Cara Membuat Cerita Horor Yang Menarik & Bikin Merinding

Cara Membuat Cerita Horor yang Menarik & Bikin Merinding

Cara Membuat Cerita Horor yang Menarik

Kita tahu bahwa horor adalah salah satu genre yang paling populer di berbagai negara. Rasa penasaran, tegang bercampur takut menjadi satu kesatuan membuat horor memiliki rasa unik ketika membacanya. Lalu tahukah kamu cara membuat cerita horor yang menarik?

Ternyata ada beberapa cara untuk membuat kisah horormu semakin menarik beserta jenis-jenisnya. Nah, bagi kalian yang ingin menulis cerita horor, kali ini akan saya bagikan beberapa panduan untuk menulisnya.

Apa Itu Cerita Horor?

Cerita horor itu sendiri adalah berupa cerita fiksi atau drama yang menyertakan unsur hantu, kepercayaan mengenai hantu dan hal tersebut bisa ditemukan pada semua budaya di seluruh dunia.

Dan itu sebabnya cerita hantu atau cerita horor mungkin diturunkan dari generasi ke generasi melalui lisan maupun tulisan. Sebuah kepercayaan mengenai hantu itu meluas seperti bentuknya yang sangat seram, tatapan dingin dan menakutkan.

Antropologis menghubungkan hal ini dengan kepercayaan hantu dulunya adalah orang atau roh manusia. Pada budaya kuno berupa nafas manusia ketika menghembuskannya di tempat dingin akan muncul uap putih.

Namun semakin kesini genre horor mulai di adaptasi dengan berbagai jenisnya dan berbagai bentuk hantu yang unik tidak hanya seperti dahulu hanya asap dan kabut. Melainkan hantu-hantu di cerita horor masa kini lebih banyak dan bervariatif.

Cara Membuat Cerita Horor yang Menarik

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat cerita horor namun bingung mau mulai dari mana sesuai janji saya di atas saya akan membagikan cara bagaimana membuat cerita horor yang menarik, diantaranya yaitu:

1. Gunakan Ketakutan Kamu Sendiri Untuk Ide Cerita

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam membuat cerita horor adalah gali ketakutan kamu sendiri untuk di jadikan ide cerita nantinya. Apa yang kamu takutkan dari suatu yang bertema horor?

Apakah kegelapan? Ketinggian? Kesepian? Kesendirian yang mencekam? Atau apa?

Apapun itu kamu bisa menggunakannya dalam mengangkat ketakutan cerita agar tulisanmu menjadi lebih kuat. Lalu gambarkan ketakutanmu itu dengan sempurna.

2. Jadikan Hantu Sebagai Apa Dalam Cerita

Selanjutnya kamu harus menentukan hantu yang akan ada di ceritamu nanti sebagai apa? Apakah kamu menginginkan pembaca membencinya, mencintainya atau hanya merasa takut akan kehadiran hantu tersebut.

Sebagai penulis tentunya kamu bisa menjadikan hantu itu sebagai sosok protagonis, antagonis atau lainnya.

3. Jadikan Sosok Hantu Memiliki Kisah Yang Menarik

Cerita horor dengan hantu yang datang tiba-tiba tanpa sebab atau asal muasalnya sangatlah tidak menarik. Setidaknya jika hantunya dulunya manusia kamu menjelaskan dia hantu laki-laki atau perempuan, terbunuh karena apa, dan mengapa ia menjadi sosok hantu.

4. Berikan Subjek Horor Beberapa Aturan

Selanjutnya cara membuat cerita horor adalah memberikan subjek hantu beberapa aturan. Aturan ini misalnya sosok horor yang kamu ceritakan hanya muncul pada waktu malam hari dan tak menyakiti dan akan menghilang jika terkena air suci atau lain sebagainya.

5. Setting Tempat Yang Tepat

Setting tidak hanya tempat dan lokasi namun kamu juga bisa menjadikan kepercayaan, kondisi politik, adat istiadat, dan sosial budaya sebagai setting atau latar dari sebuah cerita.

Sesuaikan setting dengan sosok horor yang kamu angkat ceritanya. Contoh sosok pocong akan sangat pamiliar di negara Indonesia, Malaysia atau Brunai namun tidak begitu menyeramkan di Thailand, Rusia dan negara lainnya.

6. Dasarkan Pada Riset

Kisah yang diangkat melalui riset akan lebih mengena dan beberapa penulis cerita horor mengakui mereka menulis berdasarkan riset yang cukup di lapangan atau melalui media.

7. Hindari Kisah Yang Terlalu Mudah Ditebak

Dan terakhir hindari kisah yang klise atau mudah di tebak carilah plot yang tidak terpikirkan sama sekali oleh pembaca.

Jenis Jenis Cerita Horor yang Bisa Kamu Pilih

Adapun berikut ini merupakan jenis-jenis cerita horor yang bisa kamu pilih jika ingin membuat cerita horor yang menarik, yaitu:

1. Cerita Horor Supranatural

Pertama kamu bisa menceritakan kisah horor supranatural seperti kisah vampire, manusia srigala, monster dan lain-lain.

2. Cerita Horor Paranormal

Selanjutnya kamu bisa coba cerita horor paranormal dimana cerita ini sesuatu yang melampaui hukum alam atau hukum kebiasaan. Contoh seperti kuntilanak, genderewo, tuyul, kolor ijo dan lain sebagainya.

3. Cerita Horor Psikopat

Tema horor ini paling sadis karena biasanya menceritakan tentang kebiadaban manusia dengan motivasi kegelapan yang sulit dipahami contoh misteri patung garam, perawan terakhir dan lain-lain.

4. Cerita Horor Psikologi

Cerita jenis ini sangat membingungkan dimana ketakutan dan kengerian yang terjadi diciptakan oleh pikiran karakternya sendiri.

5. Cerita Horor Komedi

Ini adalah jenis horor yang populer dalam berbagai cerita horor di Indonesia. Komedi horor ini tampilan kebodohan dan kevulgaran yang tidak sopan kemudian berpadu dengan unsur menyeramkan.

6. Cerita Sci Fi Horor

Ketakutan dan kengerian dalam cerita genre ini adalah seperti alien, makhluk luar angkasa, dan semacamnya beberapa orang menyukai horor fiksi ilmiah ini dan masih sedikit penulis genre horor seperti ini.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: