[8 Trik] Bagaimana Langkah Langkah Membaca Scanning?

Bagaimana langkah langkah membaca scanning? Kamu membutuhkan trik ini untuk memahami kalimat tertentu dengan cepat. Di sekolah biasanya teknik ini digunakan ketika belajar membaca cepat.

Teknik scanning merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memahami bacaan dengan cepat. Ini sangat penting dikuasai, agar proses membaca kamu bisa lebih efektif dan efisien.

Kamu akan tahu cara membaca scanning di artikel ini, sebentar lagi. Akan saya bocorkan bagaimana trik scanning yang baik dan benar serta paling efektif.

Apa Itu Teknik Membaca Scanning?

Membaca scanning merupakan sebuah teknik yang digunakan dalam proses membaca agar lebih cepat menyelesaikan bacaan namun tetap mendapatkan informasi lengkap dari apa yang dibaca.

Informasi yang ada dalam bacaan bisa didapatkan dengan sangat cepat tanpa kehilangan 1 makna sekalipun. Namun tetap mengutamakan kecepatan dalam membaca.

Secara bahasa scanning berarti memindai, cara kerjanya seperti mesin scanning yang ada di tempat fotokopi. Namun yang dimaksud di sini bukan itu tapi teknik membaca.

Bagaimana Langkah Langkah Membaca Scanning?

Membaca dengan teknik scanning ini tidak akan bisa dilakukan langsung. Tapi harus melalui beberapa kali latihan. Karena kita perlu melatih kecepatan membaca dan kecepatan mata.

Keduanya harus terkombinasi dengan baik agar tujuan dari teknik scanning itu terpenuhi. Adapun langkah langkah membaca dengan teknik scanning, yaitu sebagai berikut:

1. Lihat Format Tulisan

Setiap tulisan punya gaya dan format penulisan tertentu. Artikel opini akan beda format nya dengan artikel listicle. Buku fiksi dan buku non fiksi juga beda format nya.

Jika kamu baca artikel atau tulisan dengan format listicle, kamu harus melihat poin-poin tulisannya. Jika kamu membaca tulisan dengan format deskripsi, kamu wajib baca paragraf awal, tengah dan akhir.

2. Cari Kata Kunci Bacaan

Kamu pasti akan kesulitan melakukan scanning bacaan jika kamu tidak tahu kata kunci dari sumber bacaannya. Maka salah satu hal yang perlu dan harus kamu lakukan adalah pahami kata kunci bacaannya.

Kata kunci dari sebuah tulisan baik itu di buku fiksi ataupun nonfiksi atau bahkan di artikel post di blog biasanya ada di bagian awal tulisan atau dibagian pembuka tulisan.

3. Lihat dengan Cepat

Namanya juga teknik scanning, proses membacanya harus cepat dan jangan berlama-lama. Kamu harus baca bagian penting dari teks yang sedang kamu baca.

Membaca dengan teknik scanning mengutamakan kecepatan. Kamu harus bisa mendapatkan informasi secepat mungkin.

4. Baca Paragraf Awal

Untuk mendapatkan informasi dengan lengkap dalam waktu yang cepat, bagian paling penting harus kamu baca adalah paragraf awal. Bagian ini sangat penting kamu perhatikan.

Di sini kamu akan temukan kalimat atau kata-kata penting yang akan jadi informasi inti dari isi dalam teks yang kamu baca.

5. Lihat Poin-Poin Bahasan

Pada setiap tulisan baik itu di buku fiksi ataupun nonfiksi pasti akan ada poin-poin penting yang jadi uraian materi nya. Dalam tahapan ini, kamu harus baca setiap poin nya.

Poin ini akan menyimpulkan isi semua teks bacaan yang ada dalam artikelnya. Jadi kamu perhatikan dengan baik setiap poin yang ada dalam teks yang kamu baca.

6. Perhatikan Kata Cetak Tebal atau Miring

Dalam suatu bacaan, kadang hal penting itu ditandai dengan menggunakan cetak tebal atau miring. Kamu harus benar-benar perhatikan di bagian ini.

Mencari kata dengan cetak tebal dan miring tentu tidaklah sulit. Kamu bisa temukan di cetakannya dengan mudah.

7. Perhatikan Gambar & Tabel

Teknik membaca scanning lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memperhatikan pada bagian gambar dan juga tabel. Gambar dan tabel merupakan 2 hal yang berisi informasi pendukung.

Jadi komposisi nya pasti sudah jelas akan berisi data penjelas atau pendukung teks bacaan yang dibaca. Dengan membaca tabel dan gambar, kamu akan tahu informasi lengkap dari teks bacaan kamu.

8. Baca Kesimpulan atau Penutup

Bagian penutup juga jangan sampai kamu lewatkan, karena di sini kamu akan dapatkan informasi penting. Kamu akan tahu simpulan dari bacaan yang sedang kamu baca.

Baca juga: Teknik Membaca Geguritan yang Baik & Benar

Apakah Tujuan Membaca Scanning?

Membaca dengan teknik scanning tentu memiliki tujuan dan manfaat khusus. Dalam kondisi tertentu teknik membaca scanning ini sangat dibutuhkan.

Adapun beberapa tujuan membaca scanning, yaitu:

1. Mempercepat Proses Membaca

Membaca dapat membuat mata cepat lelah, kadang informasi yang seharusnya kamu dapatkan malah jadi kabur.

Dengan membaca teks lebih cepat kami hilangkan hal tersebut. Tidak perlu waktu lama untuk membaca teks tertentu.

2. Lebih Hemat Waktu

Selain itu, waktu membaca juga akan lebih hemat. Jadi kamu tidak perlu buang-buang waktu.

3. Menghindari Risiko Sakit Mata Karena Membaca

Kamu juga akan terhindar dari risiko mata lelah karena kelamaan membaca.

4. Mendapatkan Informasi dengan Cepat

Kamu akan dapatkan informasi yang ada dalam tulisan yang kamu baca dengan cepat.

5. Menghemat Waktu

Waktu yang kamu butuhkan untuk mendapatkan informasi ini juga akan lebih cepat dan lebih hemat.

6. Meningkatkan Efektivitas Membaca

Proses membaca akan lebih efektif. Kamu bisa dapatkan informasi dengan cepat tanpa butuh waktu yang lebih lama.

Akhir Kata

Bagaimana langkah langkah membaca scanning? Dari uraian di atas, bisa kita simpulkan bahwa cara membaca scanning itu adalah dengan mengenali kata kunci dan juga melihat pada poin + tabel dan gambar.

Teknik ini bisa meningkatkan efektivitas membaca dan memungkinkan pembaca mendapatkan informasi dalam waktu yang lebih cepat.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Info Menarik Lain untuk Kamu: