Cara Membuat Bookstagram Bagi Pemula [Panduan Lengkap]

Cara Membuat Bookstagram Bagi Pemula

Cara membuat bookstagram merupakan salah satu cara menunjukan kecintaan kita terhadap buku. Selain itu bisa berkenaan dengan kebiasaan membaca, kegiatan literasi yang sedang atau akan berlangsung atau info mengenai klub/komunitas pecinta buku di berbagai daerah.

Bookstagram bisa menjadi tempat yang seru untuk saling berbagi pengalaman mengenai rekomendasi buku. Bagi yang belum tahu bookstagram itu apa simak artikel ini sampai tuntas ya.

Apa Itu Bookstagram?

Bookstagram adalah salah satu media untuk para bookworms atau avid readers yang senang dengan hal yang tidak jauh dari dunia literasi dan dunia perbukuan. Bookstagram itu sendiri dapat diartikan sebagai media untuk mereview buku-buku.

Dimana hasil review buku tersebut memanfaatkan media sosial instagram. Dan fokus hanya di review buku atau resensi buku. Bagi kamu yang suka baca buku dari pada ilmu kamu hanya di dapat diri sendiri tentu lebih baik membuat amal jariyah dengan berbagi ilmu dengan orang di luar sana melalui bookstagram.

Syarat Membuat Bookstagram

Syarat membuat bookstagram adalah kamu memang betul-betul pecinta literasi. Suka buku, suka baca, suka meresensi/mereview buku, suka berbagi ilmu mengenai dunia kepenulisan. Itu merupakan syarat yang kamu penuhi agar menjadi salah satu bookstagram yang sukses.

Cara Membuat Bookstagram Bagi Pemula

Bagi kamu kaum milenial dan generasi muda masa kini sebenarnya sudah bisa memulai membuat booktagram. Adapun berikut ini merupakan cara membuat bookstagram bagi pemula diantaranya adalah:

1. Membuat Account Instagram

Cara membuat bookstagram yang pertama kali tentu saja kamu harus membuat username. Lalu setelah itu kamu sudah mulai bisa setting bio di profil dan pilih foto pertama di akun bookstagrammu.

Dalam membuat username, silahkan itu bebas menurutmu paling bagus dan keren seperti apa. Namun, ada baiknya sesuaikan dengan nama akunmu. Jika kamu ingin membahas mengenai buku sesuaikanlah semisal @book…..

2. Memilih Tema Feeds Akun Bookstagram-Mu

Selanjutnya cara membuat bookstagram bagi pemula itu setelah membuat username kamu perlu memilih tema feeds akun bookstagram-mu. Biasanya setiap akun bookstagram memiliki ciri khas tertentu seperti warna dan tema di Feeds-nya.

3. Properti Dan Alat Foto Buku

Berikutnya kamu memerlukan properti dan alat foto buku ini bisa menggunakan camera hp atau kamera sony a6000. Selain itu kamu juga mengatur pencahayaan dan juga lighting yang biasanya tergantung sama cahaya matahari lebih natural.

Untuk proferti foto, kamu bisa menggunakan bahan yang ada di rumah atau membeli beberapa hal berikut Seperti: articial flowers/dried flowers, candles, old newspaper, vas bunga, tatakan kayu, kain goni dan lain-lain.

4. Menguasai Seni Fotografi

Selanjutnya untuk membuat bookstagram kamu harus menguasai seni fotografi. Kamu tidak sekedar memiliki keterampilan menulis dan mereview buku saja loh. Kamu juga di tuntut untuk menguasai bagaimana menghasilkan foto yang istagramable

.

5. Posting Foto

Setelah kamu menguasai seni fotografi dan mendapatkan foto yang instagramable kamu juga harus menyertakan caption dimana caption tersebut adalah mengenai review kamu terhadap buku.

Setelah itu tambah hastag dan tag foto untuk memperluas jangkauan dan engagement. Nah, untuk tag foto kamu bisa tag penerbit atau tag penulisnya langsung lohh.

6. Konsisten

Dan yang terakhir bagi kamu yang ingin menjadi bookstagram adalah konsisten. Untuk pertama kali posting mungkin kamu tidak akan begitu banyak jangkauan namun lama-kelamaan dan kamu konsisten lambat laun engagement dapat meningkat, jika kamu konsiten melakukannya.

Manfaat Membuat Bookstagram

Adapun berikut ini manfaat dari membuat bookstagram, yaitu:

  1. Tempat saling bertukar rekomendasi buku, membagikan pengalaman ke perpustakaan, toko buku lokal di masing-masing daerah.
  2. Menambah wawasan terkait dunia literasi.
  3. Mengetahui informasi terkini mengenai buku baru.
  4. Mampu meningkatkan minat baca.
  5. Dapat berjejaring dengan bookstagram lain.
  6. Mengasah kreativitas si pemilik akun
  7. Melatih skill menambah followers atau meningkatkan engagement.
  8. Meningkatkan skill fotografi.
  9. Sumber pendapatan.
  10. Alat untuk personal branding.

Skill Penting yang Perlu Dimiliki Saat Membuat Bookstagram

Jika di awal kamu telah memahami bagaimana cara membuat bookstagram. Berikut adalah skill penting yang dimiliki saat membuat bookstagram, diantaranya adalah:

  1. Resensi buku
    Skill dasar pertama yang harus kamu miliki adalah kamu harus tahu ilmu membuat resensi buku yang baik dan benar. Dan kamu harus tahu memasukan data-data buku secara lengkap.
    Ya, menulis resensi ini memang berbeda dengan menulis artikel. Saat meresensi buku memiliki tanggung jawab agar buku yang diresensi memiliki daya tarik bagi pembaca dan hal tersebut merupakan hal yang harus di kuasai.
  2. Bisa fotografi dan editing
    Selain ilmu meresensi yang baik kamu juga perlu skill fotografi dan editingnya. Menciptakan hal itu semua tidak lah mudah kamu perlu mempelajarinya. Karena tidak semua orang bisa dalam keterampilan editing. Namun, jangan khawatir banyak aplikasi edit foto yang keren kok.
  3. Kreatif
    Skill selanjutnya haruslah kreativitas dimana kamu bisa menghidupkan konten instagram kamu. Seperti menentukan ide, gagasan, dan hal lainnya.
  4. Suka membaca dan menulis
    Dan skill yang terakhir adalah suka membaca dan menulis ini merupakan modal dasar kamu untuk membuat bookstagram. Ingatlah orang berhasil itu tidak melulu soal bakat tetapi masalah pembiasaan dan konsisten.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Info Menarik Lain untuk Kamu: