5 Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Singkat & Sederhana

Contoh surat pribadi untuk kakak ini bisa kamu tiru jika kamu masih bingung ketika akan menulis surat pribadi untuk kakak kamu. Contoh ini ditulis dalam berbagai versi sesuai kebutuhan.

1 Fashion murah

Surat pribadi ditulis dengan menggunakan gaya bahasa yang bebas dan tidak ada format baku dalam penulisannya.

fashion muslim murah

Di sini hanya saya tuliskan saja contoh dasarnya. Kamu gak perlu sama membuat sepreti yang saya buat. Karena surat pribadi tidak menggunakan format resmi.

Format Surat Pribadi untuk Kakak

Sebelum mengetahui berbagai contohnya kamu juga perlu memahami beberapa format yang ada dalam surat pribadi, dan diantaranya adalah:

1. Tempat dan Tanggal Surat

Hal pertama yang harus ada dalam surat pribadi untuk kakak adalah tempat dan tanggal surat. Karena hal tersebut berguna agar penerima tahu kapan surat itu di buat.

2. Alamat dan Nama Penerima

Selanjutnya format surat pribadi untuk kakak adalah adanya alamat dan penerima surat. Seperti Untuk kakakku Tersayang Khumaira di Papua.

1 Fashion murah

3. Salam Pembuka

Berikutnya format penulisan surat pribadi untuk kakak salam pembuka. Kata sapaan biasanya menggunakan kata yang tidak formal bahkan seperti bahasa sehari-hari namun harus tetap sopan dan apa yang di tuliskan tidak menyinggung perasaan penerima surat.

4. Isi Surat

Merupakan isi dari surat yang ingin di sampaikan kepada penerima kamu bisa tulis 3-6 paragraf sebagai isi dari surat.

5. Penutup

Terakhir kata penutup dan di akhiri dengan tanda tangan serta nama terang pengirim surat.

Baca juga: Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua Singkat

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Berikut beberapa contoh surat pribadi untuk kakak, diantaranya adalah:

1. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak yang Sedang Jauh Merantau

Jakarta, 12 Oktober 2022

1 Fashion murah

Teruntuk Ka Latif
Di Papua

Assalamualaikum Wr. Wb

Hai Kak, bagaimana kabarnya? Semoga kakak baik-baik saja dan tidak kekurangan suatu apapun. Seperti kami di sini. Oh, iya sudah hampir dua tahun kakak bertugas di Papua sana aku sangat merindukan kakak.

Aku tahu kakak pasti sangat sibuk di sana. Aku juga sedang menyelesaikan skripsiku di semester ini. Do’ain ya supaya aku cepat lulus ya Kak.

Ayah dan Ibu titip salam buat kakak. Salam rindu dan semoga sehat selalu. Jangan lupa memberi kabar jika ada masalah ya kak. Sampai ketemu di masa liburan nanti ya kak.

Wassalamualaikum,

1 Fashion murah

Salam Kangen Adikmu
Santi.S.A

2. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Perempuan

Talegong, 12 oktober 2022

Teruntuk Kakaku tersayang

Nafisa
Di
Kalimantan

Assalamualaikum

Halo Kak Nafisa, apa kabar kakak hari ini? Semoga kakak selalu baik-baik saja dan kebetulan kami di sini juga senantiasa baik dan sehat. Sudah lama kakak tidak beri kabar kepada kami.

1 Fashion murah

Bagaimana kabar suami dan De Faris di sana kak?
Pasti sekarang udah pinter jalan ya? Aku kangen banget dengan de Faris.

Ada kabar baik untuk kakak alhamdulillah di akhir tahun ini aku kembali mendapatkan juara kelas. Semoga aku bisa menggapai impian aku dan bisa seperti kakak yang bekerja di perusahaan yang kakak pimpin di sana.

Oh iya, ayah dan Ibu juga titip salam semoga kakak sehat selalu dan tidak kekurangan suatu apapun. Aku kira sekian dulu ya kak semoga liburan sekolah tahun depan kakak bisa pulang dan kita pergi liburan lagi seperti dulu.

Wassalamualaikum. Wr. Wb

Adikmu tersayang

Siti Maryam

1 Fashion murah

3. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Sepupu

Bandung, 12 Oktober 2022

Teruntuk Kakak Sepupuku tersayang

Nadhira Khumaira
Di Sumatra

Assalamualaikum Wr. Wb

Bagaimana kabarnya kak di Sumatra sana? Aku sangat merindukan kak Nadhira dan keluarga di sana. Semoga kak Nadhira membaca surat ini dalam keadaan baik, sehat dan bahagia. Alhamdulillah aku di Bandung juga baik-baik saja.

Pasti kaget kan ada surat yang datang dari aku? Wah enggak terasa ya udah hampir dua tahun kita enggak ketemu. Kangen nih sama ponakan tercantik. Tasya udah bisa apa saja nih?

1 Fashion murah

Pasti udah tambah cantik, rambutnya yang keriting di kucir dua. Btw kak Nadhira kapan mau main lagi ke Bandung nih? Tante Rani kemarin juga bilang kangen banget ama cucunya nih.

Kak, aku sekarang udah kerja loh jadi pegawai Bank sesuai dengan cita-citaku. Masih inget kan? Yang dulu pernah di curhatin. Semoga lebaran nanti kita bisa berkumpul lagi ya kak.

Sekian dulu ya kak, semoga kakak dan keluarga di sana selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Wassalamualaikum, Wr. Wb

Salam rindu
Adik sepupumu

Denia

1 Fashion murah

Baca juga:  Contoh Surat Undangan Tahlilan Hari ke 7

4. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Singkat

Makasar, 12 oktober 2022

Untuk Mas Jaka
Di Kairo Mesir

Salam kangen,

Gimana kabarmu di Kairo, Mas? Semoga dalam lindungan-Nya. Alhamdulillah kami sekeluarga di sini baik-baik aja. Hanya saja setahun belakangan ini sepertinya ada yang kurang tanpa kehadiran Mas Jaka di rumah. Rumah serasa sepi tanpa canda tawamu.

Bagaimana pendidikannya Mas? Mamak ingin tahu perkembangan Masa Jaka di sana. Aku kirim surat ini juga untuk memberi kabar sama Mas Jaka, akhir tahun ini Mama dan Papa akan berangkat umroh. Dan di rumah pasti akan semakin sepi lagi.

Di rumah Cuma ada aku, Bisma dan Bik Sumi. Liburan akhir tahun Mas Jaka bisa pulangkah? Biar kita bisa liburan lagi di bali dan pantai Kuta.

Oh iya, aku juga ingin minta pendapat Mas Jaka setelah aku lulus SMA nanti aku ingin melanjutkan di Jakarta di Universitas Indonesia, menurut Mas Jaka bagaimana? Aku hanya sedikit bingung karena kalau aku kuliah di luar kota.

Nanti Bapak dan Mamak semakin kesepian tinggal Bisma dan Bik Sumi saja. Aku tunggu balasan surat darimu ya Mas, dan jangan lupa oleh-oleh dari Kairo nya pas pulang nanti. (yang Spesial). Heheheh

Sekian dulu ya Mas surat dari saya. jangan lupa jaga kesehatan dan berdo’a semoga Mas Jaka selalu di berikan kemudahan dalam mencari ilmu di sana.

Salam sayang
Adikmu Ningrum

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Inisiatif Sendiri

5. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Laki-Laki

Talegong, 12 oktober 2022

Teruntuk Abang tersayang
Bang Juned
Di Malaysia

Assalamualaikum Wr.wb

Bagaimana kabarmu bang di Malaysia sana? Semoga kamu di sana dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Aamiin. Di sini alhamdulillah kami sekeluarga juga di rumah sehat selalu dan baik-baik saja.

Di sini kami semua merindukanmu bang terutama si bungsu Faisal dia terus menanyakan kamu kemana. Ada kabar baik lainnya bang. Bulan depan aku akan di khitbah oleh lelaki yang pernah aku ceritain ke abang.

Yang harus abang tahu sekarang adikmu yang culun itu berubah menjadi wanita yang cantik dan dewasa dan sebentar lagi akan jadi istri orang. Kami menunggumu bang di sini cepat pulang. Sekian dulu ya semoga sehat dan sukses selalu.

Waalaikumsalam, Wr. Wb

Salam Kangen

Adikmu Aisyah

Artikel Menarik Lainnya: