Cara Menulis Essay yang Baik dan Benar [Panduan Pemula]

Cara menulis essay yang baik dan benar itu sebenarnya mudah lho. Dikatakan mudah karena memang format dan bahasa penulisannya tidak formal dan lebih santai.

1 Fashion murah

Kamu bisa menuangkan isi pikiran kamu ke dalam bentuk tulisan dengan sangat mudah.

fashion muslim murah

Gunakan saja bahasa kamu sendiri sesuai dengan cara pandang kamu terhadap objek yang jadi bahan tulisan kamu tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu teknis penulisan essay, kamu akan baca panduan lengkapnya di artikel ini, sebentar lagi. Lanjut membaca!

Apa Itu Tulis Essay?

Essay merupakan suatu bentuk tulisan yang menggambarkan sebuah opini dari penulis tentang subyek tertentu.

Di dalamnya essay berisi tentang opini, pandangan atau ekspresi pribadi dari penulis mengenai sebuah hal yang terjadi atau berlangsung di masyarakat.

1 Fashion murah

Sedangkan menurut KBBI essay merupakan karangan prosa yang membahas suatu persoalan dari sudut penulis secara sepintas.

Sedangkan menurut jurnalisti, essay adalah tulisan yang memuat pendapat seseorang tentang suatu persoalan ditinjau secara subjektif.

Jadi dapat disimpulkan bahwa essay adalah sebuah tulisan yang berisi tentang pendapat kamu terhadap suatu fenomena yang terjadi di tengah masyarakat.

Sebagian orang merasa menulis essay itu merupakan hal yang sulit padahal menulis essay sangatlah mudah asalkan kamu mengetahui cara dan format penulisannya. Sehingga penulisan essay menjadi sangat mudah.

Cara Menulis Essay yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kamu menulis essay yang baik dan benar. Hal ini merupakan sangat penting agar essay yang dibuat sesuai dengan tahapan dan aturan pembuatannya.

Adapun berikut ini cara menulis essay yang baik dan benar, diantaranya adalah:

1 Fashion murah

1. Menentukan Tema Yang Akan dibuat Essay

Tahapan pertama dalam pembuatan essay kamu perlu menentukan terlebih dahulu tema atau topik yang ingin kamu bahas di dalam essay.

Disarankan pilihlah tema yang disukai banyak orang agar tulisanmu banyak dibaca oleh orang.

2. Melakukan Riset

Cara menulis essay selanjutnya adalah melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat tulisan. Risat yang kalian bisa lakukan yaitu mencari di buku, internet, jurnal, koran atau terjun langsung ke masyarakat.

Dan dalam melakukan riset ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat essay agar tulisanmu menjadi tulisan yang baik dan akurat.

Seperti mencari sumber rujukan terpercaya, riset buku yang mendalam, dan mencatat semua hal penting.

3. Merancang Outline

Lalu selanjutnya cara menulis essay yang baik dan benar adalah merancang ouline. Setiap karya yang baik memiliki perencanaan dan perencanaan tersebut di sebut dituangkan dalam sebuah kerangka tulisan atau ouline.

1 Fashion murah

Kerangka tulisan outline akan membantu kamu dalam menyusun essay dengan runut dan pembahasan essay tidak melebar jauh dari topik pembahasan yang telah ditentukan.

4. Memperhatikan Susunan Dan Pemilihan Kata

Selanjutnya ini merupakan tahapan yang tidak kalah penting yaitu memperhatikan sususan dan pemilihan kata. Sebuah karya tulis membutuhkan bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh masyarakat.

Sehingga pemilihan kata yang sesuai akan sangat penting dilakukan. Meski di baca oleh kalangan masyarakat biasa essay harus memiliki bahasa formal.

Dan jika pembacanya kaum intelektual kata bahasa intelektual yang khas dengan para akademis yang harus digunakan.

5. Menulis Isi Essay

Selanjutnya kamu sudah bisa menulis isi essay. Tulislah essay kamu sesuai dengan topik dan kerangka yang telah kamu susun tadi.

Dan gunakan bahasa formal yang mudah dipahami. Serta cantumkan sumber-sumber terpercaya dan relevan.

1 Fashion murah

6. Kesimpulan

Berikutnya cara menulis essay yang baik dan benar kamu perlu membuat kesimpulan dari tulisan yang telah kamu buat. Buatlah kesimpulan yang singkat namun mencakup isi dari seluruh tulisan kamu.

7. Koreksi Kembali

Terakhir kamu perlu melakukan koreksi kembali pada essay dengan membaca ulang kemudian perbaiki jika ada kesalahan kata, kalimat atau tulisan kurang padu dan lain sebagainya dan berikan perbaikan sebagai sentuhan akhir.

Format Penulisan Essay yang Baik dan Benar

Setelah memahami cara menulis essay yang baik dan benar kamu juga perlu mengetahui format penulisan essay yang baik dan benar seperti apa. Berikut penjelasannya:

1. Judul

Judul ditulis secara singkat dengan maksimal 12 kata, di tulis dengan rata tengah dan di bold, menggunakan huruf times new roman font 12 dan spasi 1.

2. Pendahuluan

Pendahuluan mencakup latar belakang, pemaparan mengenai fenomena permasalahan atau isu yang diangkat, data penunjang dan alasan pentingnya isu diangkat.

3. Pembahasan

Berdasarkan kajian literatur dan kajian teori. Bagian ini juga memuat alternatif pemecahan masalah atau solusi atas isu yang diangkat.

1 Fashion murah

4. Kesimpulan dan Saran

Berisi rangkuman singkat dan hasil pembahasan. Sementara saran mengacu pada hasil pembahasan.

5. Daftar Pustaka

Memuat seluruh sumber-sumber yang di rujuk dalam penulisan essay. Semua yang tertera dalam essay referensinya harus masuk ke dalam daftar pustaka.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu