Kalimat Definisi Adalah: Ciri, Jenis, Format & Contohnya

Kalimat definisi adalah kalimat yang berfungsi untuk membantu para pembacanya memahami dan mengetahui istilah yang seringkali muncul dalam sebuah karya tulisan baik fiksi maupun non fiksi.

Merujuk dari penjelasan tersebut kita dapat menerapkan kalimat definisi biasanya bertujuan untuk menjelaskan suatu tulisan kepada para pembaca. Kalimat definisi ini dapat kita sering temui di bangku sekolah di pelajaran Indonesia.

Agar kalian lebih paham apa itu kalimat definisi, ciri-ciri, tujuan dan contohnya simak saja artikel ini sampai selesai agar kamu tidak ketinggalan informasi lengkap dari keseluruhan artikel ini.

Apa Itu Kalimat Definisi?

Kalimat definisi adalah batasan atau arti, bisa juga diartikan sebagai kata, frasa atau pun kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau pun ciri utama dari orang, proses, benda atau pun aktifitas.

Sedangkan mengutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) definisi merupakan kalimat yang mengungkapkan sebuah makna, keterangan atau pun ciri utama dari orang, benda, aktivitas, dan juga proses.

Dapat kita simpulkan bahwa kalimat definisi adalah serangkaian kata yang bertujuan untuk menjelaskan suatu alasan, baik itu arti atau pun makna dari suatu objek.

Selain itu kalimat definisi diartikan sebagai rangkaian atau uraian yang mempunyai fungsi untuk membatasi objek, konsep, dan kondisi berdasarkan waktu dan juga tempat suatu kejadian.

Ciri Ciri Kalimat Definisi

Adapun berikut ini ciri-ciri kalimat definisi diantaranya adalah:

1. Penjelasan dan makna

Ciri-ciri kalimat definisi yang paling menonjol adalah penjelasan makna. Bagian yang dijelaskan mengenai topik yang dibicarakan dalam paragraf atau pun tulisan tersebut.

Hal itu berkaitan dengan makna definisi itu sendiri, yaitu menjelaskan sebuah topik secara lebih rinci. Penjelasan kalimat definisi bisa berbentuk satu kalimat atau juga satu paragraf.

Selain itu, makna juga harus di sampaikan dengan bahasa yang jelas dan sederhana agar mudah untuk di pahami pembaca.

2. Bersifat umum

Walaupun sudah di jelaskan secara rinci tapi kalimat definisi itu merujuk pada sub-sub dari benda yang di jelaskan. Definisi harus bersifat fakta umum yang juga harus di pahami oleh masyarakat luas.

Kalimat definisi harus menjadi standar pemahaman yang ditangkap oleh pembaca. Hal itu disebabkan bahwa ciri khusus bisa saja hanya terjadi pada objek khusus dan tidak terjadi pada objek secara keseluruhan.

3. Banyak di temukan di karya ilmiah

Kalimat definisi biasanya banyak ditemukan dalam karya ilmiah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pembaca untuk memahami dan menangkap topik dan juga objek yang akan dijelaskan dalam karya ilmiah tersebut.

Nah, definisi yang terdapat di cerpen atau non ilmiah itu tidak menggunakan makna yang umum karena disesuaikan dengan kebutuhan cerita. Dan kalimat tidak perlu mengutif biasanya sudah di pahami oleh masyarakat umum atau pun penulisnya.

4. Bersifat transitif

Ciri kalimat definisi lainnya adalah bersifat transitif contoh kalimat definisi dapat kamu bolak balik dan tidak akan berpengaruh arti maupun maknanya. Hal itu disebabkan oleh sifatnya yang cenderung lebih bebas dan mudah di pahami banyak orang.

Kamu juga bisa menyampaikan maknanya dengan cara merujuk pada bentuk atau bersifat nomina, paradigma, formal, atau luas. Penyampaiannya akan bergantung pada jenis teks yang akan kamu buat nantinya.

5. Tidak ada kiasan

Di kalimat definisi tidak mengandung kiasan karena kiasan justru akan menyulitkan pembaca untuk memahami struktur dan juga makna penting dari objek yang akan di bahas.

Terlebih lagi tidak semua orang paham akan bahasa kiasan dan membuat orang semakin malas untuk membaca teks secara keseluruhan jiga kalimat nya perlu pengertian lebih dalam kembali.

Sehingga dalam membuat kalimat definisi kamu hasus menghindari bahasa kiasan. Tapi, buatlah pemaknaan yang apa adanya, hadi pembaca akan lebih memahami topik dan juga objek yang di jelaskan.

6. Tidak Selalu ada dalam setiap teks

Dan terakhir keunikan dari kalimat definisi tidak selalu ada di dalam setiap teks. Definisi mengacu pada teks atau karya ilmiah dan jarang ada di karangan naratif.

Jadi, kalimat definisi diharapkan pembaca bisa menangkap makna yang ada di dalam sebuah teks secara keseluruhan. Atau setidaknya topik yang di jelaskan sedikit terbayangkan.

Jenis Jenis Kalimat Definisi

Berikut merupakan jenis-jenis kalimat definisi, diantaranya:

1. Definisi Pragmatis

definisi yang berisi nilai-nilai yang dipandang seseorang dan bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya.

2. Definisi Formal

Definisi ini disusun berdasarkan logika dan tidak mengandung perumpamaan, serta mempunyai dua makna atau menggabungkan frasa.

3. Definisi Luas

Definisi yang berisi fakta yang singkat, padat, jelas, aktual dan juga bisa di terima oleh masyarakat luas.

Tujuan Penulisan Kalimat Definisi

Setelah mengetahui makna dari kalimat definisi serta ciri-ciri kalimat definisi selanjutnya kita akan memahami tujuan atau fungsi dari penulisan kalimat definisi yaitu berfungsi memberikan pemaknaan atu pun arti mengenai suatu hal.

Di dalam kalimat definisi kata penghubung atau pun penjelasan yang dipakai berupa adalah ialah, bahwa, yakni, merupakan dan juga lain sebagainya. Secara umum kalimat definisi ini terbagi menjadi dua unsur yakni definiendum dan definiens.

Definiendum merupakan unsur kata atau pun istilah yang difinisikan sementara untuk definiens adalah unsur kata, kalimat, atau frasa yang berfungsi untuk menguraikan pengertian.

Jadi tujuan kalimat definisi adalah untuk menjelaskan orang, proses, benda atau pun aktifitas. Agar orang yang membaca memahami lebih dalam dari orang, proses, benda atau pun aktifitas tersebut.

Contoh Kalimat Definisi

Agar lebih paham berikut contoh kalimat definisi, diantaranya adalah:

1. Contoh Kalimat Definisi Iklim

  • Iklim adalah rata-rata cuaca dalam rentan waktu tertentu, umumnya bulanan dan relatif sama sepanjang harinya.
  • Iklim adalah kebiasaan atau karakter cuaca yang terjadi di suatu tempat atau daerah dengan kurun waktu yang menjadi acuan penentuan iklim rata-rata berdurasi 30 tahun.
  • Iklim di defisikan sebagai ukuran rata-rata dan variabilitas kuantitas yang relevan dan variabel tertentu seperti temperatur, surah hujan, atau angin) pada periode waktu tertentu yang merentang dari bulanan hingga tahunan, puluhan tahun atau jutaan tahun.

2. Contoh Kalimat Definisi dari Fotosintetis

Fotosintetis adalah bentuk pembuatan makanan yang biasanya terjadi pada daun supaya tumbuhan dapat tumbuh dengan sebagaimana mestinya dan menghasilkan oksigen.

3. Contoh Kalimat Definisi dari Indonesia

Indonesia adalah paru-paru dunia yang kedua. Indonesia mempunyai hutan yang sangat lebat yang memberikan oksigen untuk makhluk hidup sekitar bahkan dunia. Indonesia memiliki tumbuhan dan hewan yang khas misal kayu cendana, matoa dan komodo.

4. Contoh Kalimat Definisi dari Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita dan berhubungan timbal balik. Dimana lingkungan hidup ini mencakup benda hidup dan juga benda mati.

Benda hidup membutuhkan makanan dan berkembang biak seperti halnya manusia, binatang dan tumbuhan.

Sedangkan benda mati seperti air, api, tanah batu dan juga udara tidak berkembang biak tidak perlu juga memerlukan makanan.

Apabila lingkungan hidup terpelihara dengan baik maka akan menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tentram dan bahagia.

5. Contoh Kalimat Definisi dari Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan adalah terbakarnya sebagian area atau pun seluruh hutan dan sulit di kendalikan karena api terus berkembang dan mengakibatkan kabut asap.

Dan mengakibatkan pencemaran udara ke wilayah yang ada disekitarnya hal itu di sebabkan oleh cuaca ekstrim dan juga orang-orang yang tak bertanggung jawab yang melakukan pembakaran untuk lahan pertanian.

Artikel Menarik Lainnya: