6 Ciri-Ciri Novel Remaja & Bedanya Dengan Novel Lainnya!

6 Ciri-Ciri Novel Remaja & Bedanya dengan Novel Lainnya!

Apa saja ciri-ciri novel remaja? Jika ini merupakan sebuah pertanyaan dari kamu yang ingin tahun ciri spesipik dari novel remaja. Ya, kamu sudah menemukan artikel yang tepat.

Karena, dalam artikel ini kamu akan menemukan ciri-ciri novel remaja bukan hanya itu kamu juga akan bisa membedakan bagaimana perbedaan dari novel remaja dengan novel pada umumnya. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Apa Itu Novel Remaja?

Sebelum lebih dalam mengetahui ciri-ciri dari novel remaja alangkah baiknya kita pahami dulu apa itu novel remaja. Novel remaja merupakan sebuah karangan prosa fiksi atau cerita rekaan yang cukup panjang serta mengandung unsur intrinsik serta ekstrinsik juga mengandung rangkaian kehidupan remaja di dalamnya.

Bisa menonjolkan watak remajanya, sifat atau kehidupan remaja lainnya seperti kisah persahabatan, cinta, sekolah bahkan kisah keluarga di dalamnya menjadi sebuah latar suasana dalam novel remaja.

Karena, telah mengetahui apa itu novel remaja. Selanjutnya kita lihat apa saja yang menjadi ciri-ciri dari novel remaja. Simak terus artikel ini sampai selesai.

Ciri-Ciri Novel Remaja

Berikut merupakan ciri-ciri dari novel remaja, diantaranya adalah:

1. Bertema seputar remaja

Ciri pertama saat kita melihat novel remaja adalah tema yang di ambil dari novel tersebut. Novel remaja biasanya memiliki tema seputar remaja seperti pertemanan, persahabatan, sekolah dan tentu juga percintaan.

Dengan di bumbui suasana pada novel pada umumnya seperti suasana keluarga, horor, romance, fantasi, petualangan, misteri dan lain sebagainya.

2. Bahasa sehari-hari

Novel remaja biasanya memiliki ciri-ciri kebahasaannya yaitu bahasa sehari-hari karena target pembaca adalah remaja maka bahasa yang di gunakan cukup sederhana dan mudah di mengerti terutama untuk kalangan remaja.

3. Konplik seputar remaja

Konplik yang disajikan dalam novel seputar konplik kisah remaja pada umumnya seperti perselisihan remaja, arti kehidupan dari seorang remaja, kenakalan remaja dan lain-lain.

4. Narasi khas remaja

Narasi merupakan sebuah deskripsi yang menggambarkan suasana atau peristiwa di dalam novel tersebut. Dan biasanya novel remaja memiliki narasi khas yang yang sesuai dengan kehidupan di masa remaja.

5. Tokoh dan Penokohan

tokoh dalam novel remaja menggambarkan usia rentang 12-18 tahun yaitu usia remaja. penokohannya juga tentang usia rentang remaja itu merupakan khas novel remaja.

6. Plot yang kompleks

Secara umum ciri novel yaitu memiliki plot yang cukup kompleks ada lebih dari satu kesan, lebih dari satu emosi, dan lebih dari satu efek. Sama halnya dengan novel remaja plotnya juga kompleks.

Bedanya Novel Remaja dan Lainnya

Setelah kita mengetahui ciri-ciri dari novel remaja lalu bagaimana kita membedakan novel remaja dengan novel lainnya, berikut akan saya jelaskan apa perbedaan dari novel remaja dengan novel lain, diantaranya:

1. Tema

Jika melihat sebuah novel yang membedakan adalah temanya. Begitupun ketika melihat novel remaja yang membedakan dari novel lainnya adalah tentang temanya.

Dalam novel remaja tema yang di ambil bisa bertema tentang pertemanan, persahabatan, cinta dan juga tentang pendidikan. sedangakan novel lain temanya lebih beragam dan lebih banyak.

2. Bahasa

Yang membedakan selanjutnya adalah bahasa. Dimana pada novel remaja memiliki bahasa yang sederhana dan cukup di mengerti oleh usia remaja yaitu usia rentang 12-18 tahun merupakan usia remaja.

Karena target pembacanya adalah remaja maka bahasa yang di gunakan dalam novel di sesuaikan dengan target pembaca. Sedangkan novel yang bertema lain biasanya bahasanya cukup kompleks dengan adanya berbagai majas dan bahasa lainnya yang cukup berat.

Karena remaja biasanya kurang menyukai bahasa yang terlalu berat rentang fokus bacanya juga sering mood moodan. Bahasa yang berat di sini artinya bahasa yang memerlukan pemahaman lebih tinggi. Sehingga novel remaja di kemas dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

3. Konplik

Konplik yang di ambil dalam novel remaja biasanya tentang seputar kehidupan remaja seperti cinta monyet, cinta pertama, perjuangan mencapai pendidikan, kisah broken home, kenakalan remaja dan lain sebagainya.

Beda dengan konplik dalam cerita novel pada tema lainnya. Meski novel remaja bisa bergenre lainnya seperti horor, misteri, petualangan dan lain-lain. tapi konplik yang di sajikan seputar kisah kehidupan remaja.

4. Tokoh

Tokoh utama dalam novel remaja biasanya merupakan tokoh yang masih usia-usia sekolah dengan kisah kehidupan yang sesuai dengan kehidupan remajanya.

Dan tokoh tersebut biasanya di gambarkan dengan usia rentang 12-18 tahun yaitu usia remaja.

5. Narasi

Yang selanjutnya yang membedakan novel remaja dengan novel tema lainnya adalah dalam narasi. Narasi adalah sebuah dekripsi yang menggambarkan suasana dan tempat yang menjadi latar novel tersebut.

Dalam novel remaja tentunya narasi yang di gunakan menggambarkan ke khasan dari novel remaja itu sendiri. Terlepas dari narasi tokoh, narasi tempat, narasi suasana dan lain sebagainya. Narasinya menggambarkan sebuah kehidupan remaja.

Akhir Kata

Nah, itu beberapa perbedaan novel remaja dan novel lainnya menurut saya. Menurut kalian bagaimana? Apa ada yang mau menambahkan jawab di kolom komentar ya.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: