Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi Pakai Apa Style & Harvard Style

Cara menulis daftar pustaka dari skripsi memang harus mampu dituangkan di dalam karya ilmiah dan sangat menentukan kredibilitas karya Ilmiah.

Dikutip dari ruangguru.com daftar pustaka merupakan daftar yang berisi semua buku atau tulisan ilmiah yang menjadi rujukan dalam melakukan penelitian.

Apalagi bagi kamu yang sedang mau mengakhiri jenjang kuliah S1 hal ini menjadi sangat penting kamu ketahui agar pada saat penyusunan skripsi sudah mengerti tentang menulis daftar pustaka.

Apa Itu Daftar Pustaka?

Menurut kamu besar bahasa indonesia (KBBI), Daftar pustaka adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit,dan sebagainya yang di tempatkan pada bagian akhir suatu kerangka atau buku dan di susun menurut abjad.

Bukan tanpa alasan mencantumkan daftar pustaka di bagian akhir pada karya ilmiah, hal ini bertujuan untuk memberikan apresiasi pada atau penghargaan.

Selain itu juga alasan yang kuat membuat daftar pustaka adalah agar informasi yang diberikan benar benar dari sumber yang terpercaya dan dapat di pertanggungjawabkan dan jauh dari kata hoaks

Ketentuan Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi

Memang banyak sekali ketentuan dalam penulisan karya ilmiah namun gaya penulisan yang umum digunakan biasanya menggunakan gaya APA, TUR dan MLA.

Penulisan gaya APA merupakan cara penulisan yang diasosiasikan (American Psychological Association Style), TUR (Turabian) dan Chicago style merupakan cara menulis daftar pustaka yang disasosiasikan oleh universitas Chicago Press.

Sedangkan MLA merupakan cara daftar pustaka yang di asosiasikan oleh The modern Language Association.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi yang Benar

Nah kita akan masuk pada pembahasan inti yang akan menjelaskan pada cara penulisan daftar pustaka yang benar.

Namun yang akan di ulas dari pembahasan kali ini yaitu dua cara penulisan daftar pustaka yaitu dengan cara APA Style (American Psychological Association Style) dan juga Harvard Style.

Gaya penulisan diatas merupakan metode yang sering sekali dipakai dan bersifat umum dalam penulisan karya ilmiah. Dan berikut cara menulis daftar pustaka dengan cara penulisan.

1. Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi Menggunakan Apa Style

Berikut ini format cara penulisan daftar Pustaka Dari Skripsi menggunakan APA style (American Psychological Association Style).

Dikutip dari brainacademy.id untuk menulis daftar pustaka dari skripsi, tesis, maupun disertasi kamu harus memperhatikan aturan agar tidak salah dalam penulisan nya.

Dan format Penulisannya yaitu Nama Penulis – Tahun Terbit – Judul Skripsi/ Tesis/ Disertasi – Nama Perguruan Tinggi – dan Tautan jika ada.

2. Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi Menggunakan Harvard Style

Berikut ini format cara penulisan Pustaka Dari Skripsi Menggunakan Harvard Style. Hal ini juga berlaku pada menulis rujukan dari tesis atau disertasi.

Format umum yang sering digunakan dalam penulisan daftar pustaka ini: Nama Penulis. Tahun Pengesahan. Judul Skripsi. Skripsi/ Tesis/ Disertasi, Fakultas/ Program Study. Kota Kedudukan. Perguruan Tinggi.

  • Nama Penulis, Nama pengarang/Penulis ditulis terbalik dan diberi tanda koma antara nama depan dan belakang contoh: Muhamad Fauzan menjadi Fauzan, Muhamad
  • Tahun Penerbitan Skripsi, Setelah nama lalu tahun terbit dengan pemisah diberi tanda titik contoh: Fauzan, Muhamad. 2022.
  • Judul Skripsi, Setelah itu kamu tulis judul skripsi nya dengan bentuk huruf yang miring Contoh: Fauzan, Muhamad. 2022. Trauma dan Kecemasan Tokoh-tokoh utama Novel Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh Karya Dee: Semiotik
  • Keterangan Tidak Diterbitkan, lalu berikan keterangan bahwa skripsi tidak di terbitkan Contohnya : Fauzan, Muhamad. 2022. Trauma dan Kecemasan Tokoh-tokoh utama Novel Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh Karya Dee: Semiotik. Skripsi Tidak diterbitkan.
  • Nama Kota Perguruan Tinggi, Nama fakultas, dan Nama Perguruan Tinggi, Aspek yang ditulis harus lengkap dan detail seperti nama kota kemudian titik dua (:) Nama Fakultas. Dan nama Universitas. contoh: Fauzan, Muhamad. 2022. Trauma dan Kecemasan Tokoh-tokoh utama Novel Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh Karya Dee: Semiotik. Fakultas Sastra. Universitas Airlangga.

Contoh Daftar Pustaka Dari Skripsi

Berikut ini contoh tentang penulisan Daftar Pustaka Dari Skripsi Menggunakan Apa Style dan Daftar Pustaka Dari Skripsi Menggunakan Harvard Style.

1. Contoh Daftar Pustaka Dari Skripsi Apa Style

Cara penulisan daftar pustaka memang berbeda beda tergantung sumber yang kita dapat. Sumber tersebut bisa kita langsung dari buku atau juga bisa kita dapat dari laman situs.

Berikut ini contoh penulisan Daftar Pustaka Dari Skripsi Apa Style:

  • Jika kita mendapatkan materi secara fisik, contohnya: Marianne, Angel. (2013). Struktur Modal dan Profitabilitas Pada Perusahaan German Busana. (Skripsi Sarjana, Universitas Persada).
  • Jika kita mendapatkan materi dari situs perguruan Tinggi, Contohnya: Marianne, Angel. (2013). Struktur Modal dan Profitabilitas Pada Perusahaan German Busana. (Skripsi Sarjana, Universitas Persada). https://e-persada-library.ac.id/view/21347

2. Contoh Daftar Pustaka Dari Skripsi Harvard Style

Berikut contoh format penulisan dari Skripsi Harvard Style

Format: Nama belakang pengarang, ini-sial Tahun Publikasi, Judul artikel menggunakan tanda kutip tunggal, Nama Penulis menggunakan format italic, Nomor volume (ditulis vol.), Nomor halaman

Contoh:

Pengarang tunggalHall, M 1998, ‘Breaking the silence: marginalisation of registered nurses employed in nursing homes’, Contemporary Nurse, vol. 7, no. 1, hh. 222-237.
Dua pengarangDavis, B, Mohay, H & Edwan, H 2003, ‘Mothers’ involvement in caring for their premature infants: an historical overview’, Journal of Advanced Nursing, vol. 42, no. 6, hh. 578–86.
Lebih dari dua pengarangWijayanto, A, Phillips, A & Syarif, H 2002, ‘Pemilihan sistem penyimpanan data skala besar’, Jurnal Informatika Indonesia, vol. 1, no. 3, hh. 110-120.
Tanpa pengarang‘Building human resources instead of landfills’ 2001, Biocycle, vol. 41, no. 12, hh. 26-29

Kesimpulan

Demikian mengenai cara penulisan Daftar pustaka yang saya uraikan, kesimpulan dari uraian diatas yaitu;

  • Daftar pustaka penting sekali dalam penulisan karena menentukan kredibilias karya ilmiah
  • Penulisan daftar pustaka yang umum di gunakan menggunakan APA style dan Harvard Style
  • Yang membedakan penulisan daftar pustaka dari panduan penulisan dan sumber materi yang kamu dapatkan secara fisik atau juga online

Artikel Menarik Lainnya: