Panduan Menulis Novel Sejarah Pribadi + Contoh [Pemula]

Panduan Menulis Novel Sejarah Pribadi untuk Pemula [A-Z]

Gambar Dibuat di Canva Pro

Bagaimana cara menulis novel sejarah pribadi? Apakah sama dengan menulis karya ilmiah? Jika kamu punya pertanyaan ini, ini adalah materi menulis novel sejarah pribadi yang lengkap untuk kamu baca.

Di sini akan saya jelaskan bagaimana cara menulis novel sejarah pribadi secara singkat tapi menarik dan diminati banyak pembaca.

Setidaknya, setelah membaca artikel ini kamu akan menemukan beberapa materi penting, seperti:

  • Definisi Cerita sejarah pribadi
  • Langkah langkah menulis novel sejarah pribadi
  • Daftar judul novel sejarah pribadi yang menarik
  • Contoh menulis novel sejarah pribadi

Mari kita mulai dari bagian pertamanya dahulu.

Apa yang Dimaksud Cerita Sejarah Pribadi?

Cerita sejarah pribadi merupakan tulisan yang menceritakan fakta-fakta yang pernah dialami di kehidupan masa lalu. Ceritanya diambil dari kisah masa kecil hingga saat ini.

Cerita sejarah pribadi ini bersifat fakta karena menceritakan apa yang pernah kita alami selama hidup. Mulai dari perjalanan yang menyenangkan hingga perjalanan yang tidak disukai sama sekali.

Teks cerita pribadi termasuk kedalam karya tulis ilmiah. Namun ditulis dengan gaya bahasa yang lebih santai. Disebut ilmiah karena bersifat fakta dan benar-benar terjadi.

Langkah-Langkah Menulis Novel Sejarah Pribadi

Cara menulis novel sejarah pribadi itu sebenarnya tidaklah sulit. Seperti story telling atau bercerita saja. Kamu tinggal tuangkan apa yang pernah kamu lalui ke dalam tulisan.

Jika kamu punya adik atau anak, coba deh kamu ceritakan sejarah perjalanan kamu kepada mereka. Nah, menulis cerita sejarah pribadi itu tidak jauh berbeda seperti itu.

Namun yang harus kita garis bawahi, bahwa memang tidak semua orang punya kemampuan untuk menuliskan cerita kehidupan mereka. Adapun langkah langkah menulis novel sejarah pribadi adalah:

1. Buat Outline Cerita yang Lengkap

Outline atau kerangka adalah bagian penting yang harus kamu buat ketika kamu akan menuliskan sebuah cerita. Baik cerita pribadi ataupun novel, saya sarankan untuk buatkan dulu kerangka nya.

Kerangka ini akan sangat membantu kamu dalam penulisan cerita dan mempercepat proses pembuatan novelnya. Adapun langkah pembuatan outline kisah sendiri, yaitu:

  • Susun tokoh dan penokohannya
    • Tulis nama-nama tokoh
    • Ciri tokoh
    • Pewatakan tokoh
    • Latar belakang tokoh
  • Buat floating
    • Formula waktu
    • Kehidupan
    • Percintaan
  • Tentukan bahasan setiap bab
    • Judul bab
    • Ringkasan singkat
  • Tuliskan penutup

Semua penjelasan cara membuat outline novel ini bisa kamu lihat di artikel saya sebelumnya (klik teks warna orange).

2. Tentukan Jenis Cerita yang Akan Ditulis

Penulisan novel kisah sendiri itu terbagi menjadi 2 jenis yaitu memoar dan autobiografi. Keduanya tentu ditulis dengan menggunakan bahasa dan cara penulisan yang berbeda.

Sebelum kamu mulai menuliskan cerita sejarah kehidupan kamu kedalam tulisan, terlebih dahulu kamu harus tentukan jenis ceritanya. Agar dapat mempermudah proses penulisannya.

Kalo saya mah lebih suka menulisnya dengan jenis cerita memoar. Artinya, saya akan menceritakan memori sejarah hidup saya ke dalam cerita dengan bahasa yang lebih fun.

3. Pilih 1 Pengalaman Hidup Paling Berharga

Agar cerita novel kamu lebih menarik dan lebih spesifik, pilih 1 cerita hidup kamu yang paling berharga. Saran saya jangan semua pengalaman kamu masukan semua ke dalam cerita.

Hal itu akan membuat cerita akan terasa kabur bahkan bisa buat pembaca bingung dan kurang ilustratif.

Di samping itu, cerita yang lebih spesifik juga akan mempermudah kamu dalam proses penulisannya. Karena cerita akan lebih terarah dengan baik. Karena semua bagian cerita bisa diurut secara runtut.

4. Tentukan Tokoh Cerita yang Terlibat

Sepanjang kamu melewati kehidupan, tentu ada banyak orang yang terlihat di dalamnya. Nah, orang-orang tersebut akan menjadi tokoh dalam cerita kamu.

Tapi jangan semua orang masukkan kedalam cerita, pilih dan tentukan tokoh yang memang memiliki banyak peran dalam cerita kamu. Tuliskan secara jelas karakter tokoh, ciri dan latar belakang tokohnya.

Dalam bagian ini, tokoh yang harus kamu tentukan yaitu tokoh protagonis dan juga tokoh antagonis. Keduanya akan jadi bagian penting dalam cerita yang kamu buat.

5. Tentukan Konflik yang Paling Menarik

Nah bagian ini adalah bagian paling penting dan paling menarik yang harus kamu perhatikan. Kamu cari dan tentukan konflik paling mendebarkan dalam hidup kamu.

Lebih bagus lagi kamu pilih konflik yang punya history yang seru dan punya nilai lebih. Konflik harus dibuat dengan cerita yang menarik dan mendebarkan.

Bagian ini yang akan menjadi bagian penting yang akan jadi daya tarik pembaca. Seperti dalam film, bagian paling kalian tunggu tentu konfliknya bukan? Nah ketika kamu buat cerita sejarah sendiri pun demikian.

6. Menulislah Seperti Bercerita

Untuk menuliskan sejarah hidup kamu dengan baik hingga menjadi sebuah novel, tuliskan seperti kamu bercerita. Seperti kamu sedang menceritakan kisah hidup ke teman, sahabat ataupun anak.

Penulis terbaik adalah dia yang memiliki kemampuan story telling yang bagus. Story telling itu adalah bercerita melalui tulisan atau menuliskan cerita hidup kedalam kertas.

7. Edit Teks Cerita

Ketika tulisan novel kamu sudah selesai kamu buat, jangan langsung diterbitkan. Sebaiknya baca dulu dan edit dahulu tulisan kamu tersebut agar hasilnya lebih baik.

Proses editing ini juga merupakan bagian penting dari proses pembuatan novel. Ketika proses editing, cek bagian teks yang salah edit, alur cerita ataupun bagian lainnya.

10 Judul Novel Sejarah Pribadi yang Menarik

Bagian penting lain yang perlu kamu perhatikan dari novel yang kamu tulis adalah judul. Judul adalah headline yang paling pertama orang akan lihat. Penulisannya tentu harus diperhatikan dengan baik.

Buat kamu yang saat ini sedang menulis novel sejarah pribadi, mungkin beberapa judul berikut ini bisa mengilhami kamu untuk membuat judul novel yang menarik:

  1. 5 miliar pertama dari bisnis online ku hanya modal HP
  2. Perjalanan pahit yang membawa jutaan dollar dalam hidupku
  3. Syahril & Aku, cerita di Los Angeles
  4. Berawal dari 50 ribu, aku berhasil dapatkan 500 juta
  5. Penari Toraja, YA its me
  6. Perjalanan paling melelahkan
  7. Perkenalkan aku Rina
  8. Bagian terbaik dari hidupku
  9. Si bodoh ini yang jadi motivator jutaan orang
  10. Kesalahan hidup tapi berbuah manis

Contoh Menulis Novel Sejarah Pribadi

Untuk memahami lebih dalam cara menulis novel sejarah pribadi, berikut ini saya tuliskan contoh novel sejarah pribadi sederhana yang mungkin bisa jadi referensi kamu ketika menulis.

1. Contoh Cerita Sejarah Pribadi Masa Kecil

Aku adalah Dani, anak ke 4 dari 4 bersaudara. Menjadi anak terakhir kata orang itu enak. Fakta nya tidak demikian, banyak beban bahkan sempat aku berfikir, mungkin aku bukan anak mereka.

Aku seperti kehilangan masa kecilku, di mana anak lain bisa bermain dan berkumpul dengan temannya saat hari libur atau pulang sekolah. Aku tidak, aku tidak bisa seperti mereka.

Masa kecil aku habiskan di ladang dan sawah. Membantu ibu dan abah bekerja. Cangkul itu sering sekali merobek kulit kaki dan tangan ku. Saat anak lain menangis, aku sudah sekuat itu dulu.

Pagi-pagi anak lain dibangunkan dengan lembut oleh ibunya, aku dibangunkan dengan kokokan ayam kadang dengan kaki ibuku pula dengan ocehan pagi yang buat kuping ku sakit mendengarnya.

Didikan keras dari kedua orang tua ku ini kadang membuatku jatuh dan menjadi sosok pendiam di sekolah. Aku tidak memiliki teman, menjadi seseorang pendiam yang menutup diri dari pergaulan.

Sekolah itu seperti tempat sementara saja ketika aku keluar rumah. Kehidupan aku sebenarnya ada di rumah. Tuntutan itu, kerjaan itu selalu aku lakukan, walau berat aku nikmati saja.

Dunia ini seperti tertutup untuk membuat aku rasakan nikmatnya masa kecil seperti yang anak lain rasakan. Entah kapan ini akan berakhir, yang jelas aku teramat larut dan menikmati keadaan yang memekikkan ini.

2. Contoh Novel Sejarah Pribadi Tentang Cinta

Mira, YA dia adalah wanita pertama yang aku kenal di kota ini, Bandung. Dia adalah wanita muslim yang sangat anggun, bahkan tak sedikit pria yang mendekatinya.

Sebagai lelaki normal, ya aku pun mengaguminya. Namun tak bisa aku mendekatinya. Roni, teman dekat ku di kantor ini membuat aku menahan diri untuk itu. Dia adalah orang yang sangat mencintai Mira, meski cintanya bertepuk sebelah tangan.

Sebagai teman yang baik aku sembunyikan perasaan itu demi temanku ini dan demi pertemanan ini. Hingga hal yang gak aku inginkan pun terjadi.

YA, Mira wanita manis dan cantik dengan kerudung putih khasnya yang menjadikan dirinya primadona kantor ini mendekatiku duluan. Sontak hal ini bikin aku bingung.

Berawal dari mesin printernya yang rusak, dia minta bantuanku. Anehnya, setiap minggu printernya eror dan dia selalu memintaku untuk membetulkannya, meski ada teknisi devices.

Dari keseringan bertemu inilah, dia berani minta kontak WhatsApp ku hingga mengajak ku pulang bareng. Sebagai pria normal aku tidak bisa menolak hal itu.

Meski rasa bersalahku kepada Roni, aku sempatkan jalan sama Mira di belakang Roni. Dan hal ini pun berlangsung lama tanpa sepengetahuan Roni.

Akhir Kata

Menulis novel sejarah pribadi baik tentang masa kecil, percintaan, karier atau apa pun itu sebenarnya sangat mudah. Bagian tersulit nya adalah memulai.

Awal-awal ketika akan menulis pasti akan terasa sulit dan bingung. Namun saran dari saya, apapun yang kamu rasakan di awal, mulai saja dan tulis saja. Nanti juga akan ketemu titik mudahnya.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: