15 Cara Membuat Novel Misteri dengan Cerita Seru & Menarik

Sebenarnya cara membuat novel misteri itu gak jauh beda kok dengan menulis novel romantis. Hanya saja beda genre dan ada hal-hal lainnya yang mesti diperhatikan ketika menulisnya.

Novel misteri, harus penuh dibumbui dengan hal horor serta dengan cerita yang ilustratif. Inilah yang membuat banyak penulis merasa kesulitan ketika awal mereka akan membuatnya.

Orang yang akan mudah menulis novel misteri, harusnya pernah mengalami kejadian mistis. Risa Saraswati, merupakan salah satu novelis horor yang sangat piawai menulis novel genre misteri.

Wajar, karena dia kerap kali mengalami kejadian hal-hal mistis di kehidupannya sehari-hari.

Walau demikian, kamu juga bisa kok menulis novel misteri dengan memanfaatkan objek tertentu. Kamu akan belajar cara membuat novel misteri di artikel ini.

Persiapan Sebelum Menulis

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu sebelum memulai membuat novel.

1. Pahami Genre Novel yang Kamu Tulis

Pertama, kamu harus memahami dengan benar apa itu novel misteri dan kamu harus bisa membedakannya dengan thriller.

Novel misteri merupakan jenis cerita fiksi yang dibuat dengan menggunakan pandang orang ketiga dengan dibumbui cerita Horor yang menarik.

2. Perbanyak Referensi

Kamu juga harus memperbanyak bacaan novel misteri. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperbanyak referensi dan mencari ide cerita. Semakin banyak cerita yang dibaca, kamu akan makin banyak ide.

Kamu akan menemukan sudut pandan dan ide cerita kamu sendiri yang lebih menarik dari novel yang dibuat orang lain.

3. Pahami Bagaimana Orang Lain Menggambarkan Tokoh Utama

Pada saat kamu membaca novel misteri karya orang lain, kamu harus mengamati bagaimana penulis memperkenalkan serta menggambarkan tokoh utama.

Tak hanya perkenalan dan penggambaran tokoh utama saja, kamu juga haru tahu bagaimana penulis lain meletakkan tokoh utama dalam latar tersebut.

4. Tentukan Konflik Cerita

Sebelum kamu membuat novel misteri, kamu harus mempertimbangkan dengan baik konflik yang akan terjadi pada ceritanya.

Konflik cerita misteri bisa kamu ambil dari kasus pembunuhan, bunuh diri, orang hilang, dan lain sebagainya.

Pendalaman Tokoh Utama

Dalam mengembangkan cerita, tokoh utama merupakan bagian penting dari cerita. Dalam cerita misteri, tokoh utama punya peran penting dan menjadi bagian central.

1. Gambarkan Jelas Tokoh Utama

Susunlah dengan rinci seperti apa tokoh utama yang akan kamu ceritakan dalam novel misteri. Gambarkan secara jelas seperti apa tokoh utama yang akan kamu ceritakan:

  • Ukuran serta bentuk tubuhnya
  • Pakaian yang digunakan nya, atau
  • Ciri lainnya

2. Gambarkan Kelebihan dan Kekurangan Tokoh Utama

Setiap tokoh utama dalam cerita pasti punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Kamu juga harus melihat hal tersebut pada sosok tokoh utama di cerita misteri.

Apa yang menjadi titik lemah yang dimiliki oleh sosok utama dalam cerita yang kamu buat. Gambarkan juga apa yang menjadi senjata kuat atau kemampuan yang dimiliki tokoh utama.

3. Kenalkan Tokoh Utama dengan Agama

Setiap tokoh dalam cerita tentu akan memiliki agama mereka masing-masing. Dalam cerita misteri, agama menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Cerita misteri apapun baik dalam negeri ataupun luar negeri akan sangat seru jika disajikan dengan suguhan agama di dalamnya.

Lebih menarik karena setiap agama punya treatment berbeda ketika di hadapkan dengan hal-hal mistis.

Mulai Menulis Cerita Misteri

Setelah tahapan 1 dan 2 selesai kamu lakukan, kini kita tinggal mulai saja menulis cerita mistisnya. Cara membuat novel misteri ini sangat mudah, bisa dimulai dari membuat pembuka cerita.

Sederhananya sih, membuat cerita misteri itu dibuat dengan 3 bagian penting, yaitu pembuka, isi (konflik) dan penyelesaian.

Kurang lebih proses pembuatannya seperti berikut:

1. Buat Pembuka yang Menarik

Tuliskan pembukaan yang menarik. Pembuka cerita bisa disuguhkan langsung dengan pandangan orang ketiga ataupun pengenalan tokoh utama saja.

Tapi biar lebih menarik ceritanya, coba deh buat alur flashback. Ini akan lebih menantang.

Di mana puncak cerita ditulis pada bagian pembuka. Kemudian tarik ke belakang, sebelum kejadian itu berlangsung. Ini akan lebih menantang bagi pembaca dan penasaran dibuatnya.

2. Antarkan Tokoh Utama Pada Konflik Pembuka

Kemudian antarkan tokoh utama pada konflik perdana nya. Yang menjadi cikal bakal masalah utama yang dialami sang tokoh sampai ia mengalami hal seperti di pembuka.

Buat tokoh utama seolah tidak berdaya dengan apa yang ia lalui saat ini. Hal ini bertujuan aga pembaca merasa greget dengan cerita yang disuguhkan kepada mereka.

3. Panaskan Suasana dengan Cerita yang Mencekam

Setelah itu, buat cerita lebih menantang dengan konflik puncak yang dialami tokoh utama. Di sini tokoh utama akan merasa tersudutkan dengan konflik yang ia alami.

Buat konflik itu makin berdebar dan makin seru ketika dibaca. Buat ceritanya lebih ilustratif seperti pembaca sedang mengalami kejadian dalam ceritanya.

4. Datangkan Tokoh Pembantu

Pada tahapan ini, tokoh utama sudah masuk ke bagian akhir dari cerita. Di mana ia mendapatkan bantuan dari pihak ketiga tau tokoh pembantu dalam cerita.

Pada bagian ini, masalah yang dialami tokoh utama sudah masuk ke titik terang. Mulai ada bantuan dan titik penyelesaian masalahnya.

5. Tuliskan Solusi Cerita

Pada tahapan ini, kamu tulis solusi dari masalah yang sudah dilalui oleh sang tokoh. Di sini, masalah yang dialami oleh tokoh utama akan sampai di titik akhirnya.

Di mana, pembaca akan melihat bagaimana cerita tersebut berakhir dengan sedih atau bahagia.

Ide Cerita Novel Misteri yang Menarik

Agar ceritanya menarik, kamu harus punya ide cerita yang kreatif dan pastinya memang dicari oleh para penikmat novel. Jika kamu belum punya ide, beberapa ide ini mungkin bisa jadi referensi:

1. Misteri Rumah Sakit

Rumah sakit punya sisi mistis yang tidak pernah kehabisan dengan ceritanya. Kamu bisa angkat ini untuk menjadi salah satu novel dengan cerita horor yang seru.

Kamu bisa angka pengalaman kamu sendiri atau mungkin masalah orang-orang di sekitar kamu yang pernah mengalaminya.

2. Teman Hantu

Pernah lihat anak kecil bermain sendiri tapi seperti ramai bermain bersama yang lain? Nah hal tersebut bisa juga kamu angkat menjadi salah satu tema novel misteri kamu nih.

3. Sisi Lain Anak Indigo

Anak Indigo punya sisi menarik dari dunia mistis. Akan sangat menarik jika hal tersebut diulas menjadi salah satu cerita yang menarik. Anak indigo bahkan bisa gambarkan hal mistis menjadi nyata.

Karena mereka punya gambaran jelas dan nyata dari yang mereka alami. Ini tentu akan sangat bagus banget kalo dijadikan sebagai cerita fiksi misteri.

4. Tentang Santet

Santet punya daya tarik yang besar bagi para penikmat cerita horor. Jika ini dibuat menjadi salah satu novel maka akan disambut banyak orang.

Penutup Kata

Cara membuat novel misteri itu tidak jauh berbeda dengan menulis novel genre lainnya. Di awali dengan membuat pembukaan, pengantar masalah atau konflik, puncak masalah hingga ke solusi.

Bedanya, dalam penulisan novel misteri cerita dan konfliknya di bumbui dengan kisah mistis ataupun hal-hal yang berbau horor.

Tinggalkan komentar