Resensi Novel Rumah Lebah: Sinopsis, Intrinsik & Ekstrinsik

Novel Rumah Lebah merupakan sebuah karya dari penulis horor terkenal yaitu Ruwi Meita. Siapa yang tak kenal Ruwi Meita yaitu merupakan seorang penulis bergenre Thriller dan horor yang cukup keren.

1 Fashion murah

Meski ini merupakan novel pertamanya novel ini cukup keren dari segi penokohan, alur, dan plotnya sangat-sangat apik. Agar tidak penasaran yuk simak resensi novel rumah lebah karyanya ini sebagai berikut.

fashion muslim murah

Resensi Novel Rumah Lebah

Berikut merupakan resensi dari novel rumah lebah secara lengkap mulai dari Indentitas buku, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik juga kekurangan dan kelebihannya.

1. Identitas Novel Rumah Lebah

Berikut ini adalah identitas novel Rumah Lebah:

JudulRumah Lebah
PenulisRuwi Meita
PenerbitGagas Media
KategoriPsychology Thriller
Tahun Terbit2008

2. Sinopsis Novel Rumah Lebah

Mala, gadis kecil berusia genap enam tahun ini telah terobsesi dengan ensklopedia. Dia hanya membaca buku tersebut dan mengurutkan buku satu sampai buku terakhir dari sisi kiri hingga sisi kanan. Selain itu Mala juga tertarik dengan seekor beruang.

Di rumah Mala hanya tingga bertiga dengan ayah dan juga ibunya, namun, Mala selalu membicarakan enam orang asing yang hidup bersama dengan keluarga mereka di dalam rumahnya tersebut.

1 Fashion murah

Mala selalu bercerita dia takut dengan Satria, dan juga bersahabat dengan Wilis, belajar bahasa spanyol dengan Abulea, dan si kembar yang hanya bisa mendengar, melihat dan juga mencatat.

Bukannya mereka hanya bertiga? Lalu siapakan enam orang yang selalu Mala ceritakan tersebut?

3. Kelebihan dan Kekurangan Novel Rumah Lebah

Sama halnya dengan novel lainnya bahwa novel ini juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari novel Ruwi Meita tersebut diantaranya:

1. Kelebihan Novel Rumah Lebah

Berikut merupakan kelebihan dari novel rumah lebah, diantaranya adalah:

  • Bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup ringan dan dan mudah di pahami.
  • Penulis cukup pandai membuat kita masuk ke dalam isi cerita karena deskripsi sang tokoh yang cukup detail dan lengkap. Serta narasi latar dan tempatnya membuat kita membayangkan tempat tersebut secara jelas.
  • Kesan misteri dari novel tersebut membuat para pembaca terus merasakan penasaran ingin membaca lagi dan lagi. Pembaca di buat penasaran siapa dalang dari pembunuhan terhadap artis tersebut.

2. Kekurangan Novel Rumah Lebah

1 Fashion murah

Berikut merupakan kekurangan dari novel rumah lebah yaitu, terletak pada judul, cover dan sinopsisnya yang saya kira ini menceritaka keluarga lebah. Ternyata bukan novel ini menceritakan kisah misteri atau Pshychology Thriller yang cukup wow di akhir ceritanya.

4. Unsur Intrinsik Novel Rumah Lebah

Berikut beberapa unsur intrinsik dari novel Rumah Lebah, diantaranya:

1. Tema

Tema dalam novel ini menceritakan sebuah keluarga yang berbeda dari keluarga lainnya.

2. Tokoh dan Penokohan

Nawai adalah sosok ibu dari Mala yang memiliki kepribadian ganda, Winaya adalah ayah Mala yang bekerja sebagai jurnalis dan Mala adalah anak yang memiliki kebutuhan khusus, dan pemeran lainnya ada Rayhan, Alerga, Deni dan wartawan.

1 Fashion murah

3. Alur

Alur yang terdapat dalam novel rumah lebah ini memiki alur campuran di mana ada alur maju dan juga alur mundur.

4. Latar Tempat

Latar tempat yang terdapat dapat novel tersebut hanya di rumah dari keluarga tersebut. Yaitu sebuah pedesaan yang jauh dari keramaian kota.

5. Latar Waktu

Latar waktu yang terdapat dalam novel rumah lebah ini pagi, siang, sore dan malam hari bahkan dini hari.

1 Fashion murah

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang di gunakan dalam novel ini merupakan sudut pandang campuran. Dimana kadang penulis menjadi Nawai dalam menceritakan sudut pandang, kadang menjadi Mala, dan bahkan menjadi orang ketika atau narator.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup ringan dan tidak terlalu banyak majas serta metapora dan sebagainya. Sehingga novel ini cukup mudah di pahami meski adanya alur maju dan alur mundur.

8. Amanat

Amanat yang bisa kita ambil dalam novel ini adalah bahwa kepribadian ganda merupakan sebuah penyakit yang memerlukan pertolongan yang serius. Kepribadian ganda adalah penyakit kejiwaan yang membutuhkan analisis lebih jauh dalam penilaiannya.

1 Fashion murah

5. Unsur Ekstrinsik Novel Rumah Lebah

Unsur ekstrinsik dari novel rumah lebah karya Ruwi Meita ini, diantaranya adalah:

1. Unsur Sosial

Unsur sosial yang terdapat dalam novel rumah lebah ini sangat kurang dimana, keluarga Wiyana ini kurang bersosialisasi dengan warga lainnya. Sehingga Nawai memiliki kepribadian ganda pun hanya di ketahui oleh Mala anaknya sendiri.

Terlihat bahwa Mala yang tidak mendapatkan pendidikan secara umum di sekolah biasa membuktikan bahwa keluarga tersebut memang anti sosial yaitu Nawai dan Mala.

Berbeda dengan Wiyana yang seorang Penulis mungkin lebih banyak berinteraksi dengan teman kantornya.

2. Unsur Pengetahuan

1 Fashion murah

Dalam novel ini memiliki unsur-unsur pendidikan atau pengetahuan tentang penyakit-penyakit yang tidak ketahui sebelumnya yaitu adanya penyakit Autis yang di derita Mala ternyata memiliki kecerdasan yang luar biasa.

Lalu penyakit tentang kepribadian ganda yang di miliki sang ibu merupakan Plot Twis dari novel karya Ruwi Meita tersebut.

3. Unsur Moral

Unsur moral yang dihadirkan dalam novel tersebut mangangkat tenatang tema pembunuhan terhadap sang Artis yang akan menjadi pemeran utama dalam sebuah film karya yang diangkat dari novel Wiyana.

Sang artis yang di luar memiliki ketenaran yang di agung-agungkan padahal dia adalah seorang pemabuk dan pemakai narkoba. Dia ingin memiliki citra yang bagus di hadapan penonton tapi tingkahnya malah sebaliknya.

Akhir Kata

Novel Rumah Lebah merupakan salah satu novel terbaik yang sangat cocok jadi bacaan buat kamu yang doyan cerita horor. Novel ini punya ide cerita yang menarik dan penuh dan konflik batin yang mendebarkan.

1 Fashion murah

Penyampaian yang bagus dan ilustratif menjadikan novel ini begitu terasa mencekam saat membacanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu