8 Contoh Cerpen Persahabatan Panjang & Singkat [Menarik]

Mau bikin cerpen persahabatan tapi masih bingung mau mulai dari mana? Ini adalah 8 contoh cerpen persahabatan singkat yang mungkin bisa jadi bahan referensi kamu dalam menulis.

Ide cerita sederhana namun dikemas dalam bentuk cerita menarik bisa memunculkan ide yang unik dan beda dari cerita lainnya.

Ada banyak contoh cerita pendek yang bisa kita temukan bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Atau bahkan kita sendiri mengalaminya, namun kadang sulit menuangkannya ke dalam tulisan.

1. Contoh Cerpen Persahabatan Panjang

SAHABAT SEPANJANG HAYAT

Namaku Isrina aku memiliki sahabat bernama Nafisya. kami mulai bersahabat dari kelas 2 SD. Kami menempuh pendidikan di sekolah yang sama setiap tingkatan mulai dari SD, SMP, SMA hanya kuliah kami mengambil jurusan yang berbeda namun masih tetap di kota yang sama.

Kamu pernah memiliki sahabat? Namun rasa saudara. Iya aku dan Nafisya selalu bersama menghabiskan waktu yang tidak sebentar tidak ada permasalahan yang membuat persahabatan kita renggang.

Kamu pernah percaya terhadap seseorang? Ya. Di dunia ini hanya Nafisya yang aku percaya. Persahabatan kami begitu akrab dan membantu satu sama lain. aku pernah terpikir saat kita sama-sama berumah tangga mungkin persahabatan kita akan merenggang.

Namun ternyata semua itu salah. Setelah sama-sama memiliki keluarga kami sering saling mengunjungi, saling berbagi, berkeluh kesah dan saling menguatkan ketika di antara kita ada masalah.

Sering pengajian bareng ikut kajian yang sama dan sama-sama menjadikan diri lebih baik lagi. Saling mengingatkan jika terjadi tanda-tanda penyimpangan.

Namun, hari ini kabar tak terduga datang. Nafisya di kabarkan meninggal dunia karena selama ini mengidap tumor otak. Serasa runtuh duniaku. Orang terbaik di hidupku ternyata menyimpan penderitaan yang tidak aku tahu.

Aku merasa kehilangan, begitu pandai dia menyembunyikan penyakitnya sehingga tak tersentuh olehku. Persahabatan kita tetap akan saya langgengkan dengan untaian do’a untukmu Nafisya kau sahabatku paling baik sepanjang hayat.

Kau yang selalu mengajariku kebaikan-kebaikan di dunia ini. Selamat jalan kawanku semoga kita bisa bertemu dan bersama lagi di jannahnya nanti.

2. Contoh Cerpen Persahabatan Pendek

BUBAR KARENA CINTA

Salah satu hal yang mampu mengalahkan segalanya adalah cinta. Cinta membuat kita rela berkorban apapun yang kita miliki.

Aku Windi, siswa kelas XII IPA. Aku memiliki sahabat bernama Amel dan sahabat lelaki bernama Rehan. Kami sering bertiga mengahabiskan waktu bersama entah mengerjakan tugas atau sekedar bermain.

Aku berterus terang kepada Amel bahwa aku menyukai Rehan sejak lama. Amel pun kaget karena dalam hatinya pun dia memiliki rasa yang sama terhadap Rehan. Aku berjuang mendekati Rehan lebih dari sahabat namun apalah dayaku Rehan tidak menaruh hati terhadapku.

Di suatu hari ku lihat Rehan dan Amel mengobrol cukup serius. Karena penasaran aku menguping di balik pohon besar dekat mereka. Terdengar mereka mulai mengobrol.

Rehan:”Mel, sebenarnya dari dulu aku suka sama kamu.”

Amel:”benarkah?”

Rehan:” maukah kamu pacaran denganku?”

Amel: tanpa memikirkan perasaan sahabatnya Amel menjawab “Iya”

Lalu munculah aku dari balik pohon. Selamat yah mel kamu sudah jadian dan selamat juga sudah mengahancurkan hatiku.

Rehan dan Amel kaget namun tidak bisa berkata apa-apa. Aku langsung pergi tanpa memperdulikan mereka lagi. Saat itulah persahabatan kita bubar.

3. Contoh Cerpen Persahabatan di Sekolah

INDAHNYA PERSAHABATAN

Aku Daniel, aku memiliki sahabat bernama arka. Aku sangat beruntung memiliki sahabat baik. Dia selalu ada saat aku membutuhkannya.

Namun suatu hari buku PR ku tertinggal di rumah Arka. Dan hari ini tugas itu akan di periksa oleh pak Jamal guru killer yang paling di takuti semua muridnya.

Saat Pak Jamal mulai mendekat dan memperhatikan wajahku yang mulai tegang ia penasaran apa yang sedang aku takutkan.

Pak Jamal:”mana buku tugasmu Daniel?”

Daniel:”e..a..anu pak ada pak.

P.Jamal:”mana?

Lalu aku pura-pura memeriksa tasnya padahal aku sudah tahu buku tugasnya tidak ada. Namun betapa kagetnya aku ternya buku itu tiba-tiba ada. Saat melirik ke samping Arka mengedipkan matanya sebelah sambil tersenyum.

Daniel:” ini pak”

Lalu pak Jamal mengambilnya dan berlalu ke meja guru. Ternyata Arka sudah memasukan buku tugas itu ketika pak jamal masuk ruangan dan arka yang tau tugas itu bakal di periksa lalu mengambil buku aku yang tertinggal di meja belajar arka karena semalam aku menginap di rumah akka. Arka memanglah sahabat sejati.  

Baca Juga: Langkah Cara Membuat Cerpen

4. Contoh Cerpen Persahabatan Jatuh Cinta

CINTA PERTAMAKU SAHABATKU

Namaku Ariana aku memiliki sahabat bernama Dewa. Dia sangat tampan dan baik. Sebetulnya persahabatan kami begitu akrab dan cukup lama.

Di sekolahpun kita selalu bersama. Suatu hari sekolah kami kedatangan murid baru bernama Angela dia merupakan gadis cantik dan juga pintar. Dilihat dari gerak geriknya dewa sepertinya dia menyukai Angela.

Saat dewa mulai mendekati angela aku mulai merasa sesuatu yang tidak enak dalm hati perasaan panas dan benci terhadap. Dan sering marah-marah ketika dewa mendekati Angela.

Dewa:”kamu kenapa na? Kamu cemburu?

Aku: kaget dan pipiku mulai terasa panas “enggak” aku menjawab lantang

Dewa: “padahal aku berharap kamu cemburu” suaranya mulai pelan lalu melanjutkan “karena sebenarnya aku sukanya kamu bukan dia”

Aku: semakin kaget tapi sangat senang dan salting “benarkah?”

Dewa: mengangguk dengan wajah serius

Aku langsung memeluk Dewa akhirnya aku menyadari bahwa cinta pertamaku adalah sahabatku sebenarnya. Dan kita benar-benar telah memendam rasa yang sama dalam waktu sekian lama.

5. Contoh Cerpen Persahabatan yang Menikah

SAHABATKU JODOHKU

Pesta pernikahan tinggal menghitung hari tepatnya tanggal 25 maret nanti hari rabu. Pesta itu tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Aku akan menikah dengan Ilham.

Namaku Dahlia aku gadis cantik seperti bunga sama seperti namaku. Temanku banyak baik laki-laki dan perempuan namun ada salah satu teman lebih sekedar teman bisa di bilang sahabat lelaki paling dekat bernama Ilham.

Kita sekolah bareng, main bareng, ngerjain tugas bareng. Pokoknya kita dekat dan selalu saling curhat. Saat aku putus dengan pacarku ilham dengan setia memberiku semangat dan dukungan untuk memulai hal baru, banyak waktu yang telah kita lewati bersama bahkan kita menceritakan siapa yang kita sukai kepada sahabatku itu. Ilham pun sama di berpacaran dengan siapa suka siapa dia selalu terbuka dengan ku.

Sehingga perpisahan sekolah kita berkuliah di fakultas berbeda namun komunikasi jalan terus. Tapi ketika kita jauh kita merasakan kehilangan dan mulai menyadari hal itu apa. Ketika saling terbuka ternyata kita mulai menyimpan rasa yang sama.

Lalu ilham datang ke kotaku di jakarta dan mulai melamar tanpa babibu lagi akupun berkata iya. Dan langsung menentukan tanggal pernikahan.

Dan hari rabu 25 maret inilah menjadi saksi bahwa kami sahabat yang berkelana jauh namun jodohnya tetap sahabat sendiri. Jodohku sahabatku.

6. Contoh Cerpen Persahabatan Beda Negara

SAHABATKU DI NEGRI JIRAN
“hai, apa kabar? Ayo ngopi bareng aku sedang ada di cafe nih.”
“baik, ayo gue bikin kopi dulu di dapur.”
“kopi di sana sama gak dengan punya indonesia?”
“beda dong kopi negri jiran paling terkenal itu kopi liberica ini bentuknya”
Sambil memperlihatkan gelas kopi yang masih mengepul dengan sofa mewah dan interior khas cafe di malaysia.
“wow, boleh kirim dong oleh oleh kopi dari san?” sambil terkekeh
“gue gak balik lagi ngapain bawa oleh-oleh” sambil tergelak.
“gua kangen lu Mir…” mulai sendu
“gue beneran gak balik lagi ke indo bokap ga akan di pindahin tugas di sini sampai pensiun.”
“tega lu ya?”
“ikhsan sahabat gue yang baik kita tetap sahabat kok meski berbeda negara gua akan terus hubungi lo.” “eh, udah dulu ya temen gua ngajak balik nih. Oke see you…”
Itulah vidio call terakhirku dengan sahabatku Amir dari malaysia. Sampai sekarang belum ada tanda-tanda dia menghubungiku lagi setelah di kabarkan Amir mengalami kecelakaan pesawat saat melakukan perjalanan study tour dari kampusnya. Perkataannya tidak akan pulang menjadi kenyataan.

7. Contoh Cerpen Persahabatan Online

SAHABAT FACEBOOK

Aku Syakila, aku memiliki akun facebook bernama Syakila Nur. Pertemananku sudah mencapai 4000 lebih tapi yang nglike gak nyampe seratus. Ada yang samaan?

Oke lanjut aku punya sahabat di facebook bernama Arjuna. Keren sih dari namanya foto profilnya pun cukup menarik. Dia selalu inbox aku setiap hari dan akhrinya kita sahabatan dia selalu cerita tentang kehidupannya di desa sebelah. Selain inbox dia juga sering memberi tanda love di setiap statusku dan sering komen.

Dan suatu hari di kampungku terdapat hajatan yang mengundang artis kondang dari kota. Dan pada hari itulah dia berjanji ingin menemui aku. Aku gugup dong akan kedatangan sahabat onlineku yang belum pernah sama sekali bertatap muka.

Dan saat bertemu kaget lah aku ternyata wajah di profil enggak jauh berbeda. Dan aku memutuskan untuk terus menjalin persahabatan dengannya. Dan mulai bertukar nomor wathsap.

8. Contoh Cerpen Persahabatan Sukses

KITA PASTI BISA

Aku bernama Shafira dan memiliki sahabat bernama Wulan. Kami memiliki cita-cita yang sama yaitu seorang dokter. Kita bukan keturunan orang yang kaya raya namun kami bertekad untuk saling menguatkan dalam setiap keadaan.

Kita memang menjadi pesaing prestasi di kelas jika aku juara satu maka wulan juara duanya dan jika wulan juara satu maka aku juara duanya. Ketika kelulusan SMA aku dan wulan ingin melanjutkan kuliah namun terhalang biaya.

Ada sebuah postingan seorang dokter anak bernama Vindy Ruslianti menjadi dokter itu mudah syaratnya Cuma satu yaitu harus Pintar dan Pintar banget.

Sekarang banyak perkuliahan kedokteran yang dikhususkan untuk anak-anak yang cerdas dari golongan menengah kebawah.

Aku dan Wulan coba mengikuti tesnya dan alhamdulillah aku lolos dan di terima di fakultas kedokteran tersebut. Namun Wulan gagal dan wulan terus memberikan semangat terhadapku untuk mencapai impian menjadi dokter.

Setelah aku lulus aku mencari sosok wulan yang selalu membantu mengirimkan uang untuk biaya hidupku di jakarta.

Dan ternyata Wulan sekarang sudah memiliki toko Fashion yang terkenal di Bandung dan sangat sukses baik toko online maupun onlinenya.

Wulan senang meski tidak menjadi dokter seperti impiannya dulu namun ia berhasil membantu sahabatnya menjadi dokter.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Info Menarik Lain untuk Kamu: