Cara Membuat Biodata Penulis Buku & Novel [Baik & Benar]

Cara Membuat Biodata Penulis Buku & Novel

Cara membuat biodata penulis pastinya sangat di butuhkan. Dimana salah satu syarat agar naskah buku kita di terima penerbit adalah harus lengkap. Mulai dari judul, daftar isi, hingga biodata penulis itu sangat dibutuhkan.

Meski biodata di simpan di bagian akhir namun kita tidak boleh menulis biodata secara asal-asalan loh. Biodata harus di tulis secara profesional. Bagi kamu yang sedang membutuhkan referensi untuk membuat biodata penulis semoga tulisan saya ini bermanfaat.

Kenapa Harus Membuat Biodata Penulis?

Lalu apa alasan kita sebagai penulis menulis biodata penulis di bukunya. Hal pertama yang di singgung di awal paragraf bahwa biodata penulis merupakan salah satu syarat untuk diterima penerbit.

Selain itu tentu saja sebagai ajang perkenalan antara pihak penulis dengan pihak editor atau pihak redaksi. Banyak loh tulisan yang masuk ke redaksi atau editor namun ada sebagian yang tidak mencantumkan biodata penulis tulisannya akan di lewat meski bagus.

Karena pihak editor atau redaksi bingung dong mau menghubungi penulisnya seperti apa karena tidak ada kontak yang bisa dihubungi. Nah, jadi biodata penulis itu sangat penting ya.

Cara Membuat Biodata Penulis Buku Sendiri

Adapun berikut merupakan cara membuat biodata penulis buku sendiri, diantaranya yaitu:

1. Siapkan Data Diri Secara Lengkap

Hal pertama dalam membuat biodata penulis buku sendiri adalah kamu perlu menyiapkan data diri secara lengkap mulai dari ijazah, KTP atau sertifikat lain yang menunjang data diri kamu agar lengkap.

2. Siapkan Foto Terbaik Versi Kamu

Lalu selanjutnya kamu siapkan foto terbaik versi kamu tentunya ini digunakan jika kalian ingin mempublikasikan sosok kalian kepada pembaca. Tidak menggunakan foto sebetulnya juga tidak masalah.

Lalu foto yang seperti apa yang harus ditampilkan? Kebanyakan penulis nyaman menggunakan foto non formal dan santai. Untuk eksistensi pemasangan foto itu boleh namun tidak wajib.

3. Tulis Nama Lengkap, Tempat & Tanggal Lahir

Nah, gunanya kamu menyiapkan data diri tadi di paling atas adalah untuk melihat nama kamu secara lengkap tempat dan tanggal lahir. Tidak jarang kan ada orang yang kadang sering lupa penulisan nama dan tanggal lahirnya.

Jika menggunakan nama pena saja? Sebetulnya itu boleh saja. Tapi akan lebih profesional jika menggunakan nama asli dan tanggal lahir asli saja.

4. Tuliskan Data Pendidikan Mulai Dari Pendidikan Terakhir

Selanjutnya tuliskan data pendidikan mulai dari yang terakhir semisal universitas, SMA, SMP, SD. Untuk apa sih? Tujuan pertamanya untuk membuat kampus atau sekolah kita dahulu bangga terhadap karya kita dan sebagai strategi pemasaran agar buku bisa terjangkau luas.

Selain itu kita juga ikut merasa bangga bukan jika karya kita terpajang di rak-rak sekolah dulu kita.

5. Tuliskan Prestasi dan Penghargaan yang Pernah Diraih

Jika pernah memenangkan sebuah perlombaan menulis online, event, atau sebagainya kamu bisa tuliskan di biodata diri kamu. Pembaca akan berpikir bahwa seriusnya kita menggeluti dunia kepenulisan hingga berhasil menerbitkan sebuah buku.

6. Tulis Akun Media Sosial

Selanjutnya tulis akun media sosial biarkan para pembacamu atau penggemarmu bisa mengenal diri kamu lebih dekat.

7. Tambahkan Link Blog Personal

Selain akun media sosial kamu juga menyisipkan link blog atau websitemu guna mendatangkan pembaca blog atau website yang kita kelola.

Tips Membuat Biodata Penulis Buku yang Menarik

Berikut cara membuat biodata penulis buku yang menarik yaitu:

1. Tulis Secara Ringkas dan Jelas

Pertama kamu perlu tulis data diri secara ringkas dan jelas baik dalam bentuk narasi atau pun juga biodata dalam bentuk poin-poinnya saja. Usahakan jangan bertele-tele namun sangat padat dan berisi serta jelas.

2. Biodata Penulis Harus Relevan dengan Isi

Selanjutnya biodata penulis harus di tulis secara relevan dengan isi untuk memperkuat dan meyakinkan pembaca bahwa isi buku tersebut sesuai dengan pengalaman dan passion-nya.

3. Biodata Harus Menjelaskan Keunggulan & Prestasi

Berikutnya biodata yang menarik haru menjelaskan keunggulan dan prestasi namun jangan terlalu over show up dan jangan terlalu panjang. Tulis pengalaman yang paling mendukung.

4. Hal-Hal Gak Penting Jangan Diceritakan

Cukup ceritakan hal yang penting saja dan informasi terbaru dan akhir-akhir ini saja. Hal-hal yang tidak penting sebaiknya skip saja.

Contoh Biodata Penulis Buku & Novel

Berikut ini adalah contoh biodata penulis buku dan novel:

1. Contoh Biodata Penulis Buku

BIODATA PENULIS BUKU
Nama: Alviano Murajak
Tempat tanggal lahir: Bandung, 07 pebruari 1990
Alamat: Bandung Jl. Muhamad Toha no 34
No: 0853245647869
No rekening: 098678xxxx

Karya/prestasi:
• Menang lomba menulis cerpen tingkat kabupaten (2010)
• Juara 1 lomba menulis tingkat nasional (2013)
• Juara 1 membuat cerpen tingkat nasional (2015)

2. Contoh Biodata Penulis Novel

Yunita Trihapsari adalh nama penanya. Gadis yang kini berusia 29 tahun ini tertarik di dunia novel sejak tahun 2012 lalu. Kini ia bekerja di salah satu penerbit buku di Yogyakarta.

Yunita lahir pada 12 april 1994. Dan di usianya yang kini Yunita sudah memiliki karya-karya yang dimuat di website, tabloid, surat kabar bahkan 5 buku novel telah di terbitkan dan ini adalah salah satunya.

Anak terakhir dari 2 bersaudara ini sering mengikuti berbagai event kepenulisan dan berbagai lomba, serta beberapa kali masuk TV nasional. Berkat keahliannya dalam menulis menjadikannya lebih bersemangat untuk mengahdirkan karya-karya terbaru.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Info Menarik Lain untuk Kamu: