Apa Perbedaan Antara Kata Khusus Dengan Istilah Khusus?

Apa Perbedaan Antara Kata Khusus Dengan Istilah Khusus?

Apa Perbedaan Antara Kata Khusus Dengan Istilah Khusus

Pada saat berkomunikasi tentunya kita menggunakan bahasa yang baik dan benar. Sehingga pemilihan kata dan penggunaannya akan sangat penting.

Dalam bahasa Indonesia pemilihan kata di sebut diksi. Tentu ada banyak diksi yang harus di perhatikan. Seperti halnya kata khusus dan istilah khusus.

Tahukah kamu Apa Perbedaan Antara Kata Khusus Dengan Istilah Khusus? Meski sama-sama memiliki kata khusus nyatanya dua kosa kata itu berbeda arti dan penggunaannya.

Agar semakin paham kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai. Karena di sini akan dijelaskan secara terperinci apa itu kata khusus, apa itu istilah khusus serta perbedaannya tentunya. Di simak yuk!

Pengertian Kata Khusus dan Istilah Khusus

Berikut merupakan pengertian secara lengkap mengenai kata khusus dan istilah khusus, diantaranya adalah:

1. Kata Khusus Adalah

Kata khusus merupakan kata yang cakupan artinya sempit atau terbatas. Kata khusus kerap kali di kenal dengan sebutan hiponim atau subordinat.

Yakni kelompok kata yang ruang lingkup arti atau maknanya mencakup hal-hal sempit atau bersifat khusus terhadap aspek tertentu.

Kata khusus adalah bagian dari kata umum yang memiliki makna terbatas. Di samping itu, kata khusus juga diartikan sebagai kelompok kata yang maknanya sudah ditentukan atau bersifat khusus.

Dari pengertian-pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa kata khusus adalah kelompok kata yang memiliki artian sempit.

Atau kelompok kata yang maknanya merujuk kepada suatu hal secara spesifik.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kata khusus merupakan kata umum yang memiliki makna lebih spesifik.

Agar lebih paham akan saya berikan beberapa contoh mengenai kata khusus. Ada pun contohnya ialah seperti berikut di bawah ini:

  • Kata Umum kendaraan , maka kata khususnya adalah: mobil, motor, bus, kereta api, pesawat terbang, kapal veri dan masih banyak lagi kendaraan lainnya.
  • Kata umum Minuman, maka kata khususnya bisa jus, teh, susu, kopi, air soda dan masih banyak minuman lainnya.
  • Kata umum bunga, maka kata khususnya ada melati, mawar, dahlia, sepatu, kemboja dan bunga-bunga lainnya.
  • Kata umum olahraga, maka kata khususnya bisa pencak silat, badminton, voli, renang, lari, bulu tangkis dan masih banyak olahraga lainnya.

Nah, dengan membaca contoh-contohnya tersebut yang telah disebutkan tadi maka kamu perlu mengetahui bahwasanya.

Kata khusus adalah kata yang memiliki makna khusus atau makna yang spesifik guna merujuk kepada suatu hal.

2. Istilah Khusus Adalah

Istilah itu sendiri adalah kata atau gabungan kata yang digunakan sebagai nama atau lambang.

Yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Istilah terbagi menjadi dua yaitu ada istilah umum dan istilah khusus.

Istilah umum adalah kata yang awalnya berasal dari bidang tertentu kemudian digunakan secara luas hingga dianggap sebagai kosa kata umum.

Contoh istilah umum yaitu meja, kursi, lemari yang merupakan istilah dalam bidang perabotan atau interior.

Karena perabotan tersebut digunakan seacar luas maka istilah tersebut pun menjadi umum.

Sedangkan istilah khusus adalah kosakata yang di pakai secara terbatas di bidang tertentu. Meski suatu istilah sudah ada sejak lama, tetap saja tidak menajdi kosakata umum yang digunakan sehari-hari.

Biasanya hal tersebut hanya digunakan dalam satu bidang tertentu, misal kedokteran, ekonomi, dan politik.

Sebagai contohnya seperti istilah kardiovaskular, hipertensi, morbiditas, mortalita itu merupakan istilah yang sejak lama dalam bidang kedokteran.

Istilah-istilah tersebut menjelaskan hal-hal yang hanya berkaitan di bidang kesehatan.

Kata istilah deflasi, bull market, bera market merupakan kosakata istilah dalam bidang ekonomi dan itu merupakan istilah yang khusus membicarakan bidang tersebut.

Perbedaan Antara Kata Khusus Dengan Istilah Khusus

Setelah memahami pengertian dari kata khusus dan istilah khusus sekarang mari kita cari perbedaan di antara keduanya. Ada pun perbedaan antara kata khusus dengan istilah khusus adalah:

1. Kata dan Istilah Itu Berbeda

Kata merupakan unsur bahasa yang dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam bahasa.

Sedangkan istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan atau sifat khusus.

2. Berbeda Makna Dan Cara Pengungkapannya

Jika kata khusus lebih kepada menjelaskan apa yang menjadi macam-macan dari kata umum.

Seperti kata umum kendaraan maka kata khususnya bisa macam-macam kendaraannya seperti mobil, motor, pesawat dan lain sebagainya.

Sedangkan istilah khusus adalah merupakan istilah yang hanya digunakan oleh bidang-bidang tertentu semisal istilah kedokteran, ekonomi dan lain sebagainya.

3. Berbeda Kegunaannya

Jika kata khusus merupakan kata yang terbatas maknanya atau lebih spesifik dan tidak ada macam-macamnya lagi.

Tapi umumnya masih di gunakan oleh masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Seperti kata mobil, bulu tangkis, mawar dan masih banyak contoh kata khusus lainnya. Ini merupakan kata yang terbilang pamiliar di masyarakat.

Sedangkan istilah khusus merupakan istilah lama namun tidak bisa dijadikan sebagai kata yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari.

Karena istilah khusus hanya di gunakan sebagai pembahasan dalam bidang-bidang tertentu saja.

4. Berbeda Yang Menyampaikannya

Jika kata khusus bisa di sampaikan oleh siapa saja karena merupakan kata yang bisa digunakan sehari-hari oleh masyarakat luas.

Berbeda dengan istilah khusus hanya orang yang paham dalam bidang tertentu saja terkait istilah khusus yang bersangkutan.

Misal bidang kedokteran biasanya orang yang menjelaskan istilah khusus adalah dokter dan lain sebagainya.

Jadi, Apa Perbedaan Antara Kata Khusus Dengan Istilah Khusus?

Jadi, perbedaan kata khusus dengan istilah khusus yaitu beda pengertiannya, kegunaannya, dan orang yang menyampaikannya.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: