12 Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan, Hewan DLL

12 Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan, Hewan DLL

Contoh Paragraf Deduktif

Paragraf merupakan susunan beberapa kalimat yang di dalamnya terdapat sebuah gagasan utama mengenai suatu topik.

Paragraf itu sendiri dibedakan menjadi dua yaitu paragraf induktif dan paragraf deduktif.

Di artikel ini akan di jelaskan baik pengertian maupun Contoh Paragraf Deduktif dengan berbagai tema.

Seperti tema tentang pendidikan, kesehatan, hewan, ekonomi, sunda, politik, dan lain-lain. bukan hanya contoh kamu juga akan memahami ciri-ciri dari paragraf deduktif. Simak yuk!

Apa Itu Paragraf Deduktif?

Sebelum beranjak ke pembahasan contoh kalimat deduktf kamu perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu apa itu paragraf deduktif.

Paragraf deduktif berasal dari bahasa latin yaitu deducere, deductum dan deduxi yang artinya menurun ke bawah.

Selain itu, kata deduksi juga sering kali dikaitkan dengan sifat deduksi, penutunan atau pengantaran.

Dengan demikian paragraf deduktif bisa diartikan sebagai paragraf yang diawali dengan pernyataan umum yang kemudian diturunkan dengan pernyataan khusus sebagai penjelas.

Selain itu, paragraf deduktif juga dimaknai sebagai paragraf yang ide pokoknya atau gagasan utamanya berada di awal paragraf.

Jadi, paragraf deduktif menyajikan pokok permasalahan terlebih dahulu, lalu menyusul uraian atau rincian permasalahan paragraf.

Kumpulan Contoh Paragraf Deduktif

Agar semakin paham kamu perlu melihat beberapa contoh paragraf deduktif berikut sesuai tema yang sesuai, diantaranya adalah:

1. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Amanah di akui desa sebagai sekolah terfavorit di wilayah Kecamatan Bungur Raya. Sekolah ini berbasis pendidikan islam. Di dalam kurikulumnya hampir seluruhnya ada pelajaran mengani pendidikan islam. Seperti membaca Al-Qur’an, hapalan Qur’an dan Hadits, pemahaman bahasa arab dan baca tulis Qur’an. Sekali dalam seminggu mengenakan baju koko yang di desain khusus sebagai seragam resmi murid SDIT Al-Amanah.

2. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan

Masyarakat kota saat ini banyak sekali yang kurang memperhatikan polah hidup sehat. Seperti kebiasaan membeli makanan dari luar, rutinitas pekerjaan, dan gaya hidup masyarakatnya yang lebih banyak diam di rumah. Lebih banyak mengkonsumsi masakan siap saji dan jajanan sembarangan juga merupakan salah satu pola hidup yang kurang sehat. Bukan hanya itu kegiatan yang lebih banyak di rumah tanpa banyak bersosialisasi menjadikan orang kota kurang gerak.

3. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Hewan

Ular adalah pengendali hama bagi petani juga sebagai ekosistem di sawah karena dapat membunuh tikur. Sehingga jumlah tikus di sawah dapat berkurang. Ular sawah memburu tikus yang ada di lahan pertanian dengan cara menggigit dan melilit hingga mangsa kehabisan oksigen dan mati. Setelah mangsa tak berdaya ular akan memangsa dengan perlahan secara utuh hewan buruannya. Dan itu sangat bermanfaat untuk petani karena tikus perusak tanaman di sawah.

4. Contoh Paragraf Deduktif Bahasa Sunda

Bahasa sunda merupakan salah satu bahasa yang digunakan di provinsi Jawa Barat. Daerah yang mayoritas menggunakan bahasa sunda adalah mayoritas masyarakat yang ada di Priangan Timur. Kawasan atau kabupaten yang terdapat di Priangan Timur itu antara lain seperti tasikmalaya, garut, sumedang, ciamis, pangandaran dan Kota Banjar. Dan masih banyak kota lainnya yang menggunakan bahasa sunda dalam bersosialisasi sehari-hari.

5. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Banjir

Sejumlah wilayah di Indonesia dilanda banjir sejak awal tahun. Daerah tersebut diantaranya Demak, Gersik, Bandung, Indramayu. Banjir terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi dan sistem pembuangan yang buruk. Akibat banjir tersebut sejumlah rumah dan sawah terendam banjir. Sehingga masyarakat mengalami kerugian yang tidak sedikit.

6. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Ekonomi

Harga bahan pokok naik pesat akibat kenaikan harga BBM. Harga BBM yang tadinya masih dapat dijangkau masyarakat menengah ke bawah. Sekarang menjadi sulit didapatkan. Akibatnya masyarakat harus memutar otak agar kebutuhan pangan keluarga tetap tercukupi. Masyarakat harus berinovasi dan berpikir kreatif agar dapat mengimbangi kenaikan harga bahan pokok tersebut. Berbagai macam cara di lakukan dari mengganti bahan pokok dengan yang lebih ekonomis hingga mengurangi porsi konsumsi bahan pokok.

7. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Politik

Pada tahun 2024 dicanangkan akan di adakannya pemilu secara serentak. Dalam satu tahun tersebut akan ada acara pemilu mulai dari pemilu presiden, pemilu legislatif, pemilu kepala daerah. Dan dari saat ini sudah di adakannya seleksi anggota kpps atau kelompok penyelenggara pemungutan suara yang dilakukan secara online di berbagai daerah di Inodonesia.

8. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Bencana Alam

Sejumlah wilayah di Garut Jawa Barat mengalami bencana alam longsor. seperti di Garut bagian selatan. Wilayah yang terkena bencana yaitu di daerah kecamatan Talegong, Cisewu, Bungbulang dan MekarJaya. hal ini dikarenakan curah hujan yang kian meningkat Sehingga masyarakat mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif

Setelah melihat beberapa contoh paragraf deduktif Agar semakin paham berikut beberapa ciri-ciri dari paragraf deduktif, diantaranya adalah:

1. Ide Pokok Berawal Di Awal Paragraf

Ciri utama dari paragraf deduktif adalah ide pokok atau gagasan utama dari suatu paragraf berada di awal.

Gagasan utama yang berada di awal paragraf dijadikan sebagai dasar pengembangan tulisan menjadi lebih luas dan terperinci.

2. Pola Pengembangan Dari Umum Ke Khusus

Selain itu, ciri lain dari paragraf deduktif aadalah pola tulisannya yang dimulai dari kalimat umum kemudian dilanjutkan dengan kalimat-kalimat khusus.

Gagasan utama di awal paragraf dijelaskan dengan kalimat pendukung yang sifatnya lebih khusus dan lebih luas di kalimat selanjutnya. Sebagai pemaparan dan penjelasan dari kalimat umum tersebut.

3. Kalimat Pendukung Berisi Ciri-Ciri, Karakteristik Atau Contoh

Paragraf deduktif yang diawali dengan penjelasan definisi akan diikuti oleh kalimat pendukung yang sifatnya lebih khusus.

Kalimat pendukung ini biasanya menjelaskan karakteristik, ciri-ciri, langkah-langkah, cara-cara dan contoh dari ide pokok yang berada di awal paragraf.

4. Semakin Di Baca Semakin Lebih Jelas

Jika membaca paragraf deduktif makan semakin di baca semakin jelas pemahaman kita. Karena kalimat awal merupakan kalimat utama.

Dan selanjutnya adalah penjelasan mengenai kalimat utama tersebut.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: