Cara Menulis Di Wikipedia: Daftar & Post Artikel [Pemula]

Cara Menulis di Wikipedia: Daftar & Post Artikel [Pemula]

Gambar Dibuat dengan Canva Pro | Wikipedia

Bagaimana cara menulis di Wikipedia? Apakah saya bisa menulis konten di Wikipedia? Apa saja syaratnya? Kira-kira inilah pertanyaan yang banyak muncul di beberapa halaman grup literasi belakangan ini.

Pada akhirnya saya pun mencobanya. Dan pengalaman ini akan saya bagikan buat kamu yang emang juga pengen jadi kontributor di Wikipedia.

Jutaan orang di seluruh dunia sudah mencobanya. Bahkan berbagai komunitas penulis Wikipedia sudah ada di Indonesia. Isinya ada ribuan orang yang jadi kontributor Wikipedia.

Kamu juga bisa kok seperti mereka setelah kamu baca artikel ini dan praktikan langkah-langkahnya.

Berkenalan dengan Wikipedia

Wikipedia merupakan ensiklopedia berbasis web yang bisa disunting oleh siapa saja yang punya akun Wikipedia. Wikipedia sering kali dijadikan sebagai rujukan ilmiah.

Hal ini karena Wikipedia sering kali membahas tentang berbagai hal ilmiah. Selain itu, Wikipedia juga dianggap sebagai media ilmiah yang dibuat oleh orang-orang yang paham tentang apa yang mereka tulis.

Namun belakangan ini, beberapa kampus dan instansi pendidikan melarang penggunaan Wikipedia sebagai rujukan ilmiah.

Hal ini karena Wikipedia memperbolehkan semua orang untuk suntik konten mereka. Hal ini membuat banyak instansi pendidikan menanyakan kredibilitas penulis dan penyuntingnya.

Keuntungan Menulis di Wikipedia

Sebenarnya kalo dilihat keuntungan secara financial, Wikipedia bukan tempatnya mencari uang. Karena di sini semua konstributor tidak dibayar sama sekali.

Walau demikian, tetap ada banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh para kontributor nya, termasuk kamu jika menulis di sana. Beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan, di antaranya yaitu:

1. Membagikan Pengetahuan

Buat kamu yang punya pengetahuan lebih, Wikipedia adalah tempat terbaik untuk kamu gunakan. Di sini kamu bisa bagikan apa saja yang kamu ketahui kepada jutaan orang di dunia.

2. Belajar Menulis Artikel Ilmiah

Tidak semua artikel bisa terbit di Wikipedia. Artikel ilmiah dengan kualitas yang bagus lah yang bisa diterbitkan di sana. Jadi kontributor Wikipedia akan membuat kamu belajar menulis yang baik.

3. Jadi Portofolio Sebagai Penulis

Selain itu, dengan cara menulis di Wikipedia kamu juga akan punya portofolio yang bagus. Kamu akan dianggap sebagai penulis profesional karena berhasil menerbitkan artikel di sana.

4. Memasang Bio Pribadi di Halaman Wikipedia

Kamu juga bisa kok membuat bio kamu sendiri di halaman Wikipedia. Namun dengan catatan bahwa kamu memang punya kredibilitas dan prestasi yang patut dibanggakan.

Cara Menulis di Wikipedia

Menulis di Wikipedia bisa dilakukan siapa saja yang mau dan punya niat. Selain itu, cara menulis di Wikipedia pun terbilang mudah kok. Kamu hanya perlu akun saja untuk menulis di sana.

1. Daftar dan Akun di Wikipedia

Pertama, kamu harus daftar dan buat akun nya terlebih dahulu. Untuk membuat akun di Wikipedia kamu bisa daftar dengan menggunakan email Gmail yang aktif kamu gunakan.

Adapun proses dan cara daftar akun di Wikipedia yaitu sebagai berikut:

  • Buka halaman daftar Wikipedia
  • Kamu akan dihadapkan dengan kolom pendaftaran
  • Silahkan isi:
    • Nama pengguna
    • Kata sandi
    • Konfirmasi kata sandi (ulangi)
    • Alamat email yang aktif digunakan
    • Masukkan kode CAPTCHA
  • Klik menu buat akun Anda

Kurang lebih kolom pendaftaran akun Wikipedia itu seperti ini:

cara menulis di wikipedia
  • Akan muncul beberapa pertanyaan
    • Mengapa Anda membuat akun hari ini?
    • Pernahkah Anda menyunting Wikipedia?
    • Wikipedia tersedia dalam 300 bahasa. Apakah ada bahasa lain yang Anda dapat Anda baca dan tulis?
  • Jika semua pertanyaan sudah dijawab, klik menuju beranda
  • Kamu akan di bawa ke halaman Wikipedia member

Kamu bisa melengkapi data diri dan minat kamu di Wikipedia sebelum kamu mulai menulis di sana.

2. Cari Topik Artikel

Kedua, setelah kamu daftar dan memiliki akun Wikipedia, berikutnya kamu cari dulu topik artikelnya. Karena bisa jadi topik artikel yang akan kamu tulis itu sudah ada dan ditulis oleh orang lain.

Meskipun judulnya beda, tapi isinya sama mending jangan kamu tulis lagi. Karena sudah pasti akan dihapus lagi nantinya.

Gunakan tombol search untuk mencari artikel atau topik artikel yang akan kamu tulis di Wikipedia.

3. Tinjau Topik Artikel Terkait

Ketiga, kamu amati dengan seksama apakah artikel yang ingin kamu tulis itu sudah dibuat orang lain atau belum. Ketika kamu klik menu search akan muncul banyak artikel terkait kata kunci tersebut.

Silahkan kamu perhatikan dan baca setiap artikelnya. Lihat apakah topik yang ingin kamu tulis itu sudah ada atau belum. Biasanya sudah ada namun dibagian sub bahasan artikel.

Nah, jika seperti ini kamu bisa buatkan artikel baru dengan pembahasan yang lebih lengkap dan lebih detail.

4. Buat Konsep Artikel Sesuai Aturan Wikipedia

Setelah kamu menemukan topik yang pas dan belum ditulis orang lain, kamu mulailah buat konsep artikelnya. Ingat ini Wikipedia bukan blog biasa.

Mereka punya aturan main sendiri, kualitas artikelnya tentu beda dengan blog biasa yang sering kamu gunakan untuk menulis. Setidaknya, ketika kamu membuat konsep artikel kamu harus bisa jawab ini:

  • Apakah topik yang diangkat layak untuk dijadikan artikel ensiklopedia?
  • Apakah topik tersebut penting (apakah orang lain mau membacanya)?
  • Apakah topik tersebut bisa diverifikasi (apakah ada referensi lain mengenai topik tersebut di internet atau buku)?
  • Apakah artikel benar dan bisa dipercaya serta bisa divalidasi?
  • Jika pertanyaan-pertanyaan tersebut banyak mendapatkan jawaban “tidak”, ada baiknya kamu jangan menulis artikelnya

Karena artikel yang tidak penting akan di hapus oleh pihak Wikipedia. Pastikan kamu bisa menjawab 90% pertanyaan di atas.

5. Mulai Tulis Artikel di Wikipedia

Setelah kamu memiliki konsep artikel yang sesuai, kini kamu bisa mulai menulis artikelnya. Kamu bisa menyunting artikel yang sudah terbit dengan data baru atau buat artikel baru yang masih fresh.

  • Log in ke akun Wikipedia kamu
  • Kemudian klik menu create
  • Mulailah tuangkan ide artikel yang ingin kamu buat
  • Tulis artikel selengkap mungkin dan pastikan kamu menulisnya dengan bahasa yang baik

6. Cek Kembali Tulisan yang Sudah Ditulis

Artikel yang sudah ditulis, sebaiknya jangan langsung dipublish. Kamu cek terlebih dahulu, baik dari sisi pengetikan, bahasa atau pun isi dari artikel yang sudah kamu tulis.

Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan dan penguraian materi. Lakukan editing beberapa kali untuk memastikan bahwa artikel yang kamu tulis itu sudah bagus.

7. Terbitkan Artikel

Setelah proses editing selesai kamu lakukan, langkah berikutnya tinggal kamu terbitkan saja artikelnya. Pihak Wikipedia akan meninjau artikel kamu dan jika sudah sesuai, artikel akan diterbitkan.

8. Artikel Akan Terbit

Artikel akan terbit dan bisa kamu lihat di halaman Wikipedia. Orang-orang akan membaca artikel kamu, jika memang relevan mereka akan bagikan artikel kamu ke media sosialnya.

Tips Menulis di Wikipedia

Agar kamu menjadi author terbaik di Wikipedia, kamu ikuti beberapa tips berikut ini nih:

1. Rajin Menulis & Sunting Artikel yang Sudah Terbit

Rajin-rajinlah menyunting artikel yang sudah terbit di Wikipedia. Terlebih jika kamu punya banyak ide menarik, sering-sering saja terbitkan artikel di Wikipedia.

2. Pilih Topik Artikel yang Relevan dengan Wikipedia

Ketika membuat artikel, pastikan topik yang kamu pilih ini memang relevan dengan Wikipedia. Karena tidak semua topik bisa diterbitkan di sana lho.

3. Gunakan Bahasa Penulisan yang Bagus

Jangan lupa juga, gunakan bahasa penulisan yang bagus agar artikel kamu langsung diterbitkan oleh pihak Wikipedia. Artikel yang dibuat dengan bahasa semrawut pasti akan ditolak.

4. Tulis Topik yang Baru

Lebih bagus lagi, kamu posting artikel yang masih fresh dan masih belum ada orang yang membuat artikelnya. Artikel semacam ini punya peluang lebih besar untuk terbit di Wikipedia.

Apakah Menulis di Wikipedia Dapat Uang?

TIDAK. Saya bilang secara tegas, menulis di Wikipedia tidak akan mendatangkan uang sama sekali. Semua penulis di Wikipedia tidak dibayar, mereka menulis secara sukarela.

Wikipedia sendiri tidak dibuat dengan tujuan bisnis, melainkan hanya untuk berbagi pengetahuan saja. Kamu bisa cari informasi lengkapnya terkait hal ini.

Akhir Kata

Cara menulis di Wikipedia bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan membuat akun, semua orang bisa menerbitkan artikel di Wikipedia. Namun tentu, tidak semua jenis artikel bisa terbit begitu saja.

Karena ini adalah platform ensiklopedia, jadi artikel yang terbit ini memang artikel yang punya kualitas bagus dan relevan.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: