4 Cara Menulis Di Amplop Lamaran Kerja & Contoh [Lengkap]

4 Cara Menulis di Amplop Lamaran Kerja & Contoh [Lengkap]

Bagaimana sih cara menulis di amplop lamaran kerja? Apa saja yang harus ditulis di sana? Dan seperti apa struktur kalimat penulisan di amplop lamaran kerja?

Bagi kali yang pernah mengirim surat lamaran kerja, kalian pasti pernah juga merasakan pusing dengan hal ini. Padahal sebenarnya, cara penulisan nama, alamat atau pun teks lain di amplop lamaran kerja itu mudah lho.

Saya pernah ngobrol dengan petugas kantor pos. Karena kesalahan penulisan alat surat. Alhamdulillah di sana diberitahu bahwa penulisan alamat surat itu harus baik dan benar.

Apa Itu Amplop Lamaran Kerja?

Amplop lamaran kerja merupakan amplop berwarna cokelat dengan ukuran F4 serta memiliki garis biru merah sebagai garis pinggirnya. Amplop lamaran kerja memiliki ukuran 25 cm x 35 cm.

Amplop ini merupakan jenis amplop resmi yang biasa digunakan untuk kebutuhan resmi seperti mengirim surat lamaran kerja atau pun naskah penting lainnya.

Jenis Amplop Lamaran Kerja yang Tepat

Saat kamu membeli amplop lamaran kerja, jangan salah ya. Amplop lamaran kerja yang tepat itu adalah:

  • Warnanya cokelat
  • Memiliki garis pinggir biru dan merah
  • Ukuran F4

Di pasaran, kamu akan menemukan beragam pilihan jenis amplop mulai dari yang warna warni hingga berbagai ukuran lainnya. Namun yang paling sering digunakan adalah warna cokelat dengan garis biru dan merah.

Format Standar Amplop Lamaran Kerja

Cara penulisan amplop lamaran kerja tidak bisa dibuat dengan sembarangan lho. Hal ini bahkan bisa menjadi salah satu penilaian HRD perusahaan ketika memeriksa lamaran kerja.

Dalam surat lamaran kerja terdapat beberapa unsur penting yang harus ada dalam suratnya. Adapun format penulisan baku surat lamaran kerja, yaitu:

  • Tanggal pengiriman/penulisan surat lamaran kerja
  • Nama perusahaan dan alamat perusahaan yang dituju
  • Nama dan alamat pengirim

Cara Menulis di Amplop Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Cara menulis di amplop lamaran kerja itu sangat mudah bahkan lebih mudah dari menulis surat lamaran kerjanya. Berikut ini adalah langkah-langkah menulis amplop surat lamaran kerja yang tepat:

1. Tulis Divisi atau Posisi yang Dilamar di Samping Kanan Atas

Pertama kamu tulis dulu divisi atau bagian lowongan kerja yang sedang kamu lamar. Tulis dibagian kanan paling atas amplop. Pastikan kamu tulis dengan benar.

Contohnya jika kamu lamar bagian admin maka kamu tulis “Administrasi” atau kamu lamar admin HRD, maka kamu tulis “admin HRD”. Pastikan menulis posisi yang dilamar ini sesuai dengan yang ditulis di info lowongan kerja yang kamu dapat.

2. Tulis Jurusan Pendidikan Terakhir di Samping Kanan Atas

Kemudian di bawah tulisan posisi yang dilamar tadi, kamu tulis jurusan pendidikan terakhir kamu. Misalnya, kamu lulusan SMK administrasi perkantoran, kamu tulis “Administrasi Perkantoran”.

Jika kamu lulusan akuntansi, maka kamu tulis saja “Akuntansi”. Sesuai dengan pendidikan terakhir kamu ya. Tulis tepat di bawah posisi yang kamu lamar yaitu di samping kanan atas.

3. Tulis Nama dan Alamat Lengkap Pelamar di Samping Kiri Atas

Setelah itu, kamu tulis juga nama dan alamat lengkap kamu di bawah tulisan jurusan pendidikan terakhir kamu. Namun tulis dibagian kirinya jangan sama dengan posisi yang dilamar.

Hal yang perlu kamu tulis dibagian ini, yaitu:

  • Nama
  • Alamat
  • Nomor HP
  • Email

Tuliskan secara lengkap dan jelas serta bisa dibaca.

4. Tulis Nama dan Alamat Perusahaan yang Dilamar di Samping Kanan Bawah

Kemudian di bagian bawah paling kanan, kamu tulis nama dan alamat perusahaan yang kamu lamar. Tulis dengan menggunakan format berikut:

  • Kepada, Yth
  • Bpk/Ibu HRD
  • PT
  • Jl.

Penulisan data perusahaan yang dilamar ini juga harus ditulis dengan baik dan benar sesuai dengan info lowongan yang kamu terima.

5 Contoh Amplop Lamaran Kerja yang Benar

Biar kamu lebih mudah memahami cara menulis di amplop lamaran kerja tersebut, berikut saya berikan gambar contoh amplop lamaran kerja yang benar:

1. Contoh Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan

cara menulis di amplop lamaran kerja

2. Contoh Amplop Lamaran Kerja Rumah Sakit

cara menulis di amplop lamaran kerja

3. Contoh Amplop Lamaran Kerja Indomaret

cara menulis di amplop lamaran kerja

4. Contoh Amplop Lamaran Kerja Guru

cara menulis di amplop lamaran kerja

5. Contoh Amplop Surat Lamaran Kerja Pabrik

cara menulis di amplop lamaran kerja

6. Contoh Amplop Lamaran Kerja Bank

cara menulis di amplop lamaran kerja

Akhir Kata

Cara menulis di amplop lamaran kerja dimulai dengan menuliskan posisi yang dilamar, kemudian jurusan pendidikan terakhir, nama lengkap pelamar dan nama serta alamat lengkap perusahaan.

Letak penulisannya pun harus dilakukan dengan benar. Untuk memudahkan pihak HRD membaca surat lamaran yang kamu buat untuk mereka.

Selain itu, tujuannya juga agar surat lebih terlihat rapi dan terlihat resmi serta profesional di mata HRD.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: