Cara Menulis Kwitansi Jual Beli Motor, Mobil & Tanah

Bagaimana cara menulis kwitansi jual beli? Kwitansi menjadi barang penting yang menunjukan pembayaran pada suatu kegiatan jual dan beli. Penulisannya tidak bisa dibuat sembarangan.

Kwitansi biasanya menjadi tanda pertanggungjawaban yang nantinya akan digunakan sebagai bukti. Bukti atas kegiatan ekonomi untuk menghindari masalah kedepannya.

Di artikel ini kamu akan mengetahui cara menulis kwitansi jual beli yang benar. Serta pentingnya kwitansi, juga hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis kwitansi dan contohnya. Simak yuk!

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menulis Kwitasi Jual Beli

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika menulis kwitansi jual beli, diantaranya adalah:

  1. Tidak menandatangan kwitansi yang kosong. Ditakutkan hal ini akan disalahgunakan oleh pihak tertentu atau orang lain untuk keperluan tertentu yang tidak diinginkan.
  2. Tulis nama orang dengan lengkap di kwitansi. Karena kwitansi merupakan bukti bayar yang sah dan menjadi tanda pertanggungjawaban atas penerbitan tersebut. Jika terjadi masalah dikemudian hari langsung menghubungi nama tersebut.
  3. Membubuhkan tanda (.) diakhir tulisan. Hal ini bertujuan agar tidak bisa disalahgunakan dengan penambahan tulisan lain yang akan berakibat kerugian.
  4. Penulisan tanggal dan tempat harus berdekatan. Pastikan penulisan tanggal dan tempat penerbitan kwitansi dekat dengan kolom tanda tangan penjual atau penerima uang saat transaksi.
  5. Tanda tangan mengenai materai. Jika menggunakan materai pastikan agar tanda tangan si penerima uang mengenai atas permukaan materai. Pastikan juga tanda tangan mengenai kwitansi dengan begitu kwitansi dianggap sah dan saling berhubungan.
  6. Penulisan jumlah uang harus menggunakan hurup dan angka.

Cara Menulis Kwitansi Jual Beli yang Baik dan Benar

Berikut cara menulis kwitansi jual beli yang baik dan benar diantaranya adalah:

1. Cara Menulis Kwitansi Jual Beli Motor

Kwitansi pembelian sepeda motor di dalam kwitansinya terdapat logo motor tersebut. Yang artinya kwitansi tersebut dikeluarkan oleh dealer motor tersebut. Jenis kwitansi ini tergolong khusus karena hanya digunakan untuk bukti transaksi di dealer motor terkait.

Keterangan untuk pembayaran di dalam kwitansi motor biasanya mencantumkan: Jenis kendaraan, nomer rangka, nomer mesin, tahun, warna, atas nama STNK, alamat pembeli.

2. Cara Menulis Kwitansi Jual Beli Mobil

Dan berikut di bawah ini cara menulis kwitansi keterangan untuk pembayaran dalam kwitansi jual beli mobil biasanya mencantumkan informasi: Jenis kendaraan mobil, tahun produksi, nomor plat mobil, nomor mesin dan nomor rangka mobil.

3. Cara Menulis Kwitansi Jual Beli Tanah

Cara menulis kwitansi jual beli tanah ini harus dibubuhi materai 6000 untuk kepentingan legalitas. Artinya bukti pembayaran tersebut resmi.

Setelah menandatangani kwitansi, biasanya penjual akan menyerahkan sertifikat tanah. Hal ini karena tanah tersebut sudah resmi miliki pembeli barunya.

Di dalam kwitansi jual beli tanah biasanya mencantumkan informasi untuk pembayaran seperti berikut: Luas tanah, alamat lokasi tanah, tanda tangan penjual pembeli dan saksi.

Contoh Penulisan Kwitansi Jual Beli

Berikut contoh-contoh kwitansi jual beli, yaitu:

1. Contoh Kwitansi Jual Beli Motor

Logo Perusahaan
Kwitansi
No:….

Terima dari:
Jumlah:
Untuk pembayaran:
Tipe/jenis:
No. Rangka:
No. Mesin:
Tahun:
Warna:
Atas nama STNK:
Alamat:
Keterangan : pembayaran Khoiril Imran
Rp. 25.000.000

Bojonegoro, 04 November 2022
Tanda tangan dan cap

2. Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil

No:…….
Telah di terima dari: Dony Anggara
Uang Sejumlah: Seratus Dua Puluh Lima Juta Ruppiah
Untuk Pembayaran: Pembelian Mobil Avansa TH 2011 Nomor P1234 H25532 DH Nomor Mesin 27778 Nomor Rangka 2375847C.

Semarang, 21 Oktober 2022

Rp. 1.25.000.000

Materai dan tanda tangan

3. Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah

No:…..
Telah Terima Dari: Wandi Hari Hambali
Uang Sejumlah: Enam puluh Juta Rupiah
Untuk Pembayaran: Harga Sebidang Tanah (10m x 15m) di Jl. Selaawi Utara RT 08 RW 02 Kecamatan Sukarame kota Parepare.

Parepare, 17-09-2021

Rp.60.000.000

Di kolom tulis nama penjual tanda tangan di atas materai

Tanda tangan saksi-saksi di atas materai

Pentingnya Kwitansi Dalam Transaksi Jual Beli

Setelah mengetahui cara menulis kwitansi jual beli kita juga perlu mengetahui pentingnya kwitansi dalam transaksi jual beli dan pentingnya kwitansi terlihat dari fungsi dan manfaat kwitansi itu sendiri, diantaranya yaitu:

  1. Menjadi alat bukti atau tanda sah dan valid untuk pembeli yang telah menyerahkan sejumlah uang atas transaksi pembelian yang dilakukan kepada penjual. Jika suatu saat terjadi masalah seperti penagihan uang, pembeli dapat menunjukan kwitansi pembelian.
  2. Selain itu kwitansi juga menjadi bukti transaksi ata penjualan yang di lakukan oleh si penjual. Kertas tersebut bisa menjadi bukti penerimaan uang. Jika suatu saat pembeli komplain, penjual dapat menjunjukan kwitansi sebagai bukti pertanggungjawaban.
  3. Kwitansi pembayaran juga akan menajdi bukti sah atas nama huku jika suatu saat terjadi gugatan dalam sebuah persidangan. Karena kwitansi memiliki nilai huku yang kuat dan valid.

Artikel Menarik Lainnya: