara televisi. Salah satunya yaitu pernah menjadi produser di televisi Swasta yang kemudian ia mendapatkan penghargaan.

Dengan beberapa karyanya, Dini membagikan kisah-kisah yang penuh dengan hikmah mengenai agama Islam dan kehidupan sebagian besar orang muslim yang ada di seluruh wilayah bagian dunia. Tentunya, semua cerita tersebut menginspirasi para pembacanya.

Dari kisah yang dituliskan oleh penulis disini, ia berusaha untuk menggali semua perjalanannya yang ada di seluruh dunia. Tetapi, lebih fokus dengan kehidupan muslim yang ada di Meksiko dan Argentina. 

Dimana, di negara tersebut seorang muslim tidak perlu menunjukkan dirinya sebagai seorang muslim yang sebenarnya. Seperti, pakaian mereka juga jauh seperti orang muslim.

Setiap kisah dalam cerita tersebut disampaikan dengan detail mengenaik kehidupan.

Sehingga banyak pengalaman pribadi yang menyatakan kepada pembaca seluruh dunia bahwa Islam adalah agama yang suci dan bersih, bukan agama teroris.

Unsur Intrinsik Novel

Novel Hijrah Cinta karya Dini Fitria mempunyai unsur-unsur intrinsik yang menarik untuk diketahui, yaitu:

1. Tema

Tema dalam novel Hijrah Cinta karya Dini Fitria memuat tentang proses hijrah kehidupan tokohnya.

Hijrah dari kehidupannya yang kelam menjadi kehidupan yang menjadi lebih baik.

Semua perjalanan dalam kehidupan di negeri Latin membeirkan banyak hikmah kehidupan yang membuatnya memutuskan untuk berhijrah.

2. Tokoh

Tokoh yang terdapat dalam novel Hijrah Cinta yaitu tokoh aku. Banyak tokoh umat muslim lainnya.

3. Latar Tempat

Latar tempat yang terdapat dalam novel Hijrah Cinta yaitu negeri Latin, Meksiko, dan Argentina.

4. Latar Waktu

Latar waktu dalam novel Hijrah Cinta yaitu menceritakan suatu kondisi atau peristiwa saat pagi hari, siang hari, dan malam hari.

5. Alur

Alur yang digunakan penulis untuk menceritakan novel Hijrah Cinta yaitu alur maju. Dimana kisahnya selalu berlanjut dari cerita-cerita sebelumnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang novel menggunakan penggambaran tokoh aku. Sehingga pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama.

7. Gaya Bahasa

Terdapat sedikit sentuhan bahasa Inggris dalam novel, berkaitan dimana saat penulis menceritakan kehidupannya di Negeri Latin.

Tetapi, sebagian besar gaya bahasa dalam novelnya menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah untuk dipahami.

8. Amanat

Menentukan pilihan menjadi orang yang baik adalah suatu hal yang mudah. Tetapi, melewati sehingga proses dan rintangannya perlu keteguhan hati yang kuat.

Unsur Ekstrinsik Novel

Unsur ekstrinsik novel Hijrah Cinta karya Dini Fitri memuat banyak sekali nilai-nilai kehidupan, yaitu:

1. Nilai Religi

Novel religi Hijrah Cinta karya Dini Fitri ini memuat banyak sekali hal-hal yang mungkin belum diketahui oleh para pembacanya. Seperti, setiap kehidupan orang muslim yang ada di luar negeri.

Terutama di negara Meksiko, dan Argentina.

Selain itu, penulis juga mengajak pembaca untuk sama-sama berhijrah menjadi pribadi umat muslim dengan kehidupan yang lebih baik.

2. Nilai Sosial

Nilai sosial dilihat dari toleransi yang dimiliki oleh setiap umat muslim yang tinggal di luar negeri.

3. Nilai Moral

Nilai moral dalam novel yaitu bersikap baik, seperti tolong-menolong tidak hanya kepada umat muslim saja. Tetapi, kepada semua umat yang ada di dunia.

Kelebihan Novel

Kelebihan novel Hijrah Cinta karya Dini Fitria yaitu memuat cerita petualangan di negeri Latin yang sangat detail. Dengan demikian, pembaca jadi tahu kehidupan umat muslim di luar negeri secara real.

Kekurangan Novel

Kekurangan novel Hijrah Cinta yaitu terdapat sedikit penggunaan bahasa asing yang kurang mudah dipahami oleh pembacanya.

Pesan Moral Novel Hijrah Cinta

Pesan moral novel Hijrah Cinta yaitu proses hijrah adalah hal yang baik. Lewati semua proses hijrah dengan baik, meski tidak dengan banyaknya dukungan dari orang-orang di sekitar.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: